7+ FAKTA Kuliah di Kampus PKN STAN yang Harus Kamu Baca!


Fakta Kampus PKN STAN (Politeknik Keuangan Negara STAN)


FaktaKampus.Com- PKN STAN (Politeknik Keuangan Negara STAN) merupakan salah satu Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) di bawah naungan Kementrian Keuangan. Setiap tahunnya peminat PKN STAN tak pernah surut, bahkan dari tahun ke tahun selalu bertambah. Untuk tahun 2017 saja ada lebih dari 140.000 orang pendaftar sedangkan yang masuk menjadi mahasiswa- mahasiswi PKN STAN sekitar 6.500 orang. Betapa sulitnya menembus perguruan tinggi ini, tapi beruntunglah saya menjadi salah satu dari 6.500 orang tersebut. 

Nah, buat adik-adik dan teman-teman yang ingin masuk PKN STAN, saya harap artikel ini menjadi motivasi untuk terus belajar dan berjuang untuk PMB (Penerimaan Mahasiswa Baru) tahun 2018. Artikel ini berisi fakta-fakta yang saya temukan setelah lebih dari 3 bulan menjadi mahasiswi PKN STAN dan melewati masa kritis (read: UTS).
 

Fakta Kuliah di Kampus PKN STAN


Jadi apa saja fakta yang saya temukan selama kuliah di PKN STAN:
 

Mahasiswa PKN STAN Jebolan UI dan UGM


Ini fakta dan benar-benar nyata. Sebenarnya bukan hanya UGM sama UI aja sih, ada PTN lain yang rela ditinggal demi STAN. Bahkan ada yang udah 4 semester, bayangkan 4 semester? Itu dia, STAN punya daya tarik sendiri ternyata. Banyak juga yang rela gap year, belajar dengan fokus untuk menembus kegagalan masa lalu. So, buat kalian yang nantinya mungkin gagal di tahun 2018, masih ada kesempatan di tahun berikutnya, jika memang benar-benar niat di PKN STAN.
 

Air Mancur Selfi di PKN STAN


Air Mancur Selfi di PKN STAN (Sumber; @sabdanusastan)

Ini satu fakta yang baru saya tahu ketika bertama kali datang di PKN STAN buat daftar ulang. Maklum, dari luar kota dan tesnya juga tidak di kampus. Well, PKN STAN punya banyak tempat buat selfi, dan yang paling favorit itu air mancur. Percaya nggak percaya, hampir semua yang mahasiswa mahasiswi PKN STAN pernah selfi di air mancur. Bahkan baru datang pun mungkin sudah mengantri foto di air mancur. So, buat kalian- kalian yang hobi selfi apalagi di kampus impian. Don’t forget to do it.
 

Pendidikan D1 Gaji S1 Lulusan PKN STAN


Kalau fakta ini sih, belum ngerasain tapi udah banyak testimoni dari kakak tingkat yang sudah lulus. Memang di PKN STAN banyak mahasiswa dan mahasiswi yang hanya prodi D1, tahun ini saja prodi D1 pajak mencapai 2500 orang dari 6500 orang yang diterima, sementera D1 Bea cukai lebih dari 1000 orang.

Sekalipun Cuma D1, seenggaknya setelah lulus nggak pusing lagi cari kerja karena emang sudah ikatan dinas. Dan gajinya jangan tanya berapa, saya nggak tahu juga! Yang pasti nggak kalah kok sama lulusan S1.
 

PKN STAN  dan Drop Out (DO)


Aku pikir ini hanya gertakan saja. Tapi, UTS kemarin bener-bener ada mahasiswa yang DO Cuma gara-gara lupa bawa hp pas ujian. Namanya orang lupa? Tapi eratutan tetaplah peraturan, dan PKN STAN emang ketat dalam hal aturan. Katanya calon punggawa negara harus disiplin dan berintegritas. Bahkan IPK dan kehadiran di kelas pun bisa menjadi alasan untuk DO. So, kalau kamu bener-bener niat jadi calon punggawa keuangan Negara. Harus siap jantungan setiap kali ujian.
 

Istilah Ngambis di PKN STAN


Ini fakta yang baru kutahu mau UTS kemarin. Ngambis, istilah keren buat anak PKN STAN yang belajar dengan giat, rajin, bahkan sampai lupa makan, nggak tidur, begadang sampai jam 12 malam Cuma buat belajar. Well, aku nggak tahu apa bener-bener ada orang yang punya ambisi IPK Cumlaude sampai segitunya. Tapi istilah itu benar-benar ada. dan bisa dipastikan ada juga mahasiswa yang ngambis, tapi mungkin enggak separah itu ya.

Saytrap


Nah, ini juga istilah keren menjelang UTS atau kuis. Saytrap ini buat sebutan orang-orang yang ngakunya enggak belajar padahal ngambis sampai tengah malam. Oke ilustrasi.
 
A : “Aduh, hari ini UTS lagi, kamu udah belajar?
B : “Belum, pokoknya kerjain aja sebisanya.
 
Nah, padahal si B udah belajar samapi malam dan hapal betul materinya, sementara si A yang emang baru baca-baca doang jadi tenang karena mikirnya ada orang lain yang lebih parah dari dia. Eh, pas pembagian nilai. Yah, bisa ditebaklah.
 
Tapi tenang, itu cuma istilah-istilah di PKN STAN. Mungkin bener-bener ada, tapi fakta sebenarnya anak PKN STAN itu solid-solid, buktinya mau UTS ADA tentir bareng, mereka saling mengingatkan kalau ada jadwal ujian, dan hal-hal kocak lainnya. Yah, udah jadi keluarga, teman, sahabat di sini selama jauh dari orang tua.
 

Lulusan PKN STAN Calon Mantu Idaman


Ini antara fakta dan kegeeran semata. Tapi yah, siapa sih yang enggak mau punya mantu lulusan PKN STAN yang kerja di kementrian keuangan eselon 1 pula? Apalagi di tambah tampang yang lebih dari standar. Sduah menjadi nilai +++ tersendiri.
 
Nah, itu dia Fakta-Fakta Kuliah di Kampus PKN STAN yang bisa saya bagi untuk adik-adik dan teman semua. Semoga termotivasi ya, jangan malah minder. Jangan menjadi orang yang kalah sebelum berperang. Penulis dalam artikel ini adalah Hijrah Anggraini Nashuha yang saat ini menjadi Mahasiswi di Jurusan Pajak di Politeknik Keuangan Negara STAN. Trimakasih, jangan lupa baca juga tulisan lainnya;

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7+ FAKTA Kuliah di Kampus PKN STAN yang Harus Kamu Baca!"

Posting Komentar