6+ Fakta Fakultas Peternakan Universitas Andalas

Fakultas Peternakan Universitas Andalas


FaktaKampus.Com- Mahasiswa merupakan generasi penerus bangsa, baik atau buruknya suatu negara berada ditangan  mahasiswa. Fungsi dari  mahasiswa adalah  sebagai  agen of change, social control, dan  iron stock. Dengan fungsi tersebut, tugas besar yang diemban mahasiswa diharapkan  dapat  mewujudkan  perubahan  bangsa menjadi lebih baik lagi kedepanya. 

Nah, setelah tamat SMA dan melanjutkan studi dibangku perkuliahan,  disinilah kalian akan menjadi seorang mahasiswa, tidak lagi siswa tetapi ada kata maha didepan siswa.  

Fakta-Fakta Kuliah di Fakultas Peternakan  


Masih bingung mau lanjut kuliah dimana ? bagaimana dengan peluang kerjanya ? kalau udah lulus mau jadi apa? Gaji berapa? Bergengsikah? Ilmu yang didapat? dan lain sebagainya. Nah saya sarankan kalian memilih fakultas peternakan,  karna saya sudah menuai ilmu yang luar biasa di Fakultas Peternakan Universitas Andalas. Eittsss  bukan berarti fakultas yang lain tidak bagus yaa , setiap fakultas itu bagus dan memiliki keunggulan masing-masing. Nah berikut adalah beberapa fakta keunggulan kuliah difakultas peternakan Universitas Andalas :

Balajar berbagai bidang ilmu

“Ngapain kuliah difakultas peternakan, kalau  ujung-ujungnya kerja hanya mengurus sapi dirumah? Mending ngak usah kuliah deh ”. Nah pemikiran orang seperti ini harus dirubah, setiap pekerjaan itu harus memiliki ilmu, tanpa ilmu setiap usaha yang dilakukan akan “sia-sia”.  

Difakultas peternakan Universitas Andalas kita diajarkan berbagai bidang ilmu, tidak hanya   ilmu tentang ternak kita juga diajarkan mengenai kandungan gizi pangan,manajemen, kewirausahaan, pendidikan kewarganegaraan,  inovasi dan modivikasi produk, bioteknologi, komputer, kimia, matematika dan statistik, Bahasa Indonesia,  sosial ekonomi, mikrobiologi, penyebab penyatakit zoonosis, pengendalian penyakit dan masih banyak yang lainya.  

Langsung  terjun kelapangan

Pengalaman adalah guru yang paling berharga” 

Difakultas peternakan Universitas Andalas kita diberi kesempatan lansung mengaplikasikan ilmu yang didapat dilapangan “Farm experience “ namanya,  disini beribu pengalaman bisa didapatkan serya dapat mengasah kemampuan mahasiswa. Mulai dari manajemen pemberian pakan, manajemen perkandangan, proses feedlot, pemerahan susu, vaksinasi, Inseminasi Buatan, dan lain sebagainya secara lansung.    

Terdiri dari berbagai prodi

Fakultas peternakan Universitas Andalas terdiri dari 4 prodi, nah disini mahasiwa bisa memilih bidang ilmu mana yang disukainya, seperti Teknologi Produksi Ternak (ternak potong, perah, unggas, bioteknologi reproduksi, dan lain-lain), Nutrisi dan Teknologi Pakan , Teknologi Hasil Ternak (pengolahan daging,susu, telur) dan Pembangunan Bisnis Peternakan (pemasaran). Masing-masing prodi memiliki keunggulan yang luar biasa dan prospek kerja yang besar. 

Memiliki banyak laboratorium 

Fakultas peternakan Universitas Andalas memiliki 17  laboratorium yaitu:
bagian Teknologi Produksi Ternak memiliki 7 laboratorium:
  1. Laboratorium ternak unggas
  2. Laboratorium ternak potong
  3. Laboratorium ternak perah 
  4. Laboratorium fisiologi ternak
  5. Laboratorium reproduksi ternak
  6. Laboratorium pemuliaan dan genetika ternak
  7. Laboratorium  kesehatan ternak

Bagian Nutrisi dan Teknologi Pakan memiliki 4 laboratorium:
  1. Laboratorium nutrisi ruminansia
  2. Laboratorium nutrisi non  ruminansia
  3. Laboratorium teknologi industri pakan
  4. Laboratorium hijauan pakan  

Bagian Teknologi Hasil Ternak memiliki 1 laboratorium:
  1. Laboratorium teknologi hasil ternak 

Bagian Pembangunan Bisnis Peternakan memiliki 3 laboratorium/studio :
  1. Laboratorium studio penyuluhan komunikasi
  2. Laboratorium pemasaran
  3. Laboratorium perencanaan pembangunan peternakan

Laboratorium lintas bidang kajian :
  1. Laboratorium  boiteknologi ternak 
  2. Laboratorium komputasi 

Nah, di sinilah mahasiswa dapat melakukan eksperimen, meluangkan semua ide-ide dengan melakukan pengujian dilaboratorium.

Memiliki UPT mandiri (Unit Pelaksana Teknis)

UPT berfungsi menunjang pelaksanaan penelitian dan meningkatkan kemampuan teknis mahasiswa dan dosen. Disini disediakan beberapa jenis kandang dan dilengkapi dengan koleksi ternak. UPT ini merupakan sarana untuk memberikan pendidikan lapangan dan meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam mengelola ternak dipadangan dan padang pengembalaan serta pembibitan rumput unggul.   

Fakultas dengan Profesor terbanyak di dunia

Fakultas peternakan Universitas Andalas  memiliki 24 profesor atau guru besar. Jumlah ini paling banyak diseluruh dunia, kebayangkan bagaimana bagusnya kualitas mahasiswa Fakultas peternakan Universitas Andalas, karena ilmu yang diperoleh  didapatkan oleh profesor-profesor yang luar biasa.  

Nah itulah sebagian fakta dari  Fakultas Peternakan Universitas Andalas. Itu semua  hanya bisa ditemukan di Fakultas peternakan Universitas Andalas. Semoga  tulisan ini bisa memberikan informasi bagi kalian semua. Penulis dalam artikel ini adalah Nadia Rahma (Mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas andalas).

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "6+ Fakta Fakultas Peternakan Universitas Andalas"