12 Fakta Jurusan Informatika di Universitas Amikom Yogyakarta

Jurusan Informatika di Universitas Amikom Yogyakarta


FaktaKampus.Com- Hi guys? Kata orang kalau gak kenal maka gak sayang ya? Tapi skip aja perkenalannya, siapa tahu kalau kalian kenal malah baper hahaha. Tapi kalau kalian pengen tahu, aku adalah mahasiswi informatika yang cantik katanya, dan sweet juga cuma katanya hahaha. Ok lanjut, aku akan bahas seputar fakta prodi informatika dari umum sampai khusus yaitu di UAYO, Universitas Amikom Yogyakarta tercinta.

Siapa tahu artikel ini bisa jadi sumber inspirasi dan motivasi kalian yang masih galau soal prodi apa yang mau dipilih buat calon maba (mahasiswa baru) atau kepada khalayak umum yang ingin menambah wawasan atau kepo ajahtentang prodi ini.

Fakta-Fakta Fakta Jurusan Informatika di Universitas Amikom Yogyakarta


Setidaknya adalah 12 Fakta Jurusan Informatika di Universitas Amikom Yogyakarta, diantarnya adalah sebagai berikut;

Yang Orang Tahu Tentang Jurusan Informatika
 
Sepele sebenarnya, tapi banyak orang yang gak tahu kalau informatika atau teknik informatika itu berbeda dengan teknologi informasi, sistem informasi, dan teknik komputer. Kalau teknologi informasi itu tentang animasi dan game, cocok tuh buat kalian gamers yang pengen bikin game sendiri atau pengen banget bikin film kartun dan animasi, atauminat banget bikin manga. Sedangkan kalau sistem informasi itu tentang multimedia dan e-commers, cocok banget buat kalian yang pengen jadi reporter berita, kerja di bidang periklanan, dan bisnis online.

Nah kalau teknik komputer itu bergerak di cyber security, buat kalian pecinta film barat pasti gak asing deh. Itu loh pengamanan sistem, nanti kalian pelajarin hardware software juga, keren deh pokoknya. Nah kalau prodiku sendiri, informatika itu tentang networking dan software engineering, cocok banget buat kalian yang pengen bikin startup. Atau bisa dibilang di sini kalian diajarin koding, inget ya koding buat bikin program bukan koding baper-baperan hahaha.

Prodi dengan Peminat Mayoritas Laki-Laki
 
Buat yang cewek yang mau jadi maba unyu-unyu informatika siap-siap ya kalau temen kalian bakalan cowok hampir semua.Kalau di kampusku perbandingannya adalah 1:10 haha. Jangan salah, punya temen cowok itu enak,jadi ada rasa amannya hahaha. Tapi awas tu kalau hati kalian yang gak aman alias jadi baperan, hehe intermezzo.
 
Anak Informatika Bukan Hacker
 
Kalau ada maba yang pengen jadi hacker, renungin dalem-dalem soal motivasi kalian itu deh. Kebanyakan film tentang hacker keren kan? Aku aja tergiur masuk jurusan ini karena itu hahaha.Tapi jadihacker gak segampang itu guys, hacker juga dicap tindak kriminal, walaupun aku punya minat ke sana hahaha. Eitsss, tapi menurutku hacker bisa jadi istilah positif kalau dia bisa bermanfaat bagi bangsa dan negara bukan? Misalnya dia kerja di KPK. 

Kenapa enggak? Toh hacker itu meretas sistem dengan maksud untuk cari tahu informasi, nah saat itu KPK butuh itu guys. Bayangkan kalau semua anggota KPK anak informatikadan teknik komputer yang lagi ngeburu dari mana datangnya duit koruptor, wow banget kan?! Atau jurusan lain dari fakultas ilmu komputer deh, mengikuti perkembangan zaman banget pegawainya hahaha, up to date.
 

Anak IPS Bisa Masuk Jurusan Informatika
 
Kalau kalian cari kampus swasta, UAYO cocok buat kalian nih. Walau aku gak bisa jamin 100% diterima tapi asal kalian sungguh-sungguh belajar dan berdoa, semua jurusan dari IPS, IPA, MA, SMK, bahkan SMK yang gak pernah bersentuhan langsung dengan komputer bisa lolos kok. Nah itu, yang penting kalian lolos tes tertulisnya ya.

Tesnya terdiri dari bahasa inggris dasar yang mirip toefl hahaha, matematika dasar, logika dasar, dan komputer dasar. Pokoknya manfaatin waktu kalian semaksimal mungkin pas ujian, jawab semua pertanyaan karena salah gak ada nilai minusnya, dan diakhiri dengan berdoa.
 
Anak Informatika Itu Cerdas
 
Walau di awal aku sudah bilang kalau masuk ilmu informatika itu cukup lulus tes aja, simple. Gak menuntut kalian harus jadi anak yang jeniustetapi kalian harus mau berkembang, itu cukup. Di prodi informatika kalian dituntut untuk detail dan paham.Ingat jangan hafalin kodingnya. Kita butuh konsep dan pemahaman untuk memecahkan masalah, nah informatika itu udah jadi seperti cerminan hidup hahaha. Di mana kalian hanya butuh kepekaan, nalar, logika, teliti, itu yang disebut cerdas.
 
Jurusan Informatika Itu Keren
 
Siapa bilang jurusan informatika itu membosankan, isinya cuma hafalan koding aja dan gak jelas kerjanya? Eiittss, sebelum menyela jurusan orang, mari kita renungkan bahwa pada dasarnya semua jurusan punya kelebihan dan kelemahan. Jurusan informatika memang gak mencetak lulusan dokter yang bisa nyembuhin orang tapi bisa bikin dokter yang handal. Maksudnya adalah anak informatika bisa bikin alat peraga, alat bantu, dan alat-alat lainnya berbasis IT yang bisa dipakai dokter untuk menunjang kinerjanya.

Hebat bukan? Malahan semakin berkembangnya kemajuan zaman, sekarang sudah ada internet of things, di mana kita bisa memanfaatkan fasilitas internet untuk keperluan sehari-hari. Suatu saat, bisa jadi pelayan, kasir, satpam, bahkan dokter, dan pekerja lainnya diganti dengan robot atau bahkan hanya sebatas sensor yang bisa kita jalankan sendiri sesuai apa yang kita mau. Misalnya, untuk menyalakan lampu dan listrik di rumah, kita hanya perlu menjentikkan jari saja. Sudah ada bukan? Di negara maju sudah dikembangkan. Bagimana jika fungsi dokter digantikan komputer? Jadi, teknologi bisa menjadi raksasa dunia. Di sini lah aku jatuh cinta dengan IT.
 
Di Jurusan Informatika Banyak Waktu Free
 
Katanya anak informatika itu banyak waktu luangnya? Bener sih, gak salah jika dibandingkan dengan jurusan kedokteran hahaha. Tapi ada yang bilang mikir keras ya? Bener juga sih, kalau gak mikir ngapain ngampus hahaha. Jadi, di jurusan ini memang susah-susah gampang. Misalnya banyak waktu luang yang bisa menjebak.

Aku nih contohnya di setiap praktikum ada tugas laporan yang diberikan setiap pertemuan dan dalam jangka waktu seminggu pengumpulan, “lama” kan? haha. Tidak berat sebenarnya, hanya bagaimana kita me-manage waktu untuk mengerjakan tugas itu bersama tugas-tugas lainnya, maka dihasilkan waktu senggang yang cukup untuk hiburan hahaha. Hiburan anak kuliah yang menjadi nikmat tersendiri adalah tidur siang,lebih-lebih tidur malam selama 7 jam.
 
Kesehatan Mata Bergantung Kebiasaan
 
Tidak dapat dipungkiri jika kebanyakan anak informatika itu berkacamata. Karena faktanya kami dituntut untuk berhadapan langsung dengan gadget hampir setiap hari, lebih-lebih jika sudah semester akhir atau bekerja sesuai bidangnya.

Walaupun menanggung resiko mata minus tapi kalian gak perlu khawatir, aku akan bagikan tips untuk menurunkan dan mencegah mata minus bertambah. Pertama, sebisa mungkin berada di depan komputer maksimal 2 jam kemudian break/istirahat, pakai kacamata anti radiasi dan bagi kalian yang bermata normal tetap disarankan menggunakan kacamata lensa normal anti radiasi, sediakan tanaman hias berwarna hijau di samping komputer dan pandangi jika mata kalian mulai lelah (pandang dengan lepas kacamata), dan minum-makan wortel setiap hari secara rutin, itu akan menurunkan mata minus kalian dengan tetap melatih mata melihat ke tanaman hijau.
 
Anak Informatika Itu Gak Modis
 
Banyak yang bilang kalau anak informatika itu gak modis, gak fashionable, jadul lah, pokoknya yang cupu-cupu gitu katanya. Tapi dibalik perkataan itu kami bangga, itu tandanya fakus utama kami memanglah pada jurusan kami, informatika.

Di mana waktu kami hanya untuk belajar dan belajar. Serius, walaupun katanya anak teknik itu urakan tapi kami berdasi dan berkacamata, hingga citra kami selalu terjaga, intelektual dan berintegritas tinggi hehe. Motivasi kami tinggi untuk menyejahterakan bangsa, kami bergerak di bidang kemajuan teknologi, dan bila ‘pemasarannya’ nanti atau terjun di dalam masyarakat, tunggulah kami menjadi sarjana yang tampan dan cantik-cantik hingga seterusnya, hahaha.
 
Jurusan Informatika Butuh Banyak Pengorbanan
 
Kata “pengorbanan” sedikit janggal, tapi memang itu kata yang bisa mendiskripsikan posisi kami sebagai mahasiswa informatika. Misalnya banyak perusahaan yang meminta kami untuk memakai sistem operasi linux karena dirasa sederhana dan kapasitas memorinya cukup sehingga tidak memberatkan. Nah, di situ bagi yang tidak terbiasa maka akan merasakan sulitnya berganti sistem operasi. Sebagian besar dari kami sudah jatuh hati dengan sistem operasi windows dan butuh kapasitas yang besar untuk menjalankan suatu program. Di situ salah satu letak kegaluan kami hahaha. Dapat diakali memang, seperti memaksimalkan fungsi hardisk contohnya.
 
Bukan Bidang Jangan Jadi Hambar
 
Sekali lagi perlu saya tekankan bahwa di universitas mana pun, jurusan apa pun, kita sama-sama belajar dari nol. Jadi tidak masalah dari mana kamu berasal, bahkan belum pernah mengenal apa itu komputer sekali pun. Tapi dengan belajar kamu akan tahu sedikit demi sedikit. Seperti saya misalnya, saya memerlukan adaptasi yang tinggi dari IPA yang tidak tahu apa-apa soal dasar pemrograman sempat tidak sengaja menghapus path di sistem windows saya dan itu merupakan tindakan paling ceroboh selama saya menjadi mahasiswi. Dan kita butuh logika, pemecahannya adalah dengan copy paste path windows dari komputer lain, haha tips kecil. Namun ada kalanya tidak cocok, maka kita perlu mencari path windows lain lagi.
 
Apalagi kalian yang masih ragu dengan jurusan ini, buanglah segala gundah gelisah. Perbanyaklah belajar teori jika praktek kalian kurang menguasai. Motivasilah diri kalian untuk mau terus belajar dan jatuh cinta dengan jurusan yang telah kalian pilih, jurusan mana pun.
 
Jurusan Informatika Banyak yang Mencari
 
Hampir semua perusahaan membutuhkan orang-orang informatika. Oleh sebab itu tidak heran jika jurusan ini menjadi salah satu favorit yang dipilih dalam SNMPTN dan SBMPTN. Tapi perlu diketahui jika kampus swasta seperti UAYO ini juga dilirik dunia, ditunggu-tunggu lulusan informatika selanjutnya akan ke mana perginya.

Akan lebih berfaedah jika lulusan informatika bekerja sesuai bidangnya, selain karena lulusan SMA sederajat begitu menginginkannya, alangkah baiknya para sarjana informatika tetap di garis yang sudah ditetapkan. Tapi ada baiknya jika kita bisa bergerak di dunia bisnis dan pengembangannya yang tidak luput dari campur tangan para programer dan karena itulah merupakan visi UAYO, kampus berdasi.
 
Demikianlah tulisan mengenai 12 Fakta Jurusan Informatika di Universitas Amikom Yogyakarta, yang mana artikel ini ditulis oleh Rizki Nuraini Ramadhani. Semoga dengan adanya informasi ini dapat membantu para pembaca. Trimakasih,

Subscribe to receive free email updates:

12 Responses to "12 Fakta Jurusan Informatika di Universitas Amikom Yogyakarta"

  1. sangat bermanfaat kaka.. teruslah berjuang menjadi penulis yg sangat inspiratif ka...

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih dek :v sering2 mampir ke blog ya baca2 hehe

      Hapus
    2. iya kaka cantik :D jangan lupa juga makan2nya yak

      Hapus
    3. yg mau tua duluan siapa dek :v

      Hapus
    4. kan kaka duluan :)

      Hapus
    5. efek koding kah kita jdi gini wkwkwk :v

      Hapus
    6. iya kayaknya kakak cantik :v

      Hapus
  2. Sangat bermanfaat, semoga sukses Rizki Nuraini Ramadhani

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih Alawi.. aamiin semoga kamu juga ^^

      Hapus
  3. Sangat bermanfaat kak... Bener banget waktu aku masuk jga ditanyain teknik komputer itu gimna wkwk kan aku teknik informatika๐Ÿ˜…

    BalasHapus
  4. Penulis Cantik yaaa.. Good luck๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘
    Tulisannya asik dibaca.. Kids jaman now banget... ๐Ÿ˜‚✌️moga makin berkembang dan trus update

    BalasHapus