6 Fakta Unik Tentang Jurusan Ushuluddin di IAIN Kudus

IAIN Kudus


Hai kalian para penimba ilmu.

FaktaKampus.Com- Apa kabar nih? Pasti baik donk, aku mau bagi-bagi sesuatu nih, yang jelas bakal nambah pengetahuan kalian. Mungkin juga bisa menjawab ke-kepo-an kalian, hehe. Di dunia perkuliahan sering banget ada percakapan kaya gini.

kamu jurusan apa?” Tanya seseorang yang niatnya tanya plus kepo ‘mungkin’

Jurusan Ushuluddin” jawabannya cukup singkat dan jelas

apa tuh Jurusan Ushuluddin?” loh! malah balik tanya, mungkin karena bahasanya agamis kali
ya, hehe..

Nih penjelasan singkatnya, simak baik-baik ya…

Jurusan Ushuluddin


Ushuluddin berasal dari bahasa arab yaitu ushul yang berarti pokok atau inti dan ad-diin yang berarti agama. Intinya, Jurusan Ushuluddin adalah jurusan yang mempelajari pokok-pokok agama. Di antaranya ilmu al-qur’an dan tafsir, ilmu hadis, akidah filsafat islam, akhlaq tasawuf, dan masih banyak lagi. Kita kupas yuk! keunikan dari Jurusan Ushuluddin.

Jurusan Yang di Anjurkan Oleh Rosulullah

Tau gak sih… Dalam sebuah hadis Rosulullah SAW pernah bersabda,” kejarlah akhiratmu maka dunia akan kamu dapat.” Sang revolusioner peradaban udah bersabda seperti itu, artinya jika kita mengutamakan akhirat, jangan khawatir deh dengan dunia.
Nanti mau jadi apa, mau kerja dimana?

Kebanyakan mahasiswa baru, lebih terforsir untuk memikirkan setelah lulus kuliah nanti, haduh! Nanti dulu deh mikir itunya, kuliah aja baru sampai garis start. Jurusan Ushuluddin adalah penggambaran dari hadis tersebut, karena semua mata kuliah di Jurusan Ushuluddin menitik beratkan pada pembelajaran agama. Dari namanya aja udah mencerminkan bahwa jurusan ini bergelimang dalam konteks keagamaan, apa lagi menceburkan diri kedalamnya, pasti akan merasakan kenikmatan tersendiri.

Jurusan Tertua di Kampus IAIN Kudus

Terkadang kita ditutut untuk menengok masa lalu, karena masa lalu bukan untuk di lupakan, namun untuk di kenang. Seperti kampus IAIN Kudus. IAIN Kudus adalah sebuah kampus yang dahulunya bernama STAIN Kudus, kampus ini adalah cabang dari Jurusan Ushuluddin dari UIN Walisongo. Berdirinya STAIN Kudus tidak lain dan tidak bukan adalah karena adanya Jurusan Ushuluddin, sudah jelas bahwa Jurusan Ushuluddin adalah jurusan tertua di kampus.

Jurusan Yang Paling di Hormati dan Disegani

Berhubung Jurusan Ushuluddin adalah jurusan tertua di kampus, maka tak salha lagi kalo Jurusan Ushuluddin yang menyandang sebagai sesepuh kampus di hormati dan disegani oleh jurusan-jurusan lain.

Ta’dhim adalah sikap yang ditunjukkan kepada orang-orang yang berilmu, begitu juga pemandangan yang tergambar dalam Jurusan Ushuluddin. Perlu kita ketahui, dosen di Jurusan Ushuluddin bukan hanya sekedar dosen, mereka adalah para ilmuan muslim bahkan mereka adalah para kyai, tak bisa ditawar lagi jika Jurusan Ushuluddin adalah jurusan yang paling di hormati dan di segani masyarakat.
Jurusan orang-orang pilihan

Jika Allah sudah berkehendak taka da lagi yang dapat menolak, jika Allah sudah menakdirkan tak adalagi yang bisa melarang, begitulah kiranya, jika Allah sudah memilihkan Jurusan Ushuluddin untuk para penimba ilmu, itu artinya Allah telah memilihkan yang terbaik.

Tak banyak orang yang bisa masuk ke Jurusan Ushuluddin, kebanyakan mereka yang masuk ke jurusan mulia ini awalnya juga tak tertarik untuk menceburkan diri ke dalamnya, namun jika kita syukuri , jika kita tekuni, beruntunglah kita yang telah menjadi bagian dalam Jurusan Ushuluddin.

Sadarilah, tak banyak orang yang bisa seperti kita, tak banyak orang yang bernasib sama dengan kita, jangan pernah salahkan takdir, karna kita adalah orang orang pilihan yang telah di takdirkan Allah untuk menyelami Jurusan Ushuluddin.

Berpeluang Besar Untuk Menjadi Intelektual Muslim

Mengikuti sunnah rosul, iya, dihormati dan di segani, sudah tentu, menjadi orang –orang pilihan Allah, jelas, saatanya kita memikirkan masa depan. Secercah cahaya telah berkilau di ujung perjuangan kita.

Memahami keilmuan sampai pada akar-akarnya akan meanjadikan seseorang paham secara mendalam akan sebuah ilmu. Begitu pula pada Jurusan Ushuluddin, menjadikan kitab-kitab sebgai rujukan dalam pembelajaran membuat keilmuan mahasiswa di Jurusan Ushuluddin lebih berbobot. Berangkat dari keimuan yang matang, mahasiswa ushuluddin memiliki peluang besar untuk menjadi intelektual muslim.

Seorang yang berguna bagi agama nusa dan bangsa, itulah pencerminan dari intelektual muslim. Rosulullah SAW bersabda, خير الناس أنفعهم للناس (khoirunnas angfauhum linnas).  Yang Artinya; Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia. Gak salah lagi kalo Jurusan Ushuluddin adalah jurusan surga.

Wisudawan-Wisudawati Ushuluddin Adalah Gurunya Guru

Guru, bukan sekedar mengajar, namun juga mendidik, bukan sekedar memberikan ilmu namun juga menasihati, menuntun kita menjadi insan yang lebih berguna, dari bermula tidak bisa menjadi bisa, dari bermula tidak tahu menjadi tahu. Sungguh mulia jasa seorang guru.

Kembali ke Jurusan Ushuluddin, Jurusan Ushuluddin adalah gurunya guru, karena semua pokok ilmu ada di dalam nya, induk dari segala keilmuan terapan bekal kehidupan dunia maupun akhirat, kalo katanya mahasiswa jaman now sih, paket komplit! Ditilik dari kuantitas memang Jurusan Ushuluddin di IAIN kudus minoritas, namun jangan ditanya kualitas dari lulusan ushuluddin, keilmuan yang mumpuni mampu untuk menjawab bebbagai persoalan zaman.

Faktanya wisudawan wisudawati Jurusan Ushuluddin pasti semuanya berguna di masyarakat, tak jarang juga yang menjadi dosen, kyai, modin dan guru. Usai sudah penjelasan singgat dari saya tentang Jurusan Ushuluddin, jurusan surga, jurusan yang bermanfaat bagi umat manusia. Buat yang masih ragu, tak perlu ragu lagi, buat yang masih bingung, tak perlu bingung lagi. Berulang kali sholat istikhoroh pun jawabanya juga tetap sama kaok, hehe.

Tak cukup sampai disini perjumpaan kita. Kelak jika Allah menakdirkan kita untuk bertemu kembali kita akan di pertemukan kembali di waktu yang di rahmati. Selamat menuntut ilmu. Demikianlah setidaknya tulisan mengenai Fakta Unik Tentang Jurusan Ushuluddin di IAIN Kudus. Semoga dengan adanya tulisan ini dapat bermanfaat. Penulis dalam artikel ini adalah Lutfiya Nur Fadila. Trimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

9 Responses to "6 Fakta Unik Tentang Jurusan Ushuluddin di IAIN Kudus"

  1. saya suka membaca, artikel ini sangat bermanfaat,semoga untuk yang masih bimbang ataupun yang masih ragu tidak bingung lagi dengan pilihannya, aamiin

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. Saya masih perl bimbingan pak, Mohon maaf jika ada salah2 kata

      Hapus
  3. Tulisan yang bermanfaat,, semoga kedepan Ushuluddin IAIN Kudus makin berkualitas..

    BalasHapus
  4. Mereka yg ada d Ushuluddin adalah golongan orang² yg MADESU..
    MASA DEPAN SUKSES.. Dunia-akhirat.
    Yes? Aamiiin

    BalasHapus
  5. Sudah tidak langka peminat coy...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karna memang segala sesuatu yang ada di dunia ini sesuai dengan kehendak allah...

      Hapus