5 Fakta Jurusan PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar)

Jurusan PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar)


FaktaKampus.Com- Mendekati pelaksanaan Ujian Nasional bagi siswa tingkatan sekolah menengah atas pastinya sudah mulai memikirkan kemana mereka akan melanjutkan study mereka alias kuliah. Memilih Perguruan Tinggi atau Universitas menjadi salah satu masalah utama tetapi yang lebih penting lagi ialah memilih jurusan yang sesuai dengan diri dan keinginan mereka.
Baca Juga; 25 Tips Memilih Jurusan Kuliah yan Tepat

Nah, bagi kamu yang sekarang sudah kelas 12 SMA dan bentar lagi lulus, Amin.. pastinya bingung kan mau kemana setelah lulus? Dan setelah itu pasti kamu bertanya-tanya ‘mau kuliah dimana ya? Apa sih jurusan yang harus aku pilih?’ Kalau sudah seperti itu solusi yang paling tepat ialah kamu harus mencari informasi sebanyak-banyaknya, kemudian cari seluk-beluk tentang universitas dan jurusan yang akan kamu pilih agar nantinya kamu tidak akan menyesal guys.

Sejatinya semua jurusan itu baik dan tidak ada kata penyesalan karena semua itu kembali lagi pada niat awal masing-masing. Berdasarkan pengamatanku guys ada beberapa jurusan yang banyak diminati oleh para mahsiswa dan saat ini lulusan dari jurusan-jurusan tersebut sangat dibutuhkan dalam dunia kerja baik perusahaan maupun instansi pemerintah. Nah, salah satu dari beberapa jurusan tersebut ialah jurusan PGSD atau Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Fakta Menarik Jurusan PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar)


Muncul pertanyaan lagi, ‘Berarti nanti setelah lulus aku harus jadi guru SD ya?’ Perlu digaris bawahi kata harus ya guys, lulusan dari PGSD tidak menuntut kita untuk mengajar di SD. So, tenang aja guys. Kenapa? Yuk kita cari tahu alasan-alasan kita dianjurkan memilih jurusan PGSD.

Peluang Kerja Besar

Jurusan PGSD merupakan salah satu jurusan yang paling banyak peminatnya. Bahkan disemua universitas yang ada jurusan PGSD, jumlah mahasiswa di jurusan ini hampir mencapai 50% dari jumlah keseluruhan mahasiswa di universitas tersebut.

Tidak hanya menjadi jurusan yang paling banyak diminati tetapi jurusan ini mempunyai peluang kerja yang besar. Di tahun 2020-an tercatat banyak calon pensiun guru SD di seluruh Indonesia. Bayangkan aja guys, ada berapa desa di Indonesia? Wah tak terhitung ya! Dan kita tahu bahwa disetiap desa pasti ada Sekolah Dasar (SD). Tinggal pilih aja guys mau kerja di SD mana dan dijamin kamu gak akan kehabisan tempat mengajar guys hehe.

Jurusan ‘serba tahu’

‘Serba tahu? Ada banyak tahunya dong’. Eits! Bukan begitu maksudnya. Jadi, di PGSD kita tidak hanya fokus mempelajari satu ilmu pengetahuan saja tetapi kita akan mendapatkan berbagai macam ilmu pengetahuan. Ada ilmu hitung, sosial, kewarganegaraan, alam, seni, budaya, bahasa, psikologi, manajemen pendidikan, kewirausahaan dan masih banyak lagi. Keren kan guys kalau kita
bisa menguasai semua bidang ilmu.

Jurusan ‘serba ada’

‘Seperti mall aja ya serba ada’. Betul banget. Kadang saat kuliah kita merasa jenuh, bosan dan apapun yang membuat kita lelah saat kuliah. Miris ya? Tapi tenang aja, ada banyak hal yang sangat aku anjurkan untuk kamu ikuti.

PGSD merupakan miniatur dari Universitas hampir semua organisasi maupun club (ekstrakurikuler) yang ada di universitas pastinya ada di PGSD. Bahkan ada beberapa organisasi maupun club yang tidak ada di tingkat universitas, ada di jurusan PGSD. Keren kan? Bagi kamu nih yang aktif pramuka maupun PMR saat di SMA bisa dilanjutkan disini.

Dan pramuka maupun PMR atau PMI di PGSD sudah tidak diragukan lagi kualitas dan keahliannya karena disini mahasiswa dididik dan dilatih tentang keduanya agar ketika nanti terjun ke dunia kerja sudah mahir dalam bidang tersebut. Karena kita tahu bahwa di SD pasti kedua bidang tersebut dipakai dan diajarkan kepada siswa SD.

Tetapi jika kalian kurang minat di keduanya masih ada banyak club maupun organisasi. Ada tentang kerohanian, semua bidang seni, sastra, olahraga, memasak bagi yang suka atau ingin belajar masak, dan masih banyak lagi.

Dapat Pahala

‘Kok bisa dapat pahala?’ Iya lah, menjadi seorang guru adalah pekerjaan yang yang sangat mulia. Seorang guru tidak sekedar mengajar, memberikan materi tetapi seorang guru juga mendidik serta membimbing anak didiknya supaya kelak menjadi anak yang pintar, berguna bagi nusa dan bangsa. 

Membagikan ilmu kepada orang lain tidak akan mengurangi ilmu kita tetapi justru akan menambah ilmu juga pahala kita guys. ‘itung-itung untuk bekal nanti diakhirat hehe’. Betapa besarnya jasa seorang guru, kesuksesan kita semua tidak pernah lepas dari upaya guru dalam mendidik kita. Dan kita harus menyadari bahwa kita bisa sukses nantinya berawal dari pendidikan yang sangat dasar yaitu di Sekolah Dasar. Maka dari itu jangan menyepelekan guru SD. Hebat banget guys kalau kamu bisa jadi guru SD itu artinya kamu turut membantu langkah awal peserta didikmu untuk menata masa depan cerah mereka.

Bonus ‘Menantu Idaman’

Berbahagialah bagi kamu yang memilih kuliah dijurusan ini karena kamu adalah salah satu orang yang diidamkan oleh calon mertua. Bagaimana tidak? Kamu aja bisa mengajari, mendidik dan membimbing anak orang lain apalagi mendidik anakmu sendiri, pastinya akan lebih dari itu. Kamu bisa ini, bisa itu. Lulusan PGSD adalah orang yang multitalenta karena di PGSD diajari semua bidang ilmu, keahlian, dan keterampilan yang mendukung bakat minatmu. Wah, idaman sekali ya.

Nah, itu tadi sekilas gambaran tentang jurusan PGSD. Jangan khawatir guys, kamu masih bisa kok berkiprah di dunia kerja selain menjadi guru SD. Banyak perusahaan dan instansi pemerintah yang menerima lulusan PGSD karena bagi mereka, mereka ingin mencari orang yang tidak hanya ahli dalam satu bidang ilmu saja tetapi bidang lainnya ia menguasai. Banyak pula lulusan PGSD yang menjadi seorang wirausaha yang sukses karena saat kuliah ia juga diajarkan berwirausaha yang kreatif sehingga diharapkan setelah lulus tidak hanya mengandalkan profesinya sebagai guru SD namun bisa menciptakan lapangan pekerjaan yang seperti ini.

So, masih pikir-pikir untuk memilih jurusan PGSD?. Itu tadi yang bisa aku bagikan, semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca. Perlu kita sadari bahwa berbagi itu indah. Penulis dalam artikel ini adalah Kholili Uzzlah Maghfiroh, Terimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Fakta Jurusan PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar)"

Posting Komentar