6+ Fakta Universitas Pertahanan Indonesia (UNHAN)

Universitas Pertahanan Indonesia (UNHAN)


FaktaKampus.Com- Universitas Pertahanan Indonesia atau lebih dikenal dengan UNHAN adalah salah satu kampus di Indonesia Strata S2 yang menyediakan beasiswa pendidikan dan biaya hidup selama menjalani proses pendidikan. di Kampus ini ada sejumlah fakta-fakta menarik yang setidaknya harus pembaca ketahui.

Fakta-Fakta Universitas Pertahanan Indonesia (UNHAN)


Berikut inilah Fakta-Fakta mengenai Universitas Pertahanan Indonesia;

Beasiswa S-2 Full Biaya Hidup

Beasiswa S2 dan Biaya hidup menjadi fakta pertama. Dimana Universitas Pertahanan Indonesia merupakan kampus Bela Negara yang terbuka untuk masyarakat Umum/TNI/POLRI. Universitas Pertahanan Indonesia dikenal dengan singkatan UNHAN terletak di Jl. Salemba Raya, Jakarta dan kampus baru UNHAN terletak di Kawasan IPSC, Sentul, Bogor.

UNHAN didirikan pertama kali pada tahun 2009 dan menempati kampus baru di Bogor pada tahun 2014 yang diresmikan oleh mantan Presiden Republik Indonesia Susuilo Bambang Yudhoyono dan saat ini seluruh aktivitas perkuliahan berada di Bogor. Kawasan IPSC merupakan kawasan misi perdamaian PBB dan pernah digunakan shotting film I leave My Heart in Lebanon.

Keberadaan UNHAN merupakan sarana melting point antara masyarakat sipil dengan TNI dan POLRI. Unhan menerima calon mahasiswa yang berasal dari masyarakat umum (sudah bekerja atau fresh graduate) dan tidak ada batasan umur untuk calon mahasiswa yang mendaftar kuliah di Universitas ini.

Beasiswa yang diberikan oleh UNHAN meliputi beasiswa pendidikan atau SPP, biaya hidup berupa uang saku setiap bulan, sepatu olah raga dan sepatu PDH, seragam Menwa dan Bela Negara, tas laptop, jaket serta baju olah raga. Pembukaan pendaftaran beasiswa UNHAN dilakukan setiap akhir tahun yaitu Bulan Desember hingga Februari tahun berikutnya untuk Gelombang I dan bulan Maret hingga April untuk gelombang II.

Untuk dapat menjadi Mahasiswa di UNHAN, para peserta akan mengikuti beberapa seleksi yang meliputi, seleksi administrasi, tes TOEFL dan tes TPA, tes Psikologi dan tes wawancara. Saat ini UNHAN telah membuka pendaftaran penerimaan Mahasiswa Baru tahun ajaran 2018/2019 pada 4 Desember 2017 sampai 25 Januari 2018. Para calon mahasiswa dapat mendaftar secara online disini

Pendidikan S-2 selama 1.5 Tahun

Universitas Pertahanan Indonesia atau UNHAN merupakan Universitas yang menyelenggarakan pendidikan setara S2 selama kurang lebih 1.5 tahun atau minimal 4 semester. Selama 1 tahun Mahasiswa UNHAN akan melaksanakan pendidikan semester 1 hingga semester 3 dengan jarak per-semester adalah 4 bulan dan semester 4 selama 6 bulan.

Jadwal Kuliah UNHAN dari hari Senin-Jumat, sedangkan untuk hari Sabtu dan Minggu adalah hari Libur. Jam Kuliah UNHAN dimulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 17.30 WIB (jam normal 15.30 WIB). UNHAN memberikan kesempatan bagi mahasiswa memperpanjang semester selama 6 bulan, artinya UNHAN memberikan kesempatan bagi para mahasiswa untuk kuliah selama-lamanya 2 tahun.

Semester 1 hingga semester 3, para mahasiswa akan disibukkan dengan padatnya perkuliahan, seminar dan kegiatan kampus yang lainnya. Saat semester 3, mahasiswa akan melaksanakan ujian proposal thesis, sehingga diharapkan ketika mahasiswa menempuh semester 4, mereka akan melaksanakan kegiatan penelitian hingga sidang thesis.

Magister Ilmu Pertahanan (M.Han)

UNHAN adalah satu-satunya Universitas Negeri di Indonesia setara S2 pada bidang Ilmu Pertahanan dan terakreditasi A. UNHAN dibawah dua Kementerian RI yaitu KEMENRISTEK DIKTI dan KEMHAN RI (Kementerian Pertahanan Indonesia). Seluruh mahasiswa yang dinyatakan lulus sidang thesis akan mendapatkan gelar Magister Ilmu Pertahanan (M.Han).

Diharapkan para mahasiswa, baik sipil maupun militer memiliki kemampuan dan pemahaman yang baik terhadap Ilmu Pertahanan dan sebagai agent of change pembangunan pertahanan Indonesia. Program Studi yang ditawarkan UNHAN sebanyan 13 prodi meliputi : Strategi Perang Semesta, Peperangan Asimetris, Diplomasi Pertahanan, Manajemen Pertahanan, Ekonomi Pertahanan, Keamanan Energi, Damai dan Resolusi Konflik, Keamanan Maritim, Manajemen Bencana, Industri Pertahanan, Teknik Persenjataan, Tenik Pengindraan dan Teknik Daya Gerak.

Fasilitas Mess, Olahraga, Perpustakaan, Transportasi dan Makan 3x sehari

Selain beasiswa bebas SPP selama kuliah, UNHAN menyediakan beberapa penunjang fasilitas seperti mess atau tempat tinggal bagi para mahasiswanya. Jarak mess wanita dengan mess pria cukup jauh.

Mess wanita berada di belakang kampus UNHAN sekitar 1 kilometer dari kampus UNHAN, sedangkan mess pria berada di atas kampus UNHAN sekitar 500 meter dari gerbang masuk kampus. Mess putri yang berada di belakang kampus UNHAN dekat dengan daerah persiapan latihan Misi Perdamaian PBB, sehingga Pasukan Garuda sering latihan di depan mess putri, serta kendaraan tempur seperti mobil tank anoa dan UNAMID melalui jalan menuju kampus UNHAN. Jalan di kawasan PMPP atau mess putri menggunakan jalur Internasional atau jalur kanan, seperti jalur jalan di Luar Negeri.

Mahasiswa diperbolehkan membawa kendaraan sendiri seperti mobil dan sepeda motor, namun mahasiswa yang tidak memiliki kendaraan akan dijemput oleh dua bus miliki kampus. Bus ke mess putri datang sekitar pukul 06.15 WIB, sedangkan pulang sekitar pukul 18.30 WIB, sama dengan bus ke mess putra.

UNHAN dilengkapi dengan fasilitas ruang fitness yang berada di samping koperasi yang buka setiap sore dari hari senin hingga jumat. Ruang fitness ini digunakan para mahasiswa untuk olah raga dan gratis. UNHAN memiliki lapangan voli dan tenes didalam gedung kampus, sedangkan untuk lapangan basket berada di sport hall dekat dengan lokasi mess putra yang buka setiap Senin hingga Jumat.

UNHAN memiliki koleksi buku ilmu pertahanan lengkap didalam perpustakaan yang tidak dijual bebas di luar. Para mahasiswa dapat mengakses beberapa Jurnal Internasional dari dalam perpustakaan. Ruang perpustakaan terbagi menjadi dua, yaitu ruang sebelah kiri adalah ruang baca, sedangkan ruang bagian kanan adalah ruang thesis.

Selain tempat tinggal gratis, UNHAN menyediakan makan gratis selama Senin-Jumat (3x sehari). Makanan di UNHAN terjamin kebersihannya dan makan dilakukan di dinning hall, menu makanan di UNHAN bervariasi. Setiap makan siang, disediakan buah sebagai makanan penutup.

Dinning Hall berada di bawah koperasi mahasiswa. Jam makan pagi di UNHAN sekitar jam 06.00 WIB hingga sebelum apel pagi jam 07.30 WIB. Makan siang dilakukan mahasiswa pada jam 12.00 WIB hingga jam 13.30 WIB, sedangkan makan malam dinning hall dibuka pukul 17.00 WIB hingga 19.30 WIB. Jika mahasiswa telat datang ke kampus atau malas untuk turun ke dinning hall, mahasiswa dapat membawa tempat makanan sendiri dan mengambil makanan di dinning hall lewat dapur.

KKLN dan KKDN

Padatnya perkuliahan di UNHAN membuat mahasiswa terkadang merasa strees. Namun, mahasiswa di UNHAN tidak perlu khawatir, karena selain padatnya kegiatan perkuliahan di kampus, UNHAN juga sering melakukan kegiatan di luar kampus.

Ketika semester satu, UNHAN akan melaksanakan study visit ke beberapa perusahaan BUMN di Bandung yang bergerak pada bidang pertahanan seperti PT.Dirgantara Indonesia, PT. Pindad, PT. INTI, PT. DAHANA dan PT. LEN. Study Visit dilakukan selama kurang lebih dua hari dan mahasiswa mendapatkan fasilitas hotel serta transportasi.

Semester dua, mahasiswa akan melakukan Kuliah Kerja Dalam Negeri selama lima hari di beberapa kota di Indonesia sesuai prodi masing-masing dan telah ditentukan oleh Rektor. Kegiatan KKDN dilakukan pada bulan Februari hingga Maret.

Kegiatan diisi dengan kunjungan ke beberapa tempat strategis pemerintah seperti kantor Bupati, Walikota atau Gubernur. Selain kunjungan ke beberapa instansi pemerintah, UNHAN akan melaksanakan UNHAN Mengajar, yaitu kegiatan mengajarkan dan mengenalkan Bela Negara di salah satu sekolah Tingkat Menengah ke Atas (SMA/SMK). Mahasiswa akan mendapatkan uang saku, seluruh biaya transportasi, hotel dan makan ditanggung oleh pihak kampus.

Sedangkan untuk semester tiga, seluruh mahasiswa UNHAN akan melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Luar Negeri selama lima hari. Kegiatan ini dilakukan dibeberapa negara Asia Pasifik, dan seluruh biaya transportasi, hotel serta makan akan ditanggung oleh kampus, UNHAN juga akan memberikan uang saku selama kegiatan berlangsung. Kegiatan ini dilakukan pada bulan April hingga Mei.

Untuk pembuatan paspor mahasiswa diharuskan membuat sendiri, sedangkan untuk visa sudah di handle Universitas. Kegiatan KKLN diisi dengan kunjungan ke NDU (National Defense University) yang ada di negara yang dikunjungi dan beberapa instansi pemerintah negara tersebut. Seluruh kegiatan yang dilakukan oleh Universitas adalah gratis.

Menjadi Kader Bela Negara

UNHAN merupakan Universitas Bela Negara, kenapa ? karena sesuai dengan MOTTO UNHAN adalah Nasionalisme, Identitas dan Integritas. Saat mahasiswa telah dinyatakan lulus tes seleksi dan menjadi calon mehasiswa UNHAN, mahasiswa diaharuskan mengikuti Latihan Dasar Kader Bela Negara selama satu minggu di Kompleks Halimun Gunung Salak yang biasa disebut Gunung Bunder. 

Mahasiswa diajarkan untuk menjadi Kader Bela Negara yang menjunjung tinggi rasa nasionalisme dan patriotisme. Menjadi kader bela negara yang menjunjung tinggi pancasila. Latihan Dasar Kader Bela Negara merupakan latihan semi militer.

Dalam kegiatan yang dilakukan selama satu minggu, mahasiswa diajarkan bongkar pasang senjata dan menembak, latihan bela diri militer, dikenalkan cara berperang militer, jelajah hutan dan cara survival di dalam hutan. Dalam kegiatan ini, mahasiswa diharuskan menggunakan seragam bela negara bercorak loreng-loreng berwarna biru, sepatu PDL dan kopel serta topi rimba.

Demikianlah tulisan mengenai Fakta Universitas Pertahanan Indonesia (UNHAN) semoga dengan adanya tulisan ini dapat memberikan wawasan dan pengetahuan kampus-kampus di Indonesia. Adapun penulis dalam artikel ini adalah Nuruma Uli Nuha. Trimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6+ Fakta Universitas Pertahanan Indonesia (UNHAN)"

Posting Komentar