IKIP Mataram dan 7 Fakta Yang Harus Kamu Baca!

IKIP (Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan) Mataram


FaktaKampus.Com- Bagi yang bercita-cita menjadi guru, tentunya sudah tidak asing lagi dengan kata IKIP. IKIP merupakan singkatan dari Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Perguruan tinggi bagi para calon guru ini tersebar diseluruh wilayah di Indonesia demi memenuhi kebutuhan tenaga pengajar diberbagai pelosok tanah air. Salah satunya, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Mataram atau yang lebih dikenal dengan IKIP Mataram, merupakan kampus keguruan tertua yang ada di wilayah Nusa Tenggara Barat tepatnya di Mataram.
Baca Juga: 10+ [PROSPEK] Kerja jurusan Biologi Yang Belum Banyak Diketahui!

IKIP Mataram didirikan pada tahun 1967, kampus IKIP Mataram telah meluluskan puluhan ribu guru-guru berkualitas yang tersebar diseluruh pelosok Indonesia khususnya di NTB. Buat yang penasaran dengan seluk beluk kampus IKIP Mataram, yuk simak fakta-fakta mengenai IKIP Mataram di bawah ini.

Fakta-Fakta Kampus IKIP Mataram


Berikut ini setidaknya beberapa fakta yang ada di Kampus IKIP Mataram, diantaranya;

Perguruan Tinggi Swasta Bukan Negeri
Berada dibawah naungan Yayasan Pembina IKIP Mataram, sampai saat ini IKIP Mataram masih berstatus swasta sejak pertama kali didirikan.

Berada di segitiga pusat pendidikan di Mataram
Kampus IKIP Mataram berlokasi di Jalan Pemuda No. 59A, Dasan Agung, Mataram. Lokasi yang sangat strategis ditengah kota. Untuk akses menuju kampus, biasanya para mahasiswa lebih sering berjalan kaki atau menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda, sepeda motor dan mobil. Untuk menampung segala aktifitas mahasiswa, terdapat empat gedung utama untuk melaksanakan aktifitas perkuliahan (Gedung Pratama, Gedung Dwitya, Gedung Pasca, dan Gedung Catur).

4 dan 11 (Fakultas dan Program Studi)
Karena merupakan institusi keguruan, maka jurusan yang ditawarkan pun sangat berkaitan erat dengan dunia pendidikan. Untuk fakultas dan program studi, ada 4 fakultas yang terdiri dari 10 program studi sarjana dan 1 program studi magister yang ada di IKIP Mataram dengan memprioritaskan jurusan yang menjadi kebutuhan masyarakat.

Sistem Pelayanan Berbasis IT
 
Untuk meningkatkan pelayanan akademik, keuangan dan kemahasiswaan, saat ini pihak kampus memiliki pelayanan berbasis IT seperti Student Payment Centre, Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) Online, dan Perpustakaan Digital.

Mahasiswa Berasal Dari Tiga Suku Mayoritas
Terkenal dengan sebutan SASAMBO (Sasak, Samawa dan Mbojo), mahasiswa IKIP Mataram mayoritas berasal dari ketiga suku besar yang ada diwilayah NTB. Tetapi tidak jarang, para mahasiswa juga berasal dari luar wilayah NTB.

Lumbung Atlet Nasional dan Internasional
IKIP Mataram merupakan lumbung (rumah) bagi para atlet berprestasi nasional dan internasional asal NTB. Setiap tahunnya, para atlet selalu memboyong banyak medali diberbagai cabang olahraga bagi Indonesia. Oleh karena itu, ada berbagai macam apresiasi yang diberikan secara khusus untuk para atlet oleh pihak kampus dan pihak yayasan, seperti beasiswa pendidikan.

Kado Khusus di Hari Wisuda
Bukan hanya para wisudawan dan wisudawati yang berbahagia di hari wisuda. Para atlet dan semua mahasiswa berprestasi IKIP Mataram juga turut berbahagia di hari wisuda. Mengapa? Yang menarik dari apresiasi khusus bagi para atlet dan mahasiswa berprestasi lainnya adalah biasanya pemberian beasiswa diberikan di hari wisuda.

Mereka diberikan undangan khusus pada hari itu. Selain sebagai bentuk promosi, hal ini dilakukan untuk memberitahukan kepada para orang tua/wali wisudawan dan wisudawati tentang prestasi yang telah diukir oleh para mahasiswa IKIP Mataram yang terkenal sebagai lumbung atlet.

Itulah beberapa fakta menarik yang ada di kampus IKIP Mataram. Bagi para calon guru, jangan lupa mampir ke kampus kami. Penulis dalam artikel ini adalah Citra Setya Rini yang saat ini menjadi Mahasiswi di IKIP Mataram. Trimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "IKIP Mataram dan 7 Fakta Yang Harus Kamu Baca!"

Posting Komentar