5 Cara Masuk Pascasarjana Teologi Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW)

Mahasiswi Master of Theology angkatan 2017

Pascasarjana Teologi UKDW (Universitas Kristen Duta Wacana)


FaktaKampus.Com- Setelah bulan oktober lalu Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) mampu mempertahankan akreditasi dengan nilai A, tentu saja ini seakan menunjukkan integritas UKDW dalam dalam dunia pendidikan. Dimana UKDW terus berkembang menuju universitas kelas dunia dengan terus – menerus memperjuangkan nilai – nilai dasar yaitu “Menaati Allah (obedience to God), Melangkah dengan Integritas (Walking in Integrity), Melakukan yang terbaik (Striving For Excellence), Melayani dunia (Service to the World), menjadikan UKDW sebagai salah satu universitas yang patut untuk menjadi pilihan bagi teman – teman semua.
Baca Juga: 20 Fakta UNY (Universitas Negeri Yogyakarta) Yang Harus Kamu Baca!

Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW)


Universitas Kristen Duta Wacana terdiri dari 6 Falkutas yaitu Falkutas Teologi, Fakultas Bisnis, Fakultas Arsitektur dan Desain, Fakultas Teknologi Informasi Bioteknologi, Fakultas Kedokteran. Dengan program studi unggulan sebagai berikut: Studi S1 unggulan, Teknik Informatika, Sistem Informatika, Teknik Arsitektur, Desain Produk, Teologi, Manajemen, Akuntasi, Biologi, Pendidikan Dokter, Pendidikan Bahasa Inggris. Studi S2 terdiri dari, Master of Teology, Master of Divinity, Master of Arts in Practical theology, Master of Arts in Peace studies, Magister Arsitektur, Magister Manajemen. Program studi S3, terdiri dari Doctor of Theology dan International Ph.d Program in Inter-Religious Studies.

Berkaitan dengan tulisannya ini saya berupa menjelaskan secara spesifik tentang bagaimana cara masuk atau diterima menjadi salah satu mahasiswa pada Pascasarjana Teologi, Master of Theology. Alasan saya memberikan informasi ini dikarenakan tidak banyak informasi mengenai hal ini bagi teman–teman diluar sana yang barangkali tertarik untuk mengambil program tersebut.

Dan alasan lainnya saat ini saya sedang menempuh pendidikan di Pascasarjana Teologi UKDW program studi Master of Theology (M.th), adalah menarik bisa menshare informasi buat teman – teman semua. Nah, untuk masuk ke Pascasarjana teman–teman harus memenuhi beberapa tahap penyeleksiaan terlebih dulu.

Cara Masuk Pascasarjana Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW)


Berikut inilah beberapa langkah atau cara agar menjadi mahasiswa Pascasarjana di Universitas Kristen Duta Wacana;

Pertama, penuhi semua persyaratan administrasi yang menjadi ketentuan dari pihak falkutas. Persyaratan adminitrasi berkaitan dengan, formulir pendaftaran (bisa didapat secara langsung di bagian Humas ataupun secara online pada www.ukdw.ac.id), bukti transfer uang pendaftaran ke bank BNI sebesar 500 ribu, salinan ijasah (S1) yang telah dilegalisir sebanyak 2 lembar, catatan akademik selama menempuh program S1 yang telah dilegalisir sebanyak 2 lembar, surat rekomendasi dari Gereja/Sinode/Lembaga pengutus sebanyak 1 lembar, surat referensi dari dua orang yang mengetahui kualitas akademik ybs (sebaiknya yang telah bergelar Dr atau Ph,d), surat pernyataan penanggung biaya studi diatas meterai Rp.6000, pas foto terbaru ukuran 3 x 4, dan Otobigrafi.

Tahap Kedua, setelah menyelesaikan persyaratan administrasi dan telah terdaftar maka selanjutnya ialah mengikuti tes penyeleksian. Berkaitan dengan tes penyeleksian sampai tahun ini, pihak program studi M.th masih setia dengan 4 test penyeleksian yaitu tes potensi akademik, tes pengetahuan teologi, tes TOEFL (Reading Knowledge), tes wawancara. 

Ketiga, lakukan yang terbaik berkaitan dengan tahap ke 2. Menjadi pertanyaannya bagaimana caranya? Kesalahan terbesar para peserta yang mengikuti tes seleksi selama ini adalah tidak atau kurangnya persiapan diri.

Menurut saya mempersiapkan diri adalah cara yang paling baik dan efektif buat teman – teman yang ingin diterima. Hal – hal yang perlu dipersiapkan ialah pertama, belilah buku – buku yang berkaitan dengan potensi akademik. Kedua, bacalah artikel –artikel teologi berbahasa inggris sebelum test berlangsung.

Keempat, Jika merasa kurang dalam TOEFL teman – teman boleh mengikuti les di Pusat Pelatihan Bahasa Asing UKDW sebelum tanggal test seleksi. Mungkin itu dapat membantu teman – teman yang masih merasa kurang berkaitan dengan test TOEFL. Saran saya, mintalah agar mengfokuskan materi les pada Reading Knowledge.

Kelima, pada test wawancara, saya menyarankan agar teman – teman harus tenang dan jujur. Bersikaplah tenang didepan para dosen yang hendak mewawancarai teman – teman dan jawablah pertanyaan mereka dengan jujur sesuai dengan keadaan dan kemampuan teman –teman.
 
Jika teman – teman dengan baik melakukan tahap – tahap tersebut maka kemungkinan besar akan diterima. O ya saran terakhir dari saya, teman – teman sebelum melakukan tahap penyeleksiaan berdoa dulu ya dan tetap berusaha. Dan harapan saya, semoga prosesnya diberi kemudahan menjadi bagian dari mahasiswa pascasarjana teologi UKDW program Master of Theology (M.th).

Demikianlah tulisan mengenai 5 Cara Masuk Pascasarjana Teologi Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) yang ditulis oleh Lidia Pattiasina. Semoga dengan adanya tulisan ini dapat bermanfaat dan dapat memberikan informasi atau langkah yang jelas. Baca: 6+ TIPS Lolos Tanpa Bimbel di Fakultas Kedokteran UGM

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Cara Masuk Pascasarjana Teologi Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW)"

Posting Komentar