4+ FAKTA Mahasiswa Sosiologi Yang Harus Kamu Ketahui!

Mahasiswa Sosiologi


FaktaKampus.Com- Hay teman-teman, masih SMA? pasti lagi galau-galaunya kuliah dimana bingung mau ngambil jurusan apa? Kalo teman-teman orangnya pediem, cuek, jarang bersosialisasi dan tidak terlalu bisa berbicara didepan umum ayok masuk sosiologi, dan untuk teman-teman yang suka bergaul, dekat dengan masyarakat,anak orang menengah ke atas dan kebawah ayok masuk sosiologi karena sosiologi tidak memandang teman- teman dari golongan mana saja yang penting tetap kompak dan solid karena di program studi sosiologi menganjurkan kita untuk selalu peka terhadap individu maupun masyarakat dan kita dituntut untuk bisa berbicara didepan umum jadi yang pendiem akan akan tidak pendiem lagi dan yang sudah pandai berbicara didepan umum akan lebih pandai lagi.

Baca Juga: 11 Peluang Kerja Jurusan Sosiologi Murni yang Menjanjikan

Jurusan Sosiologi

Program studi Sosiologi berada dalam Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, jurusan sosiologi murni bertujuan mencetak ahli sosial yang mampu mendeteksi gejala-gejala sosial yang terjadi di masyarakat dengan kemampuan analisis yang tajam dan memberikan solusinya sesuai dengan teori-teori yang dipelajarinya dengan lebih mendalam dan sama sekali tidak ada mata kuliah keguruan.

Jurusan Sosiologi Murni

Di sosiologi murni lebih diajarkan bagaimana cara penulisan ilmiah, penelitian sosial, menganalisis kebijakan, dan lain-lain. Gelar S1 jurusan sosiologi adalah S.Sos kalau teman-teman masuk sosiologi teman-teman akan lebih banyak diskusi, terjun lapangan eittss,, terjun lapangan disini bukan terjun lapangan bola, basket, volly atau lapangan lainnya tapi terjun lapangan itu belajar di luar kelas seperti pergi kedesa- desa dengan tujuan menggali informasi masalah apa saja yang di hadapi masyarakat di pedesaan. Jadi mahasiswa sosiologi itu harus peka terhadap masalah sosial jangan pekanya sama doi saja hehe.

Fakta-Fakta Mahasiswa Jurusan Sosiologi


Sebagai penjelasan lebih lengkapnya apasaja fakta yang dialami Mahasiswa Sosiologi, berikut adalah ulasannnya;

Mahasiswa Sosiologi Easy Going

Mahasiswa sosiologi itu bergaul dengan siapa saja tidak membeda-bedakan teman, tetap kompak baik laki-laki maupun perempuan , dekat dengan masyarakat desa maupun masyarakat kota, ramah pada orang lain baik yang baru dikenal maupun yang sudah lama dikenal lama karena mahasiswa sosiologi itu ramah sama semua orang makanya temannya ada dimana-mana dimana dia berpijak disana dia menemukan teman baru.


Mahasiswa Sosiologi Peka Fenomena Sosial

Jadi mahasiswa sosiologi itu harus peka terhadap fenomena sosial harus update dan mencari tahu penomena apa yang sedang terjadi baik di lingkungan keluarga, masyarakat dan pemerintahan kemudian mengkaji fenomena tersebut dengan teori- teori tokoh sosiologi Serunya kuliah di jurusan sosiologi yaitu hampir seluruh mata kuliah mempelajari teori-teori mengenai realita dalam kehidupan sosial, membuat suatu perencanaan kebijakan sosial dalam memecahkan masalah sosial dimasyarakat, mengasah kemampuan analisa dalam melihat suatu masalah sosial, melakukan penelitian sosial guna melihat kenyataan dilapangan, dan lain-lain.

Mahasiswa Sosiologi Suka Blusukan

Blusukan disini bukan berarti blusukan karena mau jadi gubernurya tetapi blusukan disini yaitu pergi ke tempat-tempat yang ada masalah sosialnya seperti ke desa-desa terpencil yang tidak pernah tersentuh oleh kemajuan teknologi seperti sekarang ini, kita disana sebagai mahasiswa sosiologi dan sebagai agen perubahan (agen of change) berkontribusi kepada masyarakat untuk mencari jalan keluar atas permasalahan yang di alami, dengan kata lain kita mengabdi kepada masyarakat dan mencari jalan keluar atas permasalahan mereka seperti mengajar membaca kepada masyarakat yang buta hurup, membuat program yang bisa meningkatkan ekonomi masyarakatdengan memanfaatkan potensi yang ada di masyarakat tersebut.

Bisa Bekerja Dimana Saja

Nanti kalau teman-teman lulus dari program studi sosiologi teman-teman akan mendapat gelas S.Sos. karena sosiologi ilmunya luas jadi teman- teman bisa kerja dimana saja seperti di istansi pemerintahan, kementerian, perkantoran, dosen, bidang sosial dan lain-lain.

Nah itu dia fakta jurusan sosiologi yang buat teman-teman yang masih bingung mau ngambil jurusan apa pas kuliah atau buat teman- teman yang pingin tahu sosiologi itu kayak gimana yang pastinya jurusan sosiologi seru. Ayook masuk sosiologi. Penulis dalam artikel ini adalah Ririn Ayu Prastika. Trimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

9 Responses to "4+ FAKTA Mahasiswa Sosiologi Yang Harus Kamu Ketahui!"

  1. Sosiologi keterusterangan mas
    yarakat

    BalasHapus
  2. Keren min, semoga tetap jaya selalu salam socius

    BalasHapus
  3. Benar.. Setiap realitas di masyarakat sudah tersistematika oleh teori teori..
    Sosiologi sangat menarik apalagi kita bisa menjelaskan realitas sosial dengan teori yang ada..

    BalasHapus
  4. Sosiologi memang tidak terlalu menekankan pada pemecahan atau jalan keluar nasalah madalah sosial, namun berupaya menemukan sebab sebab terjadinya masalah itu. Usaha untuk mengatasi masalah sosial mungkin berhasil apabila didasarkan pada kenyataan serta latar belakangnya.
    salam socious

    BalasHapus
  5. Jurusan sosiologi emang keren, gak segan2 berbaur dgn masyarakat dan gak mandang status sosial..TOP deh👍

    BalasHapus
  6. Pada dasarnya semua bidang kajian keilmuan dengan karakternya masing2 mampu membawa individu kearah keadaan khidupan, kemampuan serta status dan peran seseorang menjadi lebih baik. Persoalannya adalah bagaimana individu, kita sbg pelaku dalam lakon dr sebuah proses pencarian jati diri melalui ilmu pengetahuan mampu secara sadar utk brusaha mmperjuangkan diri kita utk mncapai kemampuan optimal yg arahnya adalah kebermanfaatn terhadap sesama manusia, makhluk hidup dan aspek penunjang kehidupan lainnya. Namun, berbicara tentang Ilmu Sosiologi, tentang keadaan masyarakat yg real dibentuk melalui interaksinya antar lapisan masyarakat. Sehingga secara tidak langsung dlm proses berhubungan antar masyarakat ini kemudian akan memunculkan banyak hal yg mampu membuat kita sebagai seorang penikmat ilmu sosiologi menyadari peran, kemampuan, kapasitas, kontribusi, serta lebih jauh memahami diri kita sendiri ini seperti apa dan mau bertindak atau menyikapi sesuatu keadaan dengan cara bagaimana kemudian kita menemukan alasan-alasan kenapa kita perlu melakukan hubungan serta tindakan dlm kehidupan bermasyarakat. Ilmu sosiologi itu kompleks, tapi bagi seorang yg belajar sosiologi mesti mampu menemukan jati dirinya dibidang kajian sosiologi seperti apa yg mampu membawanya pd kemapanan intelektualitas dan aktualitas dr keilmuannya.

    BalasHapus
  7. Bersosialisasilah yg baik dan benar, melalui sosiologi.

    BalasHapus