5+ Fakta UNIDA Gontor Yang Harus Kamu Baca!

UNIDA Gontor 


FaktaKampus.Com- Perkenalkan, saya adalah salah satu mahasiswi dari Universitas Darussalam Gontor Putri Kampus Mantingan yang mengambil prodi Farmasi Fakultas Ilmu Kesehatan. Di sini saya akan memberikan beberapa fakta mengenai universitas saya.

UNIDA Gontor


Kampus UNIDA Gontor berbeda dengan kampus-kampus yang lain, karena kampus UNIDA Gontor berbasis pondok pesantren. Yang dimaksud dengan basis pondok pesantren berbeda dengan yang berbasis asrama, bedanya adalah jika berbasis pondok pesantren pasti mengandung basis asrama, akan tetapi jika berbasis asrama belum tentu berbasis pondok pesantren.

Pengawasan di UNIDA Gontor

Dan jika di UNIDA Gontor seluruh mahasiwa berada di bawah pengawasan BAPAK (Biro Administrasi Penunjang Akademik) dari mulai bangun tidur hingga kembali tidur pada malam hari, jika di asrama mungkin hanya sekedar diawasi oleh satpam yang menjaga pintu gerbang asrama. Karena jika mahasiswi ingin keluar kampus maka harus izin terlebih dahulu kepada BAPAK tersebut baru bisa keluar, dan apabila keluar tanpa izin maka akan mendapatkan sanksi.

Jika pada jenjang MTS/MA di pondok pesantren dipanggil santri, maka pada jenjang perkuliahan akan dipanggil Maha Santri atau ustadzah, panggilan tersebut merupakan sebuah penghormatan kepada orang yang sudah memiliki ilmu atau yang sudah tamat MTS/MA dari pondok pesantren.

Peraturan di UNIDA Gontor

Tentunya semua orang pasti tahu bahwa setiap pondok pesantren pasti memiliki peraturan, yap betul sekali! Di sini ada banyak peraturan yang mungkin bagi orang luar itu masih asing dan mungkin akan mengeluarkan komentarnya masing-masing. Salah satu peraturannya adalah mahasiswi tidak diperbolehkan untuk membawa dan menggunakan HP, modem dan sejenisnya.

Pertama kali mendengar pastinya setiap orang akan tertawa dan berkata “hahaha masak sudah kuliah gak boleh bawa HP.” Kalo saya, saya setuju dengan peraturan tersebut, Karena adanya HP akan mengganggu aktivitas kita, karena HP memiliki lebih banyak dampak negatifnya daripada dampak positifnya. 

Peraturan selanjutnya adalah setiap mahasiswi yang akan keluar dari area asrama wajib mengenakan jilbab cream atau istilahnya seperti seragam unida tapi hanya jilbabnya saja. Banyak orang yang mengatakan enak yaa, gak usah mikirin warna jilbab setiap hari. Tapi juga ada yang memberikan komentar yang tidak suka.

Peraturan selanjutnya adalah menggunakan bahasa wajib yaitu arab dan inggris, setiap hari jum’at akan dilaksanakan pergantian minggu bahasa, jadi seminggu sekali bahasa inggris dan seminggu kemudian menggunakan bahasa arab. Adapun program bahasa tersebut di dukung dengan adanya pengumuman atau biasa dikenal dengan I’lan menggunakan bahasa sesuai dengan jadwalnya.

Aktivitas di UNIDA Gontor

Dalam pondok pesantren Gontor ini lebih mengutamakan bahasa Arabnya, karena mepunyai salah satu slogan yaitu “ Hukum menggunakan bahasa arab adalah wajib, sebagaimana hukum wajib pada sholat”. Dan masih banyak peraturan yang lain. Mahasiswi UNIDA Gontor bangun untuk melaksanakan sholat tahajjud dan kemudian beberapa mahasiswi ada yang mandi pagi, lalu sholat subuh berjamaah.

Setelah sholat subuh dilanjutkan dengan pidato oleh mahasiswi sesuai dengan absen, kemudian membaca Al-Qur’an hingga pukul 5:15 kemudian pukul 5:30 akan ada UKM Pagi yang diisi oleh kelompok UKM seperti kesenian, PSDM eksternal dan internal, dan masih banyak lagi hingga pukul 06.00.

Setelah itu dilanjutkan dengan piket kamar dan piket asrama bagi yang mendapatkan jadwal piket tersebut. Setelah piket kemudian makan pagi dan berangkat kuliah. UNIDA Gontor dikenal sebagai kampus yang damai, karena didalam kampus ini semuanya tinggal didalam satu atap, saling mengenal satu dengan yang lain.

Di dalam kampus ini tercipta kedamaian. Kami makan harus mengantri terlebih dahulu, mandi pun harus mengantri dan semuanya dilakukan secara bersama-sama dengan teratur. Hal yang paling menegangkan adalah ketika ada pembacaan pelanggaran yang dilakukan oleh salah satu mahasiswa dan kemudian diberikan sanksinya, dan hal yang paling disukai oleh mahasiswa UNIDA Gontor adalah ketika pembacaan surat keputusan rektor tentang liburan.

Fakta selanjutnya adalah mushola atau aula UNIDA Gontor tidak pernah sepi, meskipun diluar waktu beribadah, Karena dilengkapi dengan sarana WiFi. Dan jika mahasiswa sudah didepan laptopnya masing-masing maka akan fokus dan mungkin mengabaikan keadaan sekitar (saking fokusnya).

Syarat Mengikuti Ujian di UNIDA Gontor

Syarat mengikuti ujian di UNIDA Gontor adalah lulus tahfidz sesuai yang sudah ditentukan; AKPAM (Angka Kredit Penunjang Akademik Mahasiswa) minimal 200 poin, akpam ini diperolah dari sertifikat lomba, seminar, maupun panitia dan lain sebagainya; membayar administrasi; kehadiran kuliah minimal 75% dari setiap mata kuliah.

Demikianlah tulisan mengenai Fakta dan Informasi Mengenai UNIDA (Universitas Darussallam) Gontor. Semoga dengan adanya informasi dan beberapa tulisan keterangan lainnya ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan para pembaca. Penulis dalam artikel ini adalah Salma Auliya Fatimah. Trimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5+ Fakta UNIDA Gontor Yang Harus Kamu Baca!"

Posting Komentar