26+ Alasan Menjadi Mahasiswa UPI yang Harus Kamu Ketahui!

UPI (Universitas Pendidikan Indonesia)


FaktaKampus.Com- Pernah denger UPI? UPI atau lengkapnya Universitas Pendidikan Indonesia adalah salah satu perguruan tinggi negeri yang berada di Jawa Barat, khususnya kota Bandung. Siapa sih yang ga tau kota Bandung, kota yang terkenal dengan julukan kota kembang itu loh. Kota dengan sejuta pesonanya ini selain merupakan pusat bisnis, kuliner, pariwisata layaknya Jakarta, juga merupakan kota dengan pendidikan yang dapat dikatakan maju. Mengapa demikian? Di bandung terdapat banyak sekali perguruan tinggi baik itu negeri maupun swasta yang terkenal sampai ke seluruh penjuru Indonesia. Diantaranya ada ITB, UNPAD (Bandung), UPI, dan berbagai kampus lainnya. 
Baca Juga: 7 Fakta Menarik Univeritas Pendidikan Indonesia

Penulis adalah mahasiswa UPI, maka dalam tulisan ini penulis hanya akan menyampaikan beberapa fakta yang pernah penulis alami sendiri, dan barangkali akan menjadi referensi bagi pembaca sekalian terutama bagi adik – adik yang akan meneruskan sekolah ke jenjang perguruan tinggi baik itu dari SMA, SMK, maupun MA.

Kembali lagi ke pokok pembicaraan kita diawal, apa sih yang terbesit dalam pikiran kita ketika kita membicarakan tentang UPI? Apakah kampus dengan gedung – gedungnya yang megah? Fasilitas – fasilitas yang menunjang serta pilihan jurusan yang lengkap saja? Atau ada hal – hal lainnya? 

Ya, UPI adalah kampus yang memiliki itu semua, ga percaya? Mari kita buktikan dengan pembahasan mengenai 26 Alasan yang Membuatmu Tertarik Menjadi Mahasiswa UPI (Univeritas Pendidikan Indonesia).

Fakta-Fakta UPI (Univeritas Pendidikan Indonesia) 


Hanya UPI kampus yang anti- main stream tidak menjadi Universitas Negeri Bandung. 

Ya ini yang paling terpenting, UPI satu – satunya kampus di indonesia yang bisa dikatakan memiliki keanehannya tersendiri. Jika kita telaah nama – nama perguruan tinggi di Indonesia kebanyakan menggunakan nama ‘Universitas Negeri’ semisal UNY (Universitas Negeri Yogyakarta), UNJ (Universitas Negeri Jakarta), ada juga yang menggunakan nama ‘Institut’ seperti ITB (Institut Teknologi Bandung), ITS (Institut Teknologi Sepuluh November), IPB (Institut Pertanian Bogor), dan sebagainya. Lalu, di Indonesia sendiri saat ini tidak ada kampus yang menyematkan kata ‘Pendidikan’ dalam nama kampusnya, kecuali UPI. 

UPI berasal dari salah satu eks- fakultas UNPAD

Ya Upi adalah eks- FIKIP UNPAD yang kemudian memisahkan diri dan menjadi kampus mandiri bernama IKIP (Institut Keguruan Ilmu Pendidikan) pada tahun 1963, serta sekarang dikenal dengan sebutan UPI (Universitas Pendidikan Indonesia) sejak tahun 1999. 

UPI adalah perguruan tinggi multi kampus

UPI memiliki 6 kampus yang letaknya tersebar di 2 provinsi yaitu Jawa Barat dan Banten. Perinciannya 1 kampus di daerah ledeng (Kampus BUMSIL) dekat lembang yang merupakan kampus utama, serta 5 kampus daerah yang berada di Kabupaten Tasikmalaya, Purwakarta, Serang, Sumedang dan Cibiru. 

UPI adalah kampus yang memiliki sekolah dalam berbagai jenjang dari mulai PAUD hingga perkuliahan

Kampus ini tercatat hingga saat ini memiliki 8 fakultas, 5 kampus daerah, Sekolah Pasca Sarjana dan Sekolah Laboratorium atau yang lebih dikenal Lab School. Kedelapan fakultas tersebut meliputi; FIP (Fakultas Ilmu Pendidikan), FPIPS (Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial), FPBS (Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra), FPMIPA (Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam), FPTK (Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan), FPOK (Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan), FPEB (Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis), sertaFPSD (Fakultas Pendidikan Seni dan Desain). 

Dari delapan fakultas tersebut ada sekitar 61 jurusan strata s1 dan d3. Selain ada itu juga, di UPI sendiri ada 5 Kampus daerah seperti pada pembahasan sebelumnya, lalu ada Sekolah Pascasarjana (strata S2), dan Lab School UPI. 

UPI merupakan salah satu kampus bersejarah di Indonesia

Hal tersebut dapat diketahui dari keberadaan gedung ISOLA sebagai simbol kampus ini. ISOLA merupakan bangunan peninggalan belanda yang awalnya merupakan Villa pribadi milih seorang Indo-Belanda. Usut punya usut gedung ini menyimpan misteri yang dapat dikatakan menyeramkan, penasaran? Nantikan pembahasannya dalam artikel penulis berikutnya yang berjudul‘UPI Undercover’. 

UPI memiliki salah satu masjid termegah dan terindah se-Asia Tenggara

Layaknya kampus – kampus lainnya, UPI pun memiliki tempat peribadatan, terutama masjid. Masjid yang bernama Al Furqan ini selain merupakan tempat ibadah, juga dikenal sebagai pusat kajian islam. Hampir setiap hari pada sore hari selalu diadakan kajian baik itu oleh pengurus masjid, maupun oleh UKM – UKM yang ada di UPI sendiri. 

UPI, satu – satunya kampus di Jawa Barat yang memiliki museum di dalamnya.

Pernah mendengar Museum Pendidikan Nasional? Ya, museum tersebut berada di dalam kawasan kampus UPI. Di dalam museum tersebut terdapat berbagai hal termasuk tentang sejarah pendidikan nasional negara kita yang dapat digunakan sebagai sumber belajar dan pembelajaran. 

UPI memiliki Fasilitas Olahraga yang lengkap serta Kolam Renang berstandar Internasional

Selain terdapat pusat kajian islam, masjid, dan Museum Pendidikan Nasional, di UPI juga terdapat beberapa fasilitas penunjang lainnya diantaranya sarana dan prasarana olahraga. Dalam kawasan ini terdapat Stadion UPI, gedung Gymnasium, Kolam renang berstandar internasional, lapangan tenis indoor, Sport Hall, lapangan softball dan baseball, lapangan bola voli, basket, dan tenis. 

UPI merupakan salah satu kampus terluas dan terbesar di Jawa Barat

Dengan luas ± 61 ha UPI tentunya merupakan salah satu kampus besar di Indonesia terutama di daerah Jawa Barat. 

Sebagai penunjang aktivitas mahasiswa UPI menyediakan gedung PKM

Gedung PKM (Pusat Kegiatan Mahasiswa) merupakan salah satu bangunan yang berada di lingkungan kampus UPI. Gedung ini merupakan tempat berkumpulnya UKM – UKM serta himpunan himpunan mahasiswa seluruh jurusan di UPI. Setiap hari di gedung tersebut dari mulai pukul 7 pagi hingga pukul 9 malam selalu penuh dengan berbagai kegiatan mahasiswa, baik itu rapat, kajian, dan sebagainya.

Kampus UPI Bumsil memiliki letak yang strategis

Kampus UPI Bumsil terletak di Ledeng, dekat Lembang yang merupakan destinasi favorit bagi warga Bandung, dan luar Bandung setiap akhir pekannya. Selain itu juga, kampus UPI Bumsil berdekatan dengan masjid Agung DT (milik Aa Gymnastiar atau yang lebih dikenal dengan panggilan Aa Gym). Kemudian jika kita ingin berwisata kuliner ataupun jalan – jalan ke pusat kota Bandung, kita dapat menjangkaunya hanya dengan sekali atau dua kali naik angkot. 

UPI merupakan kampus yang sangat religius

Tahukah kamu bahwa UPI merupakan kampus yang sangat religius? Hal ini dapat dibuktikan dari diwajibkannya mahasiswa yang mengontrak mata kuliah PAI untuk mengikuti kegiatan tutorial PAI dan SPAI setiap akhir pekannya yaitu pada hari sabtu dan minggu. Selain itu juga, mahasiswi UPI banyak yang mengenakan hijab. Untuk agama lain pun, UPI memfasilitasinya dengan mengadakan pendidikan agama sesuai agama yang dianut mahasiswanya masing - masing. 

Nama UPI sering dipelesetkan oleh orang–orang

Ada yang mengatakan UPI itu sebagai Universitas Pesantren Indonesia, mungkin karena begitu religiusnya UPI. Selain itu ada juga yang memelesetkan nama UPI menjadi Universitas Pilihan Ibu. Entah mengapa bisa dikatakan demikian. Hehe

UPI memiliki beberapa tempat favorit yang dikunjungi oleh mahasiswanya

Selain gedung – gedung yang menjulang tinggi, UPI juga dibekali dengan taman – tamannya yang luas nan indah, ada taman partere (kolam cinta), KOPMA BS yang merupakan tempat favorit bagi mahasiswa yang kelaparan atau hanya untuk nongkrong sambil mencari wi-fi. Selain itu ada juga kantin Pasca yang merupakan tempat favorit bagi mahasiswa maupun dosen di kala siang hari. 

Setiap akhir pekan banyak masyarakat umum yang mengunjungi UPI juga loh, terutama bagi mereka yang akan berolahraga di stadion UPI, gelanggang renang yang bertaraf internasional, maupun lapangan tenis. Untuk masuk ke stadion UPI kita hanya perlu mengeluarkan uang 2 ribu saja, sedangkan untuk masuk ke gelanggang renang hanya 5 ribu saja. 

UPI tahun 2016 lalu menjadi salah satu venue perhelatan PON ke-19 di Jawa Barat

Pada saat PON ke- 19 bergulir di Jawa Barat tahun lalu, UPI memegang peranan penting dalam terselenggaranya pesta olahraga se-indonesia tersebut. Banyak cabang yang dipertandingkan di kampus ini diantaranya lomba renang, akuatik, soft ball, dan sebagainya.

UPI merupakan salah satu kampus dengan peminat banyak dalam SNMPTN dan SBMPTN serta SM UPI beberapa tahun ini

UPI sejak beberapa tahun lalu menjelma menjadi kampus yang diinginkan oleh sejumlah calon mahasiswa baru, karena selain menyelenggarakan program pendidikan, UPI juga menyelenggarakan program non-pendidikan yang diperuntukan bagi mereka yang tidak mau menjadi guru. Jumlah siswa SLTA yang memilih UPI dalam SNMPTN tahun 2017 berada pada kisaran 16.322 pendaftar, dan dalam SBMPTN ada sekiatar 18.781 pendaftar. 

Selain melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN UPI juga membuka jalur mandiri. Begitu banyaknya animo dari calon mahasiswa selain dapat dibuktikan melalui jalur masuk SNMPTN dan SBMPTN, tapi juga dapat dibuktikan dari banyaknya animo siswa SLTA yang mencoba peruntungannya melalu SM UPI. Untuk SM UPI tahun 2017 ini  saja ada sekitar 9029 pendaftar. Jadi kalau kita totalkan ada sekitar 44. 132 pendaftar. Dari 44 ribuan tersebut ada sekitar 7.883 orang saja yang diterima di UPI. Wow lumayan ketat ya, tapi jangan berkecil hati tetap semangat ya bagi yang mau melanjutkan ke UPI. 

UPI merupakan destinasi favorit bagi pelamar beasiswa Bidik Misi

Ini hal yang sangat mencolok sekali, mengapa demikian? Karena dari hasil pencatatan LBM UPI (Lingkar Bidik Misi UPI) dari tahun ke tahun pendaftar Bidik Misi ke UPI selalu banyak dan berada di kisaran seribuan.

UPI merupakan kampus yang ramah bagi pendatang

UPI adalah kampus yang mahasiswanya bukan hanya berasal dari Bandung saja, melainkan dari berbagai daerah termasuk Jakarta, Tasikmalaya, Bogor, Garut, dan lain sebagainya. Bahkan mahasiswa yang berasal dari luar pulau jawa pun banyak sekali, ada yang berasal dari Papua, Lampung, Bangka Belitung, Nusa Tenggara. 

Untuk membantu mahasiswa pendatang UPI menyediakan Asrama yang dapat dihuni oleh mahasiswa yang berasal dari daerah jauh

Asrama yang ada di UPI terdiri dari asrama putra dan asrama putri yang dilengkapi dengan kantin yang dapat dikatakan megah. Harga sewa asramanya juga dapat dikatakan murah, yaitu sekitar 500.000 perorang untuk 1 bulan. 

Bagi yang tidak ingin menginap di asrama, tempat kostan adalah pilihan yang tepat

Selain ada asrama juga, di lingkungan sekitar UPI banyak juga kostan – kostan dari harga miring hingga harga tinggi yang dapat mahasiswa pilih. Beberapa diantaranya adalah Ledeng, Gerlong, Cilimus, Gerum dan Negla. Yang mana Gerlong dan Gerum merupakan tempat yang agak elit dibandingkan tempat lainnya. Mengapa demikian? Karena gerlong maupun Gerum merupakan daerah yang sangat strategis, yang mana disana terdapat banyak wisata kuliner, dan kostan – kostan yang dapat dikatkan megah. Sedangkan untuk wilayah yang memiliki kostan agak murah biasanya terdapat di daerah negla dan cilimus, tapi tetap itu semua tergantung luas kostan serta fasilitas – fasilitas yang dimilikinya. 

Jangan takut dengan anggapan Bandung kota mahal

Ya, ungkapan tersebut sering diucapkan orang – orang karena harga makanan dan tempat tinggal yang memang terbilang agak mahal. Tapi jangan khawatir masih ada kok tempat – tempat makan yang memiliki harga ringan bagi saku mahasiswa terutama mahasiswa pendatang dan mahasiswa Bidik Misi.

Salah satunya adalah warteg ‘pak akim’ yang berada di daerah Ledeng, entah mengapa ketika penulis makan disana dengan lauk serta sayuran tidak pernah lebih dari 10 ribu dalam satu kali makan. Belum lagi ada tempat makan lain di daerah gerlong juga yang menawarkan harga murah bagi mahasiswa dan umum, seperti warung nasi dekat gang masjid DT. Dengan uang 5 ribu saja kita sudah bisa menyantap sepiring nasi goreng polos. Murah bukan?

FPMIPA merupakan fakultas yang memiliki gedung paling luas dan megah

FPMIPA memiliki 3 gedung, yaitu FPMIPA A dan B yang letak berdekatan, serta FPMIPA C yang terletak dengan FPOK. Selain fakultas terluas juga, FPMIPA merupakan tempat favorit bagi mahasiswa yang mencari Wi-fi, terutama FPMIPA B selain KOPMA dan UPINET. 

Bagi kamu yang sangat mencintai kesehatan, tenang saja UPI menyediakan Poliklinik kok

Ya poliklinik UPI ini merupakan salah satu fasilitas yang UPI berikan bagi mahasiswanya yang membutuhkan penangan kesehatan dalam skala yang ringan hingga sedang. Bagi kalian yang sedang bermasalah dengan uang juga jangan takut untuk berobat dengan obat yang tak murahan, tinggal datang saja ke poliklinik UPI ini, gratis!!

Bagi kalian yang tidak suka atau kuat berjalan jauh, mungkin bisa menggunakan si hijau ini (kendaraan odong – odong)

Dalam rangka membuat mahasiswanya semakin betah, UPI baru – baru ini menyediakan kendaraan yang bernama si hijau untuk bisa mengelilingi UPI dengan tanpa dipungut biaya alias gratis. Meskipun diperuntukkan bagi mahasiswa, si hijau ini juga bisa dinaiki oleh khalayak umum loh. Lumayan bisa mengefektifkan waktumu kan? Hehe 

Bagi kalian yang suka Jejepangan pasti tidakakan asing dengan acara ini


Ya, siapa sih yang enggak tahu acara Japanzuki Show ini? Acara jejepangan ini merupakan acara tahunan yang diselengarakan oleh HIMABAJA (Himpunan Mahasiswa Bahasa Jepang), yang mana dalam acara ini kita bakalan disuguhin dengan penampilan – penampilan bintang tamunya yang kece. Acara ini termasuk acara terbesar di UPI yang menyedot penonton dalam jumlah yang tak sedikit, bisa mencapai ribuan orang. 

Kuliah di UPI tidak melulu nantinya menjadi guru loh

Mungkin banyak yang bertanya apakah iya lulusan UPI itu selalu berujung dengan menjadi guru? Banyak anggapan yang mengira bahwa lulusan UPI selalu berujung menjadi guru, padahal faktanya enggak selalu loh! Enggak percaya? Tahu ceu popong kan? Iya itu loh anggota DPR RI yang udah senior banget. Ternyata beliau lulusan UPI juga. Jadi masih ragu gabung UPI? 

Itulah sekilas beberapa fakta Wow UPI (Univeritas Pendidikan Indonesia) yang akan membuatmu tertarik berkuliah disana. Jadi apakah kalian masih ragu untuk menuntut ilmu di UPI? Ayo bergabung dengan kami civitas academica UPI. Penulis dalam artikel ini adalah Restu Pangestika, yang saat ini menjadi Mahasiswa UPI angkatan 2015.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "26+ Alasan Menjadi Mahasiswa UPI yang Harus Kamu Ketahui!"

Posting Komentar