6+ TIPS Lolos Tanpa Bimbel di Fakultas Kedokteran UGM

Tanpa Bimbel Bisa Tembus Fakultas Kedokteran UGM


FaktaKampus.Com- Menjadi seorang Dokter memang idaman bagi setiap orang, bahkan kabarnya seorang dokter kerap mendapat julukan sebagai manusia setengah dewa, yang dapat menyembuhkan segala penyakit.
 
Sebenarnya menjadi mahasiswa kedokteran bukan lah hal yang sulit, namun saingan untuk menjadi seorang mahasiswa kedokteran lah yang memerlukan perjuangan ekstra, tidak hanya giat belajar namun kita harus mengatur strategi agar dapat tembus dan lolos menjadi seorang mahasiswa kedokteran. 
Baca Juga: 6 Prospek Kerja Jurusan Kedokteran yang Menjanjikan!

Terlebih di kampus yang ternama seperti UGM, selain menjadi kampus idaman, Fakultas Kedokteran UGM juga merupakan fakultas dengan peminat terbanyak ketika ujian masuk. Tak hanya memiliki fasilitas yang berstandar internasional, FK UGM juga mengkoleksi berbagai macam prestasi tingkat internasional dan termasuk dalam jajaran Top World University dengan subjek medicine.
 

Tips dan Trik Tanpa Bimbel Lolos Fakultas Kedokteran UGM


Berikut adalah tips dan trik yang Saya terapkan agar dapat lolos menjadi mahasiswa kedokteran, diantaranya adalah :

Doa


Ya benar, Doa merupakan salah satu cara termudah untuk mendapatkan sesuatu yang kita inginkan, namun doa yang kita panjatkan haruslah ikhlas dan penuh kepasrahan kepada Allah SWT, tak hanya doa ketika sholat wajib saja namun doa dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun, karena semakin banyak kita memohon kepada Allah SWT maka semakin terbuka lebar pintu kesempatan kita untuk mewujudkan keinginan. Tak hanya doa, berdzikir dan menyebut nama-nama baik Allah SWT juga dapat kita lakukan untuk menyempurnakan doa-doa kita.

Restu Orang Tua


Restu orang tua sangatlah penting didalam kehidupan sehari-hari kita terutama untuk pemilihan jurusan, terkadang banyak anak dan orangtua tidak sependapat dalam pemilihan jurusan, oleh karena itu jika kalian bersungguh-sungguh ingin menjadi seorang dokter maka yakinkanlah orangtua kalian bahwa kalian bisa mewujudkan cita-cita kalian menjadi seorang dokter dan alasan kalian untuk menjadi seorang dokter.
 

Latihan, Latihan, dan Latihan


Latihan itu sangat diperlukan sekali, disini lah kalian harus menggunakan strategi untuk menguasai materi yang akan di ujikan. Tidak semua materi dari kelas 10 hingga kelas 12 akan diujikan, mungkin akan terdapat beberapa bab saja yang akan di ujikan dengan bobot dan jumlah soal dari tiap sub bab berbeda. 

Cari kelemahan kalian, kuasai kelemahan kalian jika waktunya masih memungkinkan, namun apabila kalian hanya memiliki waktu singkat untuk belajar maka perdalam lah bab - bab yang kalian yakini bisa dikerjakan, jangan bernafsu untuk mengerjakan semua soal-soal pada ujian, cukup kuasai bab - bab yang kalian bisa dan perdalam soal - soal dengan berbagai tipe.
 
Terutama untuk Tes Potensi Dasar, disitu kalian dapat menabung nilai sebanyak-banyak nya maka dari itu selain mendalami akademik kalian juga harus memperkaya latihan di TPA.
 
Untuk soal bahasa, kalian harus giat berlatih mengasah kepekaan kalian, karena soal-soal yang dikeluarkan pada umumnya adalah tentang gagasan utama dan kawan-kawannya, untuk itu ketika kalian sudah terbiasa untuk mengerjakan tipe soal yang sama maka peluang untuk memilih jawaban yang benar akan semakin besar, di dalam soal-soal bahasa juga memiliki nilai yang tidak kalah membantunya dengan nilai pada soal akademik dan TPA, namun kerap kali di kesampingkan dan dianggap remeh, walaupun sebenarnya soal bahasa ini lumayan sulit serta memakan banyak waktu untuk menyelesaikannya.
 

Perdalam Soal 5 Tahun Lalu


Dalam beberapa ujian masuk, terurama yang diadakan di UGM kebanyakan soal yang di keluarkan adalah soal-soal tahun lalu, ada yang mirip dan ada juga yang di modifikisai tetapi tipe nya sama. Jadi perdalam lah soal-soal ujian masuk tahun-tahun sebelumnya.
 

Perbanyak Kosa Kata


Untuk pengerjaan soal-soal bahasa inggris mungkin akan banyak soal tentang sinonim ataupun antonim, tidak hanya itu kosa kata juga seringkali muncul pada soal-soal TPA, sehingga sangat disarankan sekali untuk memperbanyak perbendaharaan kata.
 

Hidup Sehat


Sebagian besar dari mereka yang akan mengikuti ujian masuk universitas akan melupakan bagian terpenting yaitu kesehatan, hal ini dikarenakan mereka belajar hingga larut adapula yang rela tidak tidur untuk belajar dan ketakutan akan segala sesuatu yang mungkin terjadi di hari h seperti lupa rumus dan lain sebagainya.

Padahal semestinya kalian harus cukup istirahat dan makanan bergizi agar tidak jatuh sakit sewaktu tes dan agar hasilnya maksimal, selain itu kalian harus tetap optimis ketika mengerjakan ujian dan tidak perlu memusingkan akan seperti apa hasilnya, karena hasil tidak akan mengkhianati usaha .
Dan jangan lupa untuk berolahraga, olahraga sangat diperlukan, selain untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh, olahraga juga dapat melancarkan sirkulasi darah sehingga kita akan lebih mudah memahami materi yang dipelajari.
 
Sekian tips dan trik yang dapat Saya bagikan kepada kalian calon mahasiswa kedokteran. Tips dan trik ini Saya rangkum berdasarkan pengalaman Saya dan kawan-kawan ketika mengikuti ujian masuk universitas, dimana kala itu Kami tidak mengikuti bimbingan belajar (bimbel) dalam waktu yang sangat singkat, kurang lebihnya belajar salama sebulan. Penulis dalam artikel ini adalah Adelvira Subyakto yang saat ini menjadi Mahasiswa di Fakultas Kedokteran UGM. Semoga bermanfaat, jangan lupa baca juga tulisan lainnya;
  1. 22+ SEKOLAH Ikatan Dinas di Indonesia Lengkap
  2. 8+ Perguruan Tinggi Ikatan Dinas Jurusan IPS Yang Jadi PNS
  3. 9+ PROSPEK Kerja Jurusan Kesehatan Masyarakat Yang Menjanjikan!
  4. 8+ [PROSPEK] Kerja Jurusan Farmasi Yang Paling Menjanjikan!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6+ TIPS Lolos Tanpa Bimbel di Fakultas Kedokteran UGM"

Posting Komentar