Pengalaman Kuliah Jurusan Sistem Informasi UB (Universitas Brawijaya)

Logo Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya

Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya


FaktaKampus.Com- Menjadi seorang mahasiswa merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi diri saya dan mungkin kalian semua. Perasaan sudah menjadi dewasa dan mulai memasuki usia-usia ‘legal’ akan terbayang-bayang setiap harinya. Saya merupakan salah satu mahasiswa semester 5 Jurusan Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya.
Baca Juga: 11 Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komputer, No 5 Paling Unik

Pada saat pendaftaran, saya sengaja menulis Sistem Informasi pada pilihan pertama dan Teknik Informatika pada pilihan kedua. Padahal kenyataannya passing grade antara keduanya lebih tinggi Teknik Informatika. Yang mana, apabila saya gagal pada pilihan pertama, sudah tidak ada kemungkinan lagi untuk lolos pada pilihan kedua. Mengapa? Simple, karena saya sama sekali tidak paham fisika. Pada saat SMA saya memang anak IPA tetapi jujur selama 3 tahun belajar fisika saya hanya bisa materi pengukuran dan cermin. Itupun sekarang sudah lupa.

Padahal bisa dibilang saya cukup mumpuni dalam matematika. Saya takut apabila masuk Teknik Informatika pasti akan ada mata kuliah fisika yang berhubungan dengan permasalahan komputasi ditambah lagi ada kalkulus lanjut. Ibarat kata saya menyerah sebelum berperang.
 
Pada saat memilih jurusan saya sempat gambling dengan Sistem Informasi. Jurusan yang masih belum banyak diketahui orang, jurusan yang masih sedikit di perguruan tinggi, jurusan yang bahkan saya sendiri belum benar-benar tahu saat dinyatakan lolos sebagai calon mahasiswa. Yang saya tahu, dari browsing sana sini, Sistem Informasi itu penerapan teknologi dalam mengatasi permasalahan suatu bisnis.
 
Ketika mulai perkuliahan, saya merasa sedikit terjebak. Pada semester pertama, saya belajar Pengantar Teknologi Informasi, Pemrograman Dasar, Manajemen dan Organisasi, Bahasa Inggris, dan Matematika Komputasi. Saya merasa otak kanan dan kiri saya harus berjalan dua-duanya. Saya harus memahami sosial dan sains secara bersamaan.
 
Pada semester kedua, saya belajar Bahasa Indonesia, Interaksi Manusia dan Komputer, Pemrograman Lanjut, Sistem Operasi, dan Sistem Fungsional Bisnis. Di semester ini sudah mulai merasa salah jurusan lah, mulai bertanya-tanya “kok gini?” lah, dan lain sebagainya. Beberapa teman saya pun akhirnya memutuskan untuk mengikuti tes SBMPTN ulang, hehe. Mulai dari sini mulai sedikit paham apa sebenarnya kompetensi anak Sistem Informasi. Untuk kalian yang masih berpikir “Sistem Informasi itu bisnisnya, Teknik Informatika itu lebih ke teknisnya yang bikin program, ngoding, dan lain-lain”, saya tidak menyalahkan, hanya saja kurang tepat. Fyi, di jurusan Sistem Informasi juga mempelajari beberapa bahasa pemrograman, seperti java, MySQL, dan PHP. Kita juga belajar coding aplikasi, coding web, coding user interface, coding database, serta sedikit belajar tentang teknis komputer juga.
 
Nah, perbedaan yang paling mencolok yaitu pada mata kuliah manajemen dan bisnisnya. Disini kita ada beberapa mata kuliah wajib dan pilihan dalam bidang manajemen dan bisnis. Mulai dari dasar, kita diajari bagaimana cara berorganisasi dan membetuk organisasi yang baik hingga diajari bagaimana mengelola serta membuat suatu proses bisnis dan mengelola bisnis sehingga tetap stabil walaupun ada perubahan ataupun perkembangan baik secara internal maupun eksternal. Beberapa mata kuliah bisnis yang tersedia yaitu Pemodelan Proses Bisnis, Enterprise Architecture, Sistem Enterprise, Manajemen Investasi, Manajemen Proyek, Manajemen Resiko, Manajemen Hubungan Pelanggan, Manajemen Rantai Suplai, Kecerdasan Bisnis, dan lain-lain. Selain itu, kita juga belajar mengenai bagaimana database beserta dalam-dalamnya. Di Filkom UB sendiri menggunakan IBM untuk aplikasi pendukung perkuliahannya.
 
Tidak hanya itu, kita juga belajar tentang bagaimana langkah demi langkah dalam perancangan sistem. Mata kuliah perancangan sendiri mulai diajarkan dari semester 3. Dan kita juga belajar mengenai undang-undang seperti UU ITE, UU Hak Cipta, dan lain-lain. Dari penjelasan diatas dapat saya simpulkan dalam perkuliahan Sistem Informasi saya belajar mengenai manajemen, bisnis, pemrograman, database, algoritma, statistik, jaringan, tata kelola, serta analisis dan perancangan. Secara tidak langsung, kita belajar memposisikan diri dalam 3 tingkatan manajemen, yaitu teknis, operasional, dan strategis. Dalam beberapa artikel yang saya baca, jurusan Sistem Informasi di perguruan tinggi lain juga tidak jauh berbeda. Mungkin memang lulusan dari Sistem Informasi diharapkan bisa menjadi leader yang bisa mengelola bawahannya dengan baik.
 
Di kampus saya sendiri tidak ada peminatan secara khusus untuk Jurusan Sistem Informasi. Hanya saja memang secara tidak langsung kelanjutannya terbagi menjadi 3 sektor, yaitu manajemen, database, dan pemrograman. Saya sendiri sendiri lebih senang untuk berkecimpung di bagian manajemen atau perancangan. Karena memang saya otaknya ternyata nyantolnya disana, saya rasa memang kompetensi utama yang harus dimiliki lulusan Sistem Informasi ya itu, manajemen dalam penerapan teknologi informasi dan proyek atau perancangan sistem.
 
Untuk profil lulusannya sendiri sebenarnya sangat luas. Tapi memang sebagian besar fresh graduate dari Sistem Informasi yaitu menjadi seorang junior programmer. Entah programmer aplikasi, web, UI/UX, dan sebagainya. Dari pengalaman seorang lulusan Sistem Informasi, butuh waktu 3-5 tahun untuk menjadi seorang project leader, business analyst, atau bahkan konsultan yang memang benar-benar sesuai dengan kompetensi lulusan Sistem Informasi. Atau mungkin ketika kamu menjadi lulusan Sistem Informasi kemudian kamu mendirikan suatu starup sendiri, maka kamu bisa langsung menjadi CEO, CTO, ataupun CIO.
 
Belajarlah karena kalian ingin tahu, karena kalian memiliki motivasi ataupun minat dan bakat dalam bidang tersebut. Jangan belajar sesuatu karena ada iming-iming gaji dan jabatan. Karena gaji dan jabatan bisa diraih dengan kerja keras dan semangat. Penulis dalam artikel ini adalah Anindhita Firdani. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Pengalaman Kuliah Jurusan Sistem Informasi UB (Universitas Brawijaya)"

  1. Makasih banyak sudah ngeshare pengalamannya kak, jadi gak ragu lagi buat ngambil jurusan sistem informasi. Sangat bermanfaat sekali. Trima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, jurusan ini emang terbaik deh :)

      Hapus
  2. halo kak, saya maba sistem informasi ub tahun ini. saya ingin meminta ijin untuk menggunakan beberapa informasi dari blog kakak untuk membuat essay mengenai prodi sistem informasi di ub. terimakasih kak sebelumnyaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan kak, ini tulisan dari Kak Anindhita Firdani kok kak :). Trimakasih,

      Hapus