18+ FAKTA Sekolah Kedinasan STKS Bandung yang Harus Kamu Baca!

Sekolah Kedinasan STKS Bandung


FaktaKampus.Com- Hai, Saya Natalia Maloringan. Saya baru saja lulus dari sekolah kedinasan dibawah Kementrian Sosial RI bernama Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial Bandung atau disingkat STKS Bandung tahun 2017 ini. Saya mau mengenang kembali nih ke masa-masa berkampus di STKS Bandung.
Baca Juga: 22+ SEKOLAH Ikatan Dinas di Indonesia Lengkap

Kalian yang pastinya berpikir seperti apa rasanya kuliah di sekolah kedinasan akan dapat gambarannya dari saya sebentar lagi. Pada tulisan ini saya akan menjabarkan 18 hal unik yang hanya ada di STKS Bandung.
 

18 Hal Unik yang Hanya Ada di STKS Bandung


Berikut adalah 18 hal unik yang hanya ada di STKS Bandung, yakni:

STKS Bandung Wajib Memakai Seragam


Namanya juga sekolah kedinasan yang membedakan dengan sekolah tinggi dan universitas lainnya adalah seragamnya. di STKS Bandung kami mengenal yang namanya seragam dinas yang warnanya mirip seragam PNS dan satu lagi seragam safari yang warna atasnya krem.

Pemakaian seragam ini berbeda ketentuannya. Senin dan Selasa menggunakan seragam dinas, sedangkan Rabu dan Kamis menggunakan seragam safari. Khusus untuk hari Jumat dan kegiatan lainnya bisa dilapisi almamater. Sayangnya di STKS Bandung warna almamaternya tiap angkatan berbeda sehingga kalau kalian berkeliaran disekitar kampus dengan alamater langsung terlihat deh angkatan tua atau mudanya.

Program Studi dan Fakultas di STKS Bandung


Perbedaan STKS Bandung dengan sekolah tinggi lainnya adalah program studi yang hanya satu yakni Pekerjaan Sosial. Kami juga kurang mengenal istilah fakultas. Karena hanya 1 program studi jadi semua mata kuliah yang diambil seragam ditiap angkatannya. Terkecuali kalian mengambil semester keatas. 

Strata D-IV dan Spesialis di STKS Bandung


Pendidikan di STKS menggunakan strata D-IV atau setara S1 dan dapat melanjutkan ke jenjang lebih tinggi yakni Spesialis bidang tertentu yang setara S2.

Gelar Lulusan STKS Bandung


Setiap orang yang melanjutkan pendidikan tingginya pasti mengejar gelar. Untuk di STKS sendiri saya mengalami beberapa gelar saat berkuliah. Angkatan senior 2010-2011 lulus dengan gelar S.ST (Sarjana Sains Terapan), sedangkan angkatan 2012 sampai dengan 2013 bergelar S.Tr.Sos ( Sarjana Terapan Sosial).

NON - Ikatan dinas


Kebanyakan pendaftar di sekolah kedinasan pasti mengejar yang namanya ikatan dinas. Namun, sayangnya untuk STKS Bandung sendiri sudah non ikatan dinas, terkecuali dengan beberapa BKD yang ada MoU tersendiri dengan STKS.

Aturan SKS di STKS Bandung


Pernah dengar kan istilah kuliah yang ambil SKS banyak-banyak demi lulus cepat? Dikampus lain pasti bisa berlaku tapi di STKS Bandung tidak berpengaruh. Karena meskipun kalian mengambil SKS lebih banyak daripada umumnya atau ambil kelas senior kalian diwajibkan lulus dalam jangka waktu minimal 4 tahun. Makanya beberapa dosen wali tidak menyarankan anak walinya untuk mengambil kelas semester diatasnya.

Praktikum alias KKN Mahasiswa STKS Bandung


Di STKS Bandung tidak mengenal namanya KKN tapi menyebutnya dengan Praktikum. Praktikum di STKS Bandung memiliki bobot SKS terbanyak yakni 12 SKS. Praktikum di STKS Bandung juga dilakukan 3 kali dalam 4 tahun masa kuliah. Pelaksanaannya diadakan dari semester 6 sampai 8. Pada semester 6 ini praktiku I mendapatkan penempatan wilayah praktik masih dikawasan Bandung dikarenakan adanya 2 hari kuliah wajib, sementara praktikum II sesuai dengan basis institusi yang dipilih dan praktikum III pengambilannya di wilayah pedesaan luar Bandung.

Sidang Terbanyak sampai 5 Kali Sidang


Dikampus lain kalian akan mengalami sidang mungkin hanya sekali yakni sidang skripsi, namun di STKS Bandung sangat berbeda. Kami mengalami 5 kali sidang yakni sidang Praktikum I sampai III, sidang proposal penelitian (skripsi), sidang skripsi. Makanya kadar stress juga cukup tinggi dibeberapa waktu tertentu, tapi tenang setiap mahasiswa STKS Bandung memiliki kalimat penyemangat, “semua akan selesai pada waktunya”. Jadi jangan berkecil hati kalau kalian mengalami kesulitan mendekati tiap periode sidang karena semuanya juga punya kesulitan tersendiri.

Beasiswa di STKS Bandung


Pengalaman saya pribadi mengenai beasiswa di STKS Bandung. Pertama jenis beasiswa di STKS Bandung beragam ada Beasiswa Ikatan Dinas, beasiswa kerjasama, beasiswa bantuan pendidikan dan beasiswa prestasi. Untuk yang saya terima yakni beasiswa prestasi memiliki ketentuan tersendiri di jaman saya yakni minimal IP tiap semesternya 3.7.

Bila kalian pada semester tertentu turun Ipnya, maka akan digantikan dengan orang lain dengan IP yang tertinggi hasil seleksi. Jadi untuk beasiswa di STKS Bandung cukup kompetitif. Besarnya beasiswa di STKS Bandung juga beberapa kali mengalami perubahan disesuaikan dengan kebijakan kampus yang berlaku. Sebagai referensi saya menerima beasiswa 8 semester berturut-turut di STKS Bandung sehingga selama kuliah tidak membayar uang kuliah malah mendapat uang saku yang didapat tiap bulan. Makanya untuk kalian yang berminat masuk sekolah kedinasan terutama ke STKS Bandung harus siap bersaing dan belajar.
 

Bidang Kajian di STKS Bandung


Saat kuliah di STKS Bandung pada semester 5 dan 6 akan mengenal yang namanya mata kuliah kajian. Mata kuliah kajian itu mata kuliah yang bisa kalian pilih sesuai dengan ketertarikan diri masing-masing. Tiap semesternya diwajibkan memilih 3 mata kuliah kajian. Mata kuliah kajian ini antara lain disabilitas, lansia, pendidikan, kesehatan, anak, industri, HIV, Napza, Bencana, Kemiskinan, Anak, dllnya.

Kuliah Umum dan Kuliah Pengganti di STKS Bandung


Dikampus lain juga mengenal hal ini, namun di STKS Bandung beberapa mata kuliah ada yang memang sering mendapat kuliah umum sebagai pengganti jam dikelas. Namun ada juga kelas pengganti yang dibuat karena hal-hal lain yang tak terprediksi seperti adanya kegiatan dosen di luar kampus atau kami biasanya menyebut dinas luar atau DL. Kelas pengganti karena hal ini bergantung pada kesepakatan dosen dan mahasiswa dikelasnya.

Banyaknya Mahasiswa Tiap Kelas di STKS Bandung


STKS Bandung menerima 300an lebih mahasiswa pada tahun angkatan saya sehingga kelas terbagi dari A sampai L dengan jumlah rata-rata tiap kelas 30 orangan. Mahasiswa ditiap kelas ini akan rutin bertemu sampai dengan semester 4. Namun disemester 5 dan 6 mulai berbeda karena ada kelas kajian. Sedangkan semester 7 dan 8 umumnya sudah tidak menggunakan kelas lagi karena fokus pada Praktikum dan Skripsi .

Gedung Kelas di STKS Bandung


Kampus STKS Bandung beralamat di Jalan Ir.H.Juanda nomor 367 ini memiliki beberapa gedung. Untuk gedung kelas tersendiri biasanya menggunakan gedung A dan gedung Sp. Kalau kalian berkunjung ke kampus ini pengaturan kelasnya mirip-mirip SMA dengan jumlah rata-rata mahasiswa dikelas 30-40 orang.

Fasilitas Asrama Putra-Putri di STKS Bandung


Kalian yang berasal dari luar Bandung pasti memiliki harapan akan mendapat asrama bila bersekolah di STKS. Namun kebijakan kampus hanya memberikan asrama pada BKD yang melakukan MoU tersendiri jadi bagi kalian yang bukan dari utusan daerah bisa mencari kosan. Untuk kos-kosan disekitar STKS ini sangat banyak dengan harga yang beragam tergantung fasilitas yang ditawarkan. Area favorit mahasiswa STKS Bandung kos yakni Dago Jati I – III, Butas 361-363 dan Dago Pojok. Untuk kisaran harga kos-kosan yang saya tahu sih 500ribuan itu biasanya kamar saja tanpa isi alias kosong sedangkan kos-kosan yang pernah saya tempati harganya 750 ribu perbulan (di Butas 363) sudah lengkap isinya dengan fasilitas dapur dan WIFI.

Jajanan Kampus


Kampus STKS Bandung punya kantin yang sekarang sudah layak untuk disebut foodcourt karena selama 4 tahun kuliah saya sudah pernah mengalami tiga kali pindah lokasi kantin. Sejak diperbaiki dan ditata kalian akan kesulitan mencari tempat duduk apalagi saat jam-jam istirahat di hari kuliah karena areanya yang tidak terlalu luas dan bangku yang ada terbatas sehingga tak jarang beberapa mahasiswa makan diluar.

Kantin kampus STKS Bandung menyediakan berbagai makanan dari gorengan sampai ayam penyet pun ada. Satu lagi yang berkesan dikantin itu ibu-ibu dan Aa penjualnya super ramah dan enak diajak ngobrol.
 

Daerah Jajahan Mahasiswa STKS


Kalau kalian berkuliah di STKS Bandung pasti akan mengenal yang namanya fashion store, mall, cafe-cafe kece,dan tempat wisata. Dan tak jarang saat pergi ke suatu tempat berpapasan dengan sesama mahasiswa mau itu junior ataupun senior. Kok bisa tahu? Ya selain karena seragam yang entah kenapa dipakai kemana-mana juga wajah mahasiswa-mahasiswi STKS Bandung akan sangat familiar meski kalian tak mengenalnya.

Karena lingkup kampus yang kecil pas pernah melihat muka-muka tertentu ada di kampus. Sepanjang jalan dari kampus sampai ke Simpang sudah pasti jajahan mahasiswa STKS, tempat lainnya seperti BIP, Ciwalk, PVJ, Baltos juga sering dikunjungi apalagi menjelang musim sidang banyk yang membeli perlengkapan untuk selebrasi seusai sidang skripsi.
 

Multikultur


Kuliah di STKS Bandung itu bisa melihat miniatur keberagaman suku bangsa karena dari sabang sampai merauke ada. Kalian akan mendengar bahasa daerah yang sangat asing atau bahkan belum pernah mendengar sebelumnya. Kalian juga akan melihat tradisi tiap orang yang mereka bawa. Ada banyak hal unik, lucu dan menarik bila berteman dengan ornag lain pulau dan lain suku. Makanya di STKS Bandung itu banyak perkumpulan yang berdasarkan wilayah asal.

HIMA Berdasarkan Kedaerahan di STKS Bandung


Himpunan mahasiswa di STKS Bandung itu dikategorikan berdasarkan wilayah asal. Beberapa HIMA diantaranya HIMA Aceh, HIMA Lombok, Pawayangan untuk HIMA Jawa Barat, HMDJ untuk HIMA DKI Jakarta dan sekitarnya, HIMA Padang, HIMA Gorontalo, HIMA Kolaka, HIMA Makassar, dan lain sebaginya.

Itu dia ke-18 hal unik yang hanya kalian bisa temukan kalau berhasil masuk kuliah di STKS Bandung. Untuk hal-hal lainnya yang ingin kalian ketahui bisa komentar langsung ya. Penulis dalam artikel ini adalah Natalia Maloringan Mahasiswi DIV STKS Bandung Angkatan 2013. Trimakasih, jangan lupa baca juga tulisan lainnya;
  1. 7+ FAKTA Kuliah di Kampus PKN STAN yang Harus Kamu Baca!
  2. 86+ KAMPUS di Malang [Jawa Timur] Negri dan Swasta Lengkap
  3. 11 Peluang Kerja Jurusan Psikolgi, No 1 Paling Banyak Diminati!
  4. 10+ PROSPEK Kerja Jurusan Hubungan Internasional (HI) Yang Menjanjikan!

Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "18+ FAKTA Sekolah Kedinasan STKS Bandung yang Harus Kamu Baca!"

  1. kak, peluang kerjanya kemana saja ? dan alumni bekerja dimana saja ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada beranekaragam kok kak, mau ikatan dinas atau nggak. Tapi, sekolah ini juga bagian daripada Ikatan Dinas kok. Lebih mudah mencari prosespek kerjanya :)

      Hapus
  2. Sebenernya stks itu ikatan dinas apa tidak ya? Soalnya kata temenku stks itu bukan sekolah kedinasan tapi ikatan dinas, sedangkan tadi baca diatas kalo stks itu bukan ikatan dinas. Jadi yang bener yang mana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada pilihannya kak, mau ikatan dinas atau nggak. Tapi, sekolah ini juga bagian daripada Ikatan Dinas kok. Lebih lanjut kunjungi websitenya saja kak :)

      Hapus
  3. kak, uang kuliahnya gratis ya? Apa tidak ada asrama? Kita full banded dari tempat tinggal dan uang saku, apa hanya pendidikannya saja yg gratis kak?

    BalasHapus
  4. Lulusan dari stks itu sendiri bisa kerja dimana aja kak?

    BalasHapus