8+ PROSPEK Kerja Jurusan Manajemen Dakwah Yang Belum Banyak Diketahui!

Peluang Kerja/Prospek Kerja Jurusan Manajemen Dakwah


FaktaKampus.Com- Perlu di ketahui bahwa Jurusan Manajemen Dakwah adalah jurusan yang masih baru di sebuah IAIN atupun UIN yang ada di seluruh Indonesia saat ini. Dalam hal ini seorang yang bersal dari jurusan manajemen dakwah ini termasuk kedalam Fakultas Ushuludin ataupun dakwah. Perlu di ketahui bahwa jurusan ini baru di buka pada tahun 2016/2017. Yang pada saat itu masih belum banyak sekali peminat dari mahasiswa untuk masuk di jurusn ini. Sehingga dalam hal ini seorang yang ingin mengambil jurusan manajemen dakwah masih sering kebingungan dengan prospek pekerjaan yang akan di dapatkan nantinya.
 

Jurusan Manajemen Dakwah Islam


Untuk prospek pekrjaan yang akan di dapatkan untuk jurusan manajemen dakwah ini dapat di nilai memang cukup baik, namun masih kurangnya peminat dari seorang mahasiswa untuk masuk di jurusan ini sehingganya jurusan ini masih banyak yang bellum mengetahui manfaat dari jurusan manajemen dakwah ini. Sehingga dalam hal ini masih butuh sekali banyak informasi yang dapat membuat semua mahasiswa melakukan pendaftaran dan juga tertarik dengan jurusan manajemen dakwah ini.
 
Dalam hal ini, telah kita ketahui bersama bahwa jurusan manajemen dakwah merupakan sebuah jurusan yang mempelajari tentang berbagai macam ilmu terapan, manajemen haji atau umroh, dan juga pariwisata. Hal ini dapat menjadi sebuah prospek pekerjaan yang di rasa cukup baik dalam proses pembelajaran tersebut. Mengingat banyaknya masyarakatyang ada di Indonesia adalah rata-rata telah beragama islam. Sehingga dalam hal ini memungkinkan banyak umat Islam yang melakukan umroh ataupun haji yang di lakuakan setiap tahun oleh kebanyakan umat Islam tersebut. 

Dalam hal ini perlu di ketahui bahwa manajemen dakwah adalah sebuah jurusan yang baru yang ada di Indonesia.  Terbentuknya jurusan ini yaitu jurusan manajemen dakwah adalah dapat inspirasi dari negara tetangga, yaitu negara thailand yang dalam hal ini negara thailand merupakan bukan negara yang mayoritas warganya adalah berasal dari orang-orang islam. Namun dalam hal ini negara thailand menerapkan sebuah halal tourism yang merupakan pengunjung dari luar negeri. Sehingganya warga indonesia ingin mengembangkannya juga di indonesia karena dalam hal ini jurusan manajenen dakwah ini dirasa memang sangat cukup baik sekali. 

Dalam hal ini prospek kerja untuk manajemen dakwah semakin meningkat dan semakin cerah dengan seiring berjalannya waktu dan apalagi dengan ditalam hal ini seorang yang dapat bekerja dalam bidang dakwah ini adalah sebagaierimanya 5000 tenaga penyuluh kementrian agama secara bertahap. 
Sehingga dalam hal ini akan mempermudah dalam terbentuknya suatu komunikasi dan informasi 
yang akan memberikan sebuah akses dalam bekerja kita.  Sehingga dalam hal ini seorang yang dapat di terima ataupun dapat di calonkan sebagai seorang yang bekerja di bagian dakwah ini adalah seorang tersebut dapat bekerja sebagai seorang wartawan atau kehumasan yang di lakukan melalui media massa. Dalam hal ini yang paling penting adalah surat kabar. Dalam hal ini seorang yang berasal dari jurusan manajemen dakwah ini juga dapat bekerja di BKKBN, Kementrian Sosial, Kementrian Tenaga Kerja, dan juga Kementrian Dalam Negeri juga.
 
Sehingga dalam hal ini dapat di ketahui bahwa, jurusan dari manajemen dakwah tersebut yang termasuk kedalam fakultas ushuludin ini adalah suatu ilmu pengetahuan yang masih mengedepankan ilmu komunikasi yang baik dan benar. Sehigga dala hal ini seluruh fakultas ushuludin dengan manajemen dakwah yang ada membentuk sebuah lokarya nasional dalam rangaka mahasiswa yang menghadiri peluang yang telah di sediakan tersebut dalam proses pembelajaran yang sedang di lakukan ini.

Perlu di ketehui bahwa untuk jurusan manajemen dakmah disini merupakan jurusan yang telah lahir pada tahun 1995. Dalam hal ini adalah sebagai sebuah kebutuhan dan tututan dari sebuah perkembangan yang telah ada saat ini. Sehingganya dalam hal in jurusan manajemen dakwah merupkan sebuah jurusan yang masih di anggap baru dan belum banyak yang tahu tentang jurusan ini. Dalam hal ini dakwah sekaligus sebagai yang menganulir sebuah pemahaman reduksionis yang telah menganggap bahwa dakwah adalah sebagai sebuah khitbah. Atau ceramah.
 
Namun seiring dengan perkembanganya zaman yang telah ada saat ini jurusan  manajemen dakwah telah memperoleh sebutan yang baik dan menarik peminat dengan angka yng di dapat juga cukup signifikan. Dalam hal ini telah terbukti dengan adanya lulusan dari manajemen dakwah yan telah menempati posisi penting di bagian instansi pemerintahan yang terkemuka. Sehingganya dalam hal ini jurusan manajemen dawah termasuk jurusan yang diminati dan memiliki sbuah prospek kerja yang bagus untuk jurusan ini. Sehingga hal ini lah yang membuat banyak orang Akan jauh lebih tertarik untuk mengikuti pendidika di sebuh jurusan manajemen dakwah ini.
 
Adapun visi dari jurusan manajemen dakwah adalah dapat menjadi sebuah program pendidikan yang profesional dalam bidang tadbir, pada tahun 2020 sehingga akan membentuk seorang pendakwah yang profesional serta ahli dalam bidang ini. Membangun sesuai dengan nilai-nilai sosial yang ada yang telah di sesuaikan dengan misi utama dari jurusan manajemen akwah ini.

Peluang Kerja Jurusan Manajemen Dakwah


Lapangan pekerjaan ataupun prospek kerja yang dapat di jadikan sebagai sebuah peluang pekerjaan untuk jurusan manajemen dakwah adalah sebagai berikut:
 

Prospek Kerja Jurusan Manajemen Dakwah Sebagai Seorang Dosen 


Seorang yang bersal dari jurusan manejemn dakwah setelah lulusan dari S1 dapat langusung melanjutkan ke S2 apabila memang seorang tersebut meman benar-benar memiliki keinginan untuk dapat mengajar dengan baik dan benar. Dan memang syarat agar dapat menjadi seorang dosen itu harus lah lulus S2 terlebih dahulu.
 
Sehingga dalam hal ini di rasa sangat perlu lulusan dari manajemen dakwah ini. Mengingat pastinya masih belum cukup banyak dosen yang berasal dari jurusan manajemen dakwah ini. Namun bukan hanya itu saja, jurusan ini merupakan sebuah jurusan yang sangat baik dan berkualitas dan memilki sebuah prospek pekerjaan yang sangat cerah tentunya.
 

Prospek Kerja Jurusan Manajemen Dakwah Sebagai Seorang Staff atau Pengelola Di Sebuah Instansi Pemerintahan


Dalam hal ini seorang yang berasal dari jurusan manajemen dakwah selain bekeja sebagai seorang Dosen, dapat juga bekerja sebagai seorang Staff atau Pengelola Di Sebuah Instansi Pemerintahan. Sehingga dalam hal ini lah yang biasanya di incar oleh jurusan manajemen dakwah. Dengan dapat bekerja di bagian Staff atau Pengelola Di Sebuah Instansi Pemerintahan dengan harapan memperoleh sebuah pekerjaan yang baik dan benar.

Serta prospek yang di dapatkan juga akan jauh lebih banyak. Dalam hal ini tugas dari seorang yang bekerja di bidang staff atau pengelola di sebuah instansi pemerintahan adalah dapat mengelola dan mengatur segala instansi  yang ada dalam sebuah perusahaan tersebut.  

Prospek Kerja Jurusan Manajemen Dakwah Sebagai Seorang Wirausaha


Dalam hal ini, seorang yang berwirausaha juga dapat di lakukan di manasaja dan oleh sapa saja. Terutama oleh seorang yang berasal dari jurusan manajement dakwah ini, sehingganya dalam hal ini seorang yang memang bersal dari jurusan ini dapat melakukan sebuah usaha yang memang menguntungkan untuk dirinya tersebut.

Kerena jurusan manajemen dakwah juga merupakan jurusan yang paling menarik dan dapat di jadikan sebuah usaha yang paling menguntungkan apabila memang telah bersungguh-sungguh untuk melakukan sebuah usaha. Sehingga dalam hal ini bukan hanya seorang yang bersal dari jurusan kwirausahaan saja yang dapat melakukan sebuah usaha yang baik dan tepat. Namun seorag yang berasal dari jurusan manajemen dakwah juga dapat melakukan usaha dengan baik juga.
 

Prospek Kerja Jurusan Manajemen Dakwah Sebagai Seorang Manajer dalam sebuah Lembaga Swasata ( Profit Atau Non Profit) Organisasi Masyarakat.


Dalam hal ini tugas dari seorang yang bekerja sebagai Seorang Manajer dalam sebuah Lembaga Swasata ( Profit Atau Non Profit) Organisasi Masyarakat Adalah seorang tersebut adalah sebagai pemegang atau bidsa di kaakan sebagai seorang pemimpin dalam sebuah oraganisasi masyarakat tersebut.

Dan seorang yang bersal dari jurusan manjemen dakwah ini yang bekerja di bagian Seorang Manajer dalam sebuah Lembaga Swasata ( Profit Atau Non Profit) Organisasi Masyarakat juga dapat di beri  tigas untuk mengelola lembaga islam pemerintahan baik swasta taupun lembaga-lembaga lain yang dapat di jadikan sebagai sebuah konsen dari jurusan manajemen dakwah.

Demikianlah tulisan mengenai Peluang Kerja/Prospek Jurusan Manajemen Dakwah Islam. Semoga dengan adanya tulisan ini dapat menambah wawasan dan juga pengetahuan bagi kalian yang ingin atau sedang berada di Jurusan Manajemen Dakwah. Trimakasih, jangan lupa baca juga tulisan lainnya;
  1. 6 Prospek Kerja Jurusan Ilmu Politik Terbaru dan Terbaik Lengkap
  2. 11+ Prospek Kerja Jurusan Hukum Yang Bagus Lengkap
  3. 16 [PROSPEK] Kerja Jurusan Akuntansi Terlengkap
  4. 16 [PROSPEK] Kerja Jurusan Manajemen Terlengkap

Subscribe to receive free email updates:

12 Responses to "8+ PROSPEK Kerja Jurusan Manajemen Dakwah Yang Belum Banyak Diketahui!"

  1. Jurusan Manajemen Dakwah terbaik di Indonesia dimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau yang terbaik ada di Kampus atau UIN di Pulau Jawa kak, seperti Jawa Barat yang juga alumninya banyak yang berhasil. Mungkin ada piliha lain kak, sedangkan untuk kampus-kampus yang terakreditasi untuk UIN sampai saat ini belum dapat kabarnya kami kak :) trimakaisih telah berkunjung :)

      Hapus
  2. Apakah jurusan manajemen dakwah ini, bisa memebuat kita lebih baik dari sebelunya...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung dari pribadinya kak, yang pasti selain belajar Ilmu Umum dengan Manjemen Dakwh kita belajar juga tentang Agama Islam. Seimbanglah kak :)

      Hapus
  3. Manajemen Dakwah bisa masuk KBIH ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa.. Nanti ada konsentrasi Manajemen Haji dan Umroh

      Hapus
  4. Manajemen dakwah selain bisa bekerja di haji/di umroh di mana lagi ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa di MUI atau bekerja di Depag Kok kak :)

      Hapus
  5. Apakah manajemen dakwah itu selalu berhubungan dengan dakwah aja????

    BalasHapus
  6. Apakah manajemen dakwah itu selalu berhubungan dengan dakwah aja????

    BalasHapus
  7. Assalamu'alaikum kawan

    Saya sendiri adalah Mahasiswa jurusan Manajemen Dakwah atau yang biasa disebut MD, di UIN Raden Intan Lampunh. Terkait pertanyaan rekan-rekan mengenai apakah MD ini hanya berhubungan dengan dakwah saja, maka jawabannya adalah TIDAK. Jika rekan-rekan ingin tau apa saja yang dipelajari, maka saya bisa sedikit menjelaskan.

    Pertama, seperti pada nama jurusannya kita akan belajar tentang ilmu dakwah, ya karena kita berkuliah di UIN maka kita harus mempelajari pula ilmu agama. Di dalam ilmu dakwah kita akan memperlajari bagaimana peran kita sebagai manusia (Khalifah) baik itu kepada Allah, diri sendiri, orang lain, mahluk lain dan lingkungan. Sepanjang saya berkuliah di jurusan ini belum pernah diberi tugas untuk berdakwah semacam para Da'i di luar sana. Namun, sebagai seorang manajer tentu hal ini sangat dibutuhkan karena secara tidak sadar jika bisa berdakwah paling tidak kita menguasai ilmu public speaking. Jadi, di dalam jurusan ini kita tidak akan disuruh berdakwah semacam para Da'i yang ceramah di luar-luar sana. Disini kita lebih mempelajari ilmu-ilmu Islam tingkat tinggi, yang sangat relevan diimplementasikan dalam dunia kerja guna meningkatkan segala aspek di kehidupan manusia. Contohnya, bagaimana kita bisa mengemas materi dakwah sehingga saat kita berpidato atau sejenisnya kita tidak seperti sedang berdakwah, sehingga audien dapat menerima kita dengan baik karena selain kita menyampaikan topik dengan baik, kita juga memberikan pencerahan atau motivasi dari kacamata Islam yang baik pula.

    Kedua,kita akan mempelajari ilmu manajemen. Manajemen yang kita pelajari ada 2, manajemen berdasarkan syariat Islam dan manajemen umum. Jadi bisa dikatakan sangat lengkap ilmu manajemen yang kita pelajari.

    Nah itu sedikit ulasan dari saya, saya sampaikan lagi jika kita berkuliah di UIN maka bukan hanya ilmu umum saja yang kita dapat, namun ilmu agama juga kita dapat. Jangan malu ya berkuliah di UIN. Mereka yang tidak tahu dan tidak suka dengan kita pasti akan selalu melecehkan kita.

    Untuk prospek kerja, kita bisa kemanaja saja. Karena kita memperlajari manajemen, baik itu di swasta maupun negeri, entah itu di instansi umum ataupun istansi keagamaan. Jangan pernah terpaku dengan hitam di atas kertas (ijazah/nilai/tittle/kampus), karena yang membuat kita bisa sukses adalah diri sendiri, usaha dan doa.
    Rajinlah beribada kepada Allah, karena Dia-lah kita bisa sukses.
    Berbuat baiklah terhadap orang tua, restu mereka yang bisa membuat kita sukses.
    Sayangilah antar sesama dan lingkungan, karena doa mereka pula kita bisa sukses.

    Belajar dimana saja asalkan suka, jangan berhenti sebelum apa yang diinginkan didapat.

    Siapa yang menginginkan dunia, maka harus dengan ilmu.
    Siapa yang menginginkan akhirat, maka dengan ilmu.
    Siapa yang menginginkan kedua-dua nya, juga dengan ilmu.

    Jika kita belajar ilmu agama maka dunia kita dapatkan pula.
    Jika kita belajar ilmu dunia, belum tentu akhirat kita dapatkan.

    Wassalamu'alaikum

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wallaikumsallam kak, wah trimaksih banyak kak. Semoga bisa terjawab atas pertanyaan rekan-rekan diatas tentang Manajement Dakwah, Amin...

      Hapus