6+ FAKTA Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Negeri Medan

Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Negeri Medan


FaktaKampus.Com- Jurusan pendidikan geografi tampaknya memang tidak terlalu populer di telinga sebagian banyak orang. Namun ada beberapa hal yang mesti kamu tau mengenainya. Salah satu Universitas yang menyediakan jurusan pendidikan geografi adalah Universitas Negeri Medan. Diantara sekian banyak jurusan, Unimed punya jurusan ini. Bagi kamu yang ingin menjadi guru geografi, peneliti seputar ilmu geografi, bahkan ilmuwan geografi tidak ada salahnya untuk melirik jurusan pendidikan geografi ini. Nyatanya, ilmu ini tidak bisa dipandang remeh semakin hari sebab secara keseluruhan banyak hal yang bisa berkembang dari ilmu geografi ini.
Baca Juga: 4 Fakta Mengagumkan Tentang Univeritas Negari Medan

Jurusan Pendidikan Geografi Unimed


Berikut akan dijabarkan beberapa fakta mengenai jurusan pendidikan geografi yang ada di Universitas Negeri Medan.

Satu-satunya Jurusan pendidikan geografi yang ada di Kampus Wilayah Sumatera Utara

Hal ini memang tidak bisa dipungkiri. Dari sekian banyak perguruan tinggi negeri dan swasta yang ada di provinsi Sumatera Utara, hanya Universitas Negeri Medan yang menyediakan jurusan pendidikan geografi ini. Oleh sebab itu ia menjadi satu-satunya jurusan pendidikan geografi  yang hanya bisa ditemukan di Universitas Negeri Medan.

Termasuk dalam Fakultas Ilmu Sosial

Jika kita tahu Universitas Gadjah Mada memasukkan jurusan geografi kedalam jenis ilmu saintek,berbeda halnya dengan Universitas Negeri Medan. Jurusan pendidikan geografi masuk ke dalam kelompok ilmu sosial. Oleh sebab itu, saat mengikuti ujian seleksi masuk, jurusan ini akan masuk dalam kelompok ujian soshum. Jurusan pendidikan geografi di Universitas Negeri Medan juga dimasukkan kedalam fakultas ilmu sosial bergabung dengan jurusan sejarah, antropologi dan PPKN.

Pada SNMPTN Tahun 2017 Masuk Ke Dalam 10 Besar Jurusan Terfavorit dengan Peminat Terbanyak di Universitas Negeri Medan

Dari tahun ke tahun, jurusan pendidikan geografi yang ada di Universitas Negeri Medan semakin menunjukkan eksistensinya. Hal ini terlihat dengan banyaknya peminat jurusan ini. Untuk jalur masuk SNMPTN (undangan), jurusan ini masuk kedalam 10 besar jurusan dengan peminat terbanyak di Universitas Negeri Medan.

Belajar Bidang Ilmu Yang Tergolong dalam IPA dan IPS

Hal yang satu ini juga tidak bisa di pungkiri. Geografi memang menyajikan pelajaran yang merambah dua bidang ilmu sekaligus, yaitu IPA dan IPS. Di jurusan pendidikan geografi Universitas Negeri Medan ini, kamu bisa belajar dengan sensasi menyatukan dua bidang ilmu, atau lebih sederhananya, kamu diajak mempelajari suatu hal dengan dua sudut pandang ilmu yaitu IPA dan IPS.

Punya Ikatan Mahasiswa Geografi (IMAHAGI) Komisariat Univesitas Negeri Medan yang Tergabung dalam IMAHAGI Indonesia

Jurusan geografi yang ada di Universitas Negeri Medan mempunyai ikatan mahasiswa yang diberi nama IMAHAGI. Ia merupakan salah satu organisasi eksternal jurusan yang memungkinkan kamu para geographer yang mengambil jurusan geografi untuk tergabung dan bertemu dengan mahasiswa yang mempunyai jurusan sama denganmu di seluruh Universitas di Indonesia.

Mempunyai Berbagai Pilihan Konsentrasi (Pendidikan, Sosial, Fisik dan Teknik)

Di jurusan geografi Univesitas Negeri Medan, kamu akan diberikan kesempatan memilih konsentrasi jurusan pada semester yang ditetapkan. Beberapa konsentrasi yang dapat dipilih antara lain: pendidikan untuk kamu yang ingin berkonsentrasi kepada ilmu keguruan geografi.

Didalamnya kamu akan lebih erat membahas strategi pembelajaran geografi yang kelak kamu ajarkan di sekolah. Sosial untuk kamu yang ingin berkonsentrasi kepada ilmu sosial yang berhubungan erat dengan kependudukan yang dikaji dari sudut pandang geografi. Fisik untuk kamu yang ingin berkonsentrasi pada geografi fisik, didalamnya kamu akan terfokus kepada bentanglahan dan keadaan bentuk alam (fisik alam) yang dikaji secara geografi. Teknik untuk kamu yang akan terfokus kepada bidang teknologi dalam geografi, beberapa yang populer didalamnya seperti GIS (Sistem Informasi Geografis) dan pengindraan jauh.

Demikianlah setidaknya tulisan mengenai Fakta Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Negeri Medan, yang ditulis oleh Budi Rahmah Panjaitan salah satu Mahasiswi Pendidikan Geografi Universitas Negeri Medan. Semoga dengan adanya tulisan ini dapat memberikan wawasan dan juga pengetahuan. Trimakasih

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "6+ FAKTA Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Negeri Medan"

  1. Ada teman yang ambil jurusan fkip geografi, dan ternyata juga terjun lapangan. :) Yang punya jiwa petualang pastinya seneng banget masuk jurusan ini. :)

    BalasHapus
  2. memang sangat menarik, jurusan pendidikan geografi ini, semakin cinta alam

    BalasHapus