Universitas Terbuka (UT) dan 8 Fakta Yang Harus Kamu Baca!

Universitas Terbuka

FaktaKampus.Com- Mungkin banyak yang belum mengetahui Universitas Terbuka (UT), dengan adanya lomba menulis ini saya akan menjelaskan mengenai universitas terbuka. Universitas sangatlah terkenal dikalangan para pegawai dan pejabat namun sayangnya Universitas Terbuka tidak terlalu terkenal di kalangan siswa SMA/SMK/MA yang akan melanjutkan kuliah.
Jadi saya sangat berterimakasih kepada penyelenggara lomba karena dengan adanya lomba ini dapat meningkatkan kreatifitas mahasiswa untuk membudayakan menulis dan tentunya membantu adik-adik yang akan melanjutkan kuliah agar memiliki banyak informasi yang banyak tentang kampus di Indonesia dan memilih kampus tanpa harus mengikuti teman.

Universitas Terbuka


Universitas terbuka merupakan Perguruan Tinggi Negri ke 45 yang di lantik pada 8 september 1984 yang pada tahun ini telah berumur 33 tahun.Secara akreditasi hampir semua jurusan memiliki akreditasi “B” Dan ada pula yang memiliki akreditasi “A”.UT telah menerapkan sistem belajar jarak jauh dan bagusnya lagi UT mengirimkan buku dan CD secara gratis kepada mahasiswa sehingga mahasiswa bisa belajar mandiri baik menggunakan media cetak maupun elektronik.

Fakta-Fakta Universitas Terbuka


Adapun fakta terunik yang kalian harus ketahui tentang Universitas Terbuka antara lain sebagai berikut :
  1. Mahasiswa dapat kuliah sambil kerja karena Universitas Terbuka menyelanggarakan pertemuan atau biasa kami sebut TTM (Tutorial Tatap Muka) yaitu pertemuan 2 kali dalam seminggu yaitu hari sabtu dan minggu,dengan mengikuti TTM kamu sudah mendapatkan 40% dari nilaimu.
  2. Uniknya jika siswa tidak menginginkan ikut TTM maka mahasiswa dapat mengikuti diskusi dan mengerjakan tugas lewat onlineatau biasa kami sebut TUTON (Tutorial Online) dan mahasiswa mendapatkan 30% dari nilaimu.
  3. Mengikuti TTM atau TUTON dapat membantu memperbaiki nilai UAS mu yang harus kamu capai 35 % dari jumlah soal.
  4. Mungkin kalian bertanya apakah pembayarannya mahal? oh… tentunya murah diantara universitas lain,bayangkan pembayaran untuk semester pertama hanyalah Rp.1.300.000 (Satu Juta Tiga Ratus Rupiah) tanpa ada lagi pembayaran apapun.
  5. Mendapatkan buku dan CD gratis untuk memenuhi kebutuhan belajar,sehingga mahasiswa dapat membiasakan diri belajar madiri.Mahasiswa yang menyukai membaca buku dapat belajar melalui buku gratis yang diberi namun jika lebih menyukai mendengar dan melihat maka siswa dapat  memutar CD yang diberi.
  6. Di universitas terbuka siswa tidak membuat skripsi tetapi memiliki Tugas Akhir Program (TAP) dan uji akhir,ini yang membedakan universitas terbuka dengan universitas lainnya,
  7. Universitas telah mencetak lulusan sarjana dan hampir semua alumni telah bekerja dan sukses dibidangnya masing-masing.
  8. Dalam acara hitam putih tim Trans 7 mengundang Alumni UT yang telah memiliki 29 gelar dan hampir seluruh gelarnya ia dapat karena kuliah di UT,ilmunyapun tidak diragukan lagi,ia sukses dengan berbagai bidang yang ia belajar dari UT.
Mungkin banyak yang takut bahwa Universitas Terbuka adalah universitas abal-abal.SAYA KATAKA TIDAK. Universitas Terbuka merupakan salah satu universitas negeri di Indonesia, dan anda masih ragu akan ilmunya??. Saya terangkan lagi bahwa universitas terbuka telah terdaftar di kementrian riset, teknologi dan informasi. So..tunggu apalagi adik-adikku dan kakakku yang ingin melanjutkan kuliah segera mendaftarkan diri kalian.Jika kalian masih bingung kalian bisa mencari informasi lengkap melalui website www.ut.ac.id .

Di Universitas Terbuka memiliki 4 Fakultas antara lain FE (Fakultas Ekonomi), Fakultas FHISIP (Fakultas Hukum, Ilmu Sosial, Dan Ilmu Politik), Fakultas FKIP (Fakultas Keguruan Pengetahuan), FMIPA (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam ).

Saya merupakan salah satu mahasiswa yang mengambil fakultas FHISIP (Fakultas Hukum,Ilmu Sosial, Dan Ilmu Politik) dimana fakultas ini lebih ke pekerjaan perkantoran dan faktanya fakultas FHISIP dapat mendaftarkan diri anda tanpa harus ganggur satu tahun seperti fakultas Ilmu FKIP (Fakultas Keguruan Pengetahuan) untuk mendapatkan SK Honor.

Disini kalian bisa belajar sambil bekerja sebagai honor disebuah perkantoran yang sesuai dengan program yang kalian pilih.Dan saya mengambil Jurusan Ilmu Perpustakaan yang akreditasinya adalah “B”, yang harus kalian ketahui lulusan ini sangat dibutuhkan jika kalian melihat di internet tentang lowongan pegawai perpustakaan maka banyak sekali sehingga kalian tidak perlu takut mengambil jurusan perpustakaan dan semua yang dipelajari sesuai dengan standar yang diterapkan setiap perpustakaan.

Persyaratan Menjadi Mahasiswa Universitas Terbuka

 
Adapun persyaratan untuk masuk UT adalah fotocopy ijazah dan SKHU jika belum memiliki ijazah bagi siswa yang baru lulus SMA maka boleh menggunakan SKHU sementara, fotocopy KTP, Pas Photo 4x6 satu lembar berwarna,dan uang pendaftaran 150 ribu.
 
Mudah dan tidak diragukan lagi.
 
Luruskan stigma yang salah tentang Universitas Terbuka di mata masyarakat. Ayo membangun generasi yang cerdas dan berkualitas. Penulis dalam artikel ini adalah Wihdatul Ulfa yang saat ini menjadi salah satu Mahasiswi di Universitas Terbuka. Semoga bermnafat.

Subscribe to receive free email updates:

19 Responses to "Universitas Terbuka (UT) dan 8 Fakta Yang Harus Kamu Baca!"

  1. Universitas terbuka adalah salah satu universitas yang sangat menarik, sebab kita masih dapat bekerja walaupun sedang kuliah. Keren . Jadi tertarik :)

    BalasHapus
  2. Iya jika ada pertanyaan tentang UT sya siap membantu 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak, akreditasi universitas untuk UT apa? Yang tertera cuman akreditasi untuk prodi. Sedangkan akreditasi untuk universitas tidak di jelaskan. Mohon bantu penjelasannya. Karena klo tidak ada akreditasi universitas berarti tidak bisa untuk mengikuti tes CPNS. Terimakasih

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. apakah ada jurusan manajemen bisnis?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada..lihat di katalog website www.ut.ac.id

      Hapus
  5. Benar2 universitas negri bukan abal2kan?

    BalasHapus
  6. Benar kok
    Bukan universitas abal2 seperti universitas lainnya
    Bahkan orang luat negeripun banyak yang mendaftarkan diri belajar di universitas terbuka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada jurusan pg paud pg sd juga 😊

      Hapus
    2. Ka kalow saya kan baru masuk sistemyya non ttm apakah bisa saya mengajukan untuk ttm . Aku jadi bingung ini ngha tertarik sama tuton

      Hapus
  7. kak apakah ijazah UT bisa buat cari kerja untuk pemula?? ,aksudnya orang yang belum bekerja ?? firanurfitriana@yahoo.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dek
      Apalagi universitas terbuka adalah perguruan tinggi negeri jadi tidak diraguan oleh perusahaan ataupun tempat kerja adek lamar

      Hapus
  8. saya alumni dari Universitas Terbuka... meskipun bberapa masyarakat yang memiliki stigma negatif terhadap UT, tapi di dunia kerja ijazah UT diakui kok... Buktinya saya, saat ini saya bisa menduduki jabatan Spv. HUman Resource Development di perusahaan swasta di Surabaya.. Teman saya ada juga yang bisa bekerja di Kantor Pajak...

    Dengan senang hati buat pembaca yang mau tanya-tanya tentang UT, bisa menghubungi saya via wa di 085655807424...

    BalasHapus
  9. Iya benar kak
    Banyak yang stigma negatif padahal kualitas universitas terbuka telah diakui oleh perusahaan yang terkenal
    Jadi nggak perlu ragu lagi ya kak @YUDHI ANDREY

    BalasHapus
  10. Kak itu daftarnya langsung ke kampusnya ya?

    BalasHapus
  11. Mia timur :dilakukan di UPBJJ(Unit Program Belajar Jarak Jauh)disekitar,kalau mau tahu informasi lengkap silahkan lihat di website ut.ac.id atau https://www.google.co.id/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://www.ut.ac.id/upbjj-ut&ved=2ahUKEwiX_Yz6lezcAhUOX30KHdcPCnwQFjALegQIBBAB&usg=AOvVaw2EdHBNv-Jo47uuRa2d6NVc

    BalasHapus
  12. Akreditasi universitas terbuka apa? Yang tertera cuma akreditasi prodi. Tolong di jelaskan untuk pendaftaran CPNS. Trimakasih

    BalasHapus