7+ TIPS Memilih Jurusan Menurut Mahasiswa FISIP Universitas Riau

Memilih Jurusan Menurut Mahasiswa FISIP Universitas Riau


FaktaKampus.Com- Ketika melanjutkan pendidikan dari tingkat SMA ke tingkat Universitas, sebagian diantara siswa sering kebingungan untuk memilih jurusan. Kebanyakan dari mereka beralasan bahwa jika mereka memilih jurusan yang memang diminati sewaktu SMA, itu tidak memberikan efek yang baik untuk masa depan. Dalam arti lain mereka beranggapan bahwa jurusan yang dipilh tidak mempunyai peluang kerja yang menjanjikan untuk kedepannya. Sehingga dengan begitu ada semacam ketakutan di dalam diri seorang siswa ketika ingin menentukan dan memilih jurusan yang akan mereka ambil.

Melihat dari fenomena tersebut, saya melakukan serangkaian wawancara kepada mahasiswa FISIP Universitas Riau dan bertanya bagaimana tips dalam memilih jurusan, antara lain:
  1. Ketika memilih jurusan, pastikan indeks prestasi semester 3,4,5, dan 6, harus meningkat naik.
  2. Konsultasi dengan guru Bimbingan Konseling (BK), tentang jurusan apa yang seharusnya diambil oleh siswa tersebut.
  3. Cari informasi sebanyak-banyaknya mengenai jurusan yang akan dituju.
  4. Ketahui Passing Grade (nilai) dari sebuah Universitas.
  5. Perhatikan akreditasi dari jurusan yang akan dipilih.
  6. Kenali minat yang ada pada diri sendiri.
  7. Bicara dengan orang tua, guru, dan orang terdekat saat memilih jurusan.
Kemudian hal yang perlu menjadi perhatian bersama adalah, bahwa masih adanya rasa takut pada sebagian siswa ketika memilih jurusan. Harus diketahui bahwa sebenarnya jika seseorang sudah memasuki dunia perguruan tinggi, hal pertama yang menjadi prioritas adalah adanya pengembangan diri. Jadi, ketika seseorang kuliah, ia tidak hanya memikirkan soal cara mencari pekerjaan di masa yang akan datang.
 
Tapi, hal yang lebih penting lagi adalah bahwa ketika seseorang sudah menjalani perkuliahan, maka disitu ada semacam perubahan pola pikir yang terjadi padanya. Dan seiring berjalannya waktu, maka ia tidak lagi memikirkan pekerjaan apa yang akan ia jalani di masa depan.

Karena disaat menjalani kuliah juga, ia sudah tahu bahwa kuliah bukan hanya untuk mencari kerja, namun lebih dari itu. Jadi, saran bagi seorang siswa, pilihlah jurusan yang diminati dan perhatikan tips-tips yang sudah dijelaskan sebelumnya, sehingga tidak ada lagi rasa takut ketika memilih jurusan nantinya.

Demikianlah tulisan mengenai Tips Memilih Jurusan Menurut Mahasiswa FISIP Universitas Riau yang ditulis oleh Suryandi Ramadhan. Semoga dengan adanya tulisan ini dapat bermanfaat dan dapat memberikan wawasan. Jangan lupa baca juga tulisan lainnya;

Subscribe to receive free email updates:

11 Responses to "7+ TIPS Memilih Jurusan Menurut Mahasiswa FISIP Universitas Riau"

  1. Sangat bermanfaat, terimakasih

    BalasHapus
  2. Bermanfaat banget.
    Tips yang insyaallah engga bikin kita 'tersesat' sebab merasa salah jurusan.

    Tersebab kuliah bukan hanya sekadar untuk ijazah...

    BalasHapus
  3. Bermanfaat dan dapat di jadikan acuan bagi calon mahasiswa baru.

    BalasHapus