9 Prospek Kerja Jurusan Ekonomi Pembangunan yang Menjanjikan!

Prospek Kerja/Peluang Kerja Jurusan Ekonomi Pembangunan

FaktaKampus.Com- Jurusan ekonomi pembangunan dapat di kenal dengan jurusa ilmu ekonomi. Salah satu jurusan di bidan IPS, dengan membahasa tentan pembangunan negara-negara yang bekembang denga cangkupan Industri, keuangan, perbankan serta dengan perencanaan pembanguanan yang sangat menarik. Seorang mahasiswa jurusan pembangun ekonomi dapat menaganalisis tentang faktor penyebab permasalahan ekonomi yang ada di indonesia ataupun negara lain dengan menaganalisis dari tabungan rakyat, investasi domestik dan asing, ekspor dan impor, pertumbuhan sektor pertanian dan industri yang dimiliki oleh banyak pihak untuk saat ini.
Baca Juga: 7 [PROSPEK] Kerja Jurusan Administrasi Bisnis yang Menjanjikan!

Program pendidikan ini adalah sebuah program yang termasuk kedalam progam pendidikan yang mempelajari tentang ekonomi secara keseluruhan sehingga dalam hal ini, sangat pas dan cocok untuk keadaan ekonomi syang ada di indonesia saat ini. Dengan adanya pendidikan pembanguna ekonomi di harapakan mahasiswa nya dapat membuat dan menjadi generasi yang dapat menjadi panutan serta tuntunan bagi bagi banyak orang, sehingga apa yang di lakuakan dalam usahanya tersebut dapat berjalan dengan lanacar dan sukses sesuai dengan keinginannya. Dengan adanya pembanguna ekonomi tersebut. Mahasiswa diharapkan dapat menjadi mahasiswa yang aktif dengan mengembangkan potensi yang dimiliki sehingga dapat menjadi pengganti jabatan dan dapat menemukan solusi dari permasalahan kpembangunan keuangan ini.
Ada beberapa mata kuliah yang perlu di ketahui untuk jurusan yang baru masuk dalam pembanguna ekonomi. Di antaranya adalah sebagai berikut:
Di Bidang Ekonomi
Banyak sekali untuk mata kuliah yang dipelajari dalam jurusan pembanguanan ekonomi di antaranya adalah sebgai berikut, matematika ekonomi, ekonomi politik, ekonomi publik, pemikiran ekonomi, sistem ekonomi, sejarah ekonomi, ekonomi inernasional, ekonomi koprasi, ekonometrika, ekonomi pertanian,ekonomi regional, ekonomi industri, ekonomi lingkungan, ekonomi transportasi, ekonomi uang dan bank, dan ekonomi ketenagakerjaan.
  1. Di Bidang Perencanaan dan Analisis Pembangunan. Terdapat mata kuliah untuk pembangunan bisnis adalah mat kuliah perencanaan anggaran sektor publik, perencanaan pembangunan desa, dan analisis kebijakan publik dan regional.
  2. Di bidang Bisnis atau Kewirausaha. Terdapat mata kuliah akutansi manajemen, manajemen investasi, perbankan, manajemen keuangan, pajak daerah dan distribusi bisnis, dan hukum bisnis.
Beberapa prospek pekerjaan yang dapat di kerjakan oleh seoran lulusan dari jurusan Ekonomi pembangunan di antaranya dalah sebagai berikut:

Prospek Kerja Jurusan Ekonomi Pembangunan


Banyak sekali orang yan memiliki pendaat bahwa jurusan ini tidak memiliki portensi apapun untu dapat mengembangkan ekonomi. Karena seseorang tersebut dapat memilih jurusan akutansi ataupun manajemen untuk jurusan ini. Karena jurusan ekonomi pembanunan belum begitu banyak peminatnya sehingga peluang untuk mendapatkan pekerjaan setelah lulus dari sebuah perguruan tinggi dengan jurusan ekonomi pembangunan semakain tinggi dan semakin merebak ataupunberkembang luas di kalangan ekonomi biasa. Sehingga dengan ini dapat di ketahui bahwa banyak sekali potensi yang dimiliki oleh berbagai macam orang karena usahanya yang lancar.
Seorang lulusan ekonomi pembangunan dapat juga bekerja sebagai analisis data, analisis pasar, analisis bisnis dan keuangan, pengusaha, serta profesi lainnya yang relavan dengan bidan pengetahuan dan keahlian dalam bidang ekonomi yang dimiliki, sperti ekomi syariah, ekonomi kependududkan dan masih banyak yang lainnya. Ada beberapa prospek pekerjaan untuk jurusan Ekonomi Pembangunan di antaranya adalah sebagai berikut:

Prospek Kerja Jurusan Ekonomi Pembangunan Di Bidang Prospek Kerja Jurusan Ekonomi Pembangunan Di Bidang Instansi Pemerintahan Dan Lembaga Negara atau BUMN


Dalam pekerjaan ini yaitu menjadi instansi di dalam sebuah lembaga atupun sebuah pemerintahan atau bumn dapat bekerja di bagian kementrian keuangan, kementrian pendidikan, BPK, bapernas, bappeda, bank Indonesia, pegadaian, dan perpajakan.

Prospek Kerja Jurusan Ekonomi Pembangunan di bidang Lembaga Pendidikan


Dalam menjadi seorang lulusan dari Ekonomi Pembangunan yang bekerja di bidang lembaga pendidikan dapat bekerja di bidang perencanaan pertama, asisten peneliti, asisten analis kebijakan.

Prospek Kerja Jurusan Ekonomi Pembangunan Di Bidang Tenaga Pendidik Ekonomi


Apabila ingin menjadi seorang dosen harus telebih dahulu menyelesaikan pendidikannya sebagai magister baru dapat bekerja sebagai seorang dosen.

Prospek Kerja Jurusan Ekonomi Pembangunan Di Bidang Organisasi Publik


Dapat bekerja di lembaga swadaya masyarakat atau LSM. Dalam hal ini pekerjaan yang dilakukan adalah menjadi seorang pengusahayang telah di lakuakn banyak sekali di temukan aspek yang di gunakan untuk memenuhi kebutuhanny yaitu dalam masyarakat itu sendiri.sehingga adanya LSM ini adalah dengan tujuan agar masyrakat ataupunwarga sekitar yang ada di Indonesia dapat engikuti dan mengetahui pembangunan dan perkembangan ekonomi yang ada di indonesia saat ini bagaimana. 

Prospek Kerja Jurusan Ekonomi Pembangunan Di Bidang Resert and Development


Seorang yang lulus dari jurusan ini adalah seorang yang dapat bekerja di dalam penelitian atapun sebagai pengembngan dalam sebuah perusahaan tersebut. Tugas dari seorang yang bekerja di bidang reset and developmen adalah seorang yang dapat menembangkan dirinya menjadi seorang peneliti-peneliti di pasaran, dan juga dapat menjadi seorang yang bertugas sebagai peneliti bisnis, keuangan sesuai dengan kebutuhannya perusahaan tersebut. Selain itu juga banyak sekali perusahaan yang didirikan sendiri dan penelitian di bidang keuangan.

Prospek Kerja Jurusan Ekonomi Pembangunan Di Bidang Analisis Bisnis


Analisis merupakan orang yang tugasnya sebagai menganalisis ataupun mereka-reka keadaan dari yang sedang di hadapi oleh perusahaan tersebut. Sehingga perusahaan dapat menyediakan data-data penting yang menjadi acuan sebuah perusahaan untuk mengambil keputusan dari bisnis tersebut. 

Yaitu bisnis yang telah di jalankan tersebut.dalam hal ini ada bebrapa pengertian yang harus dan perlu di ketahui dalam melakukan usaha sehingga seorang yang sedang usaha perlu modal dan tekat yang kuat pada jiwa mereka untuk dapat membuka sebuah perusaahaan yang ada di dalam usahanya tersebut.
Ekonomi pembanguan adalah jurusan yang emang sanagat unggul di biadang ini sehingga dalam jurusan ini sangat memungkinkan untuk mengahadaoi berbagai macama persoalan yang ada dalam jurusan ini. Sehingga dalam hal ini perusahaan ini adalah perusahaan yang telah melibatkan banyak sekali pengusaha ternama yang ada di indonesia.

Jurusan ini di kenal juga dengan jurusan ilmu ekonomi. Yang merupakan salah satu jurusan yang ada di bidang IPS, sehingga biasanaya membahas tentang tenaga persoalan pembangunan yang ada di negara tersebut. Negara yang dapat mencangkup perencangan pembangunan, mencangkuo industri, keuangan, perbankan serta perencanaan pembangunan. Seorang yang masuk jurusan ini yaitu jurusan Ekonomi Pembangunan apat bekerja sebagai seorang yang bekerja di bangian sektor keuangan yang ada dalam sector keuangan tersebut. Sehingga dalam perkuliahan ini juga dapt di ketahui bahwa telah banyak soal yang dapat di jadikan mata pelajaran dan motivasi dalam pembelajaran.
Perlu di ketahui bahwa jurusan ini memiliki peluang kerja yang memang memiliki cangkupan yang sangat luas dan banyak. Banyak sekali untuk saat ini yang membutuhakan seorang yang dapat menajdi peluang bisnis dalam sektor ini. Sehingga seorang yang ingin masuk dalam jurusan ini dapat bekerja di dalam ini.

Seorang lulusan ini dapat mengajar dan bekerja sebagai seorang yang memang telah ahli di bidangnya. Jurusan ini adalah jurusan untuk anak IPS sebenarnya, namun jurusan ini masih saja sangat tidak memungkin banyak orang Yng tidak menegenal dan mengetahui tentang jurusan ini, sehingga orang belum mengetahu bahwa sebenarnya peluang untuk adapat kuliah di jurusan pembnagunan ekonomi ini adalah jurusan yang sanat di minati oleh banyak orang sehingga galam hal ini cukuo banyak orang yang menginginkan mengikuti pekerjaan ini sebagai mana mestinya dalam membuat pengembangan potensi pwmbwljran agar banyak orang yang tau dan tertari dengan pembeljaran ini.
Untuk di beberapa universitas juga belum banyak yang menyediakan jurusan ini sehingga jurusan ini memnag belum banyak di kitai oleh orang bahkan orang juga belum banyak yag tau dengan jurusan pembanguna ekonomi ini. Sehingga dapat di ketahui bbhawa jurusan ini memang sangat di kenal dan menjadi potensi yang sangat mendalam dan mendasar bagi kebanyakan oran untuk menjadi jueusan yang bnayk di kenali oleh orang banyak.
Program studi pembanguna ekonomi sangat lah banyak dan dapat dijadikan sebagai motivasi dan arahan bagi mahasiwa agar dapat hidup sukses. Demikinalah setidaknya bahasan lengkap mengenai Prospek Kerja Jurusan Ekonomi Pembangunan atau ESP Semoga dengan adanya ulasan mengenai Peluang Kerja Jurusan ini dapat bermanfaat, bagi setaip pembaca. Trimakasih, jangan lupa baca juga tulisan lainnya;
  1. 11 Prospek Pekerjaan Jurusan Antropologi yang Menjanjikan!
  2. 11 Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komputer, No 5 Paling Unik
  3. 11+ Prospek Kerja Jurusan Kriminalogi Terlengkap
  4. 11 [PROSPEK] Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi yang Menjanjikan!

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "9 Prospek Kerja Jurusan Ekonomi Pembangunan yang Menjanjikan!"

  1. ada yang bilang kalau jurusan ekonomi pembangunan itu sangat sulit. itu bener ga sih/?? ada yang bisa meyakinkan saya untuk memilih jurusan ekonomi pembangunan???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga sulit kok. Saya ekonomi pembangunan semester 3

      Hapus