Jurusan Pengobat Tradisional Universitas Airlangga dan 6 Fakta Menarik Yang Harus Kamu Baca!

Jurusan Pengobat Tradisional Universitas Airlangga


Pengobat Tradisional adalah Program Studi yang didirikan 12 tahun yang lalu di Universitas Airlangga, dulunya Pengobat Tradisional masuk pada Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga dan pada saat itu hanya ada program untuk DIII. selanjutnya berdasarkan keputusan Universitas pada tahun 2014 Battra (Baca: Pengobat Tradisional) masuk pada Vakultas Vokasi Universitas Airlangga dan setahun setelahnya battra membuka program studi untuk D IV nya.
Baca Juga: 40 Fakta Unair (Universitas Airlangga)
Battra sendiri merupakan satu-satunya program studi di Indonesia yang dalam pengelolaan perguruan tinggi sehingga Program Studi Pengobat Tradisional merupakan pionir dalam pelaksanaan dan pengembangan pengobat komplementer yang berbasiskan tradisi Indonesia. tentunya hal itu menimbukan fakta-fakta yang menarik mengenai Program Studi Pengobat Tradisional. 

Fakta Jurusan Pengobat Tradisional Universitas Airlangga


Berikut adalah fakta-fakta tentang BATTRA UNAIR :
 
  1. Merupaka satu-satunya program yang berbasis tradisi Indonesia, jadi selain kita belajar tentang kesehtan di BATTRA juga kita bisa belajar tentang budaya Indonesia dan tentunya melestarikannya. Karena di Battra ini kita diajari bagaimana meracik Jamu yang benar. Secara Jamu adalah salah satu warisan budaya Indonesia yang harus kita lestarikan agar tidak diambil oleh Negara lain
  2. Selain mempelajari tentang anatomi dan sebagainya, dalam kurikulum yang ditetapkan Battra juga mempelajari tentang Pengobatan yang berasal dari Cina salah satunya akupuntur,  dimana pengobatan  akupuntur sendiri sudah banyak berkembang salah satunya yaitu pengobatan akupuntur menggunakan laser, orang-orang pun percaya bahwa akupuntur merupakan pengobatan alternatife yang baik bagi tubuh sehingga para ahli terus mengembangkan pengobatan dari cina tersebut.
  3. Nah, di Battra mahasisnya juga diajari tentang Pijat Tradisional yang berasal dari berbagai Negara dan berbagai suku yang ada di Indonesia diantaranya, Black Borneo, Pijat Tradisional Jawa, dan Swedish. Tujuan dari materi Pijat ini adalah bahwa sebenarnya manusia itu butuh akan rasa rileks pada otot-otonya sehinnga kami para terapis dapat membantu merileks kan pasien salah satunya dengan cara Pijat. Seain itu pijat juga dapat merenggangkan otot tegang, melancarkan oeredaran darah, dan membuat pikitab jadi tenang. 
  4. Dalam materi FOT (Formula Of Tradisional ) Mahasiswa diajarkan cara memilih bahan yang benar dan bagus untuk dijadikan sebagai Jamu, kita mahasiswa diajarkan dosis yang baik agar tidak ada kesalahan daam meracik sehingga memyebabkan efek yang tidak diinginkan pada Pasien.
  5. Prodi Battra juga memiliki klinik tersendiri, yang menyediakan message, akupuntur, akupreseur, dan masih banyak lagi.
  6. Terakhir battra juga memiliki Café yang menjual berbagai Produk hasil karya mahasiswanya, ada Healthy Drink dan lainnya.
Nah, teman-teman itulah beberapa fakta tentang Program Studi Pengobat Tradisional yang ada di Universitas Airlangga. Jika kalian penasaran dan ingin lebih banyak tau mengenai Program Studi Pengobat Tradisional jangan sungkan-sungkan untuk berkunjung ke Klinik dan Cafe Battra yang berlokasi di Universitas Airlangga Kampus A Jalan Mayjen Prof. Dr. Moestopo 47, Pacar Kembang, Surabaya, Kota SBY, Jawa Timur 60132. Sekian dari saya dan Terimakasih sudah meluangkan waktnya untuk membaca. Penulis dalam artikel ini adalah Faiqah. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Jurusan Pengobat Tradisional Universitas Airlangga dan 6 Fakta Menarik Yang Harus Kamu Baca!"