7+ Fakta Mahasiswa Jurusan HI (Hubungan Internasional) UPN Veteran Jatim

HI (Hubungan Internasional) UPN Veteran Jatim


FaktaKampus.Com- UPN Veteran Jatim adalah salah satu PTN (Perguruan Tinggi Negri) di Provinsi Jawa Timur. Salah satu jurusan yang ada di UPN Veteran Jatim ini adalah Jurusan Hubungan Internasional (HI).
Baca Juga: 5 Tips Lolos dan Menjadi Mahasiswa Jurusan HI (Hubungan Internasional) UPN Veteran Jatim

Fakta-Fakta Jurusan HI di UPN Veteran Jatim


Berikut inilah sejumlah fakta menarik mengenai Hubungan Internasional di UPN Veteran Jatim

Siap jurnal, paper, dan sejenisnya

Mahasiswa HI, yang penuh dengan jurnal, paper, makalah, laporan, dan lainnya. Pastinya menjadi ciri khas HI di Indonesia bahkan seluruh dunia. Di sini kita dikenalkan dengan “plagiarism” apapun yang berbau tersebut maka siap-siap akan mendapat nilai K.

Termasuk mengutip kata-kata di salam sebuah buku, artikel, jurnal, dan lain-lain tidaak diberi sitasi walaupun sudaha diberi referensi maka siap-siap saja mendapat sanksi. Di sini mahasiswa dilatih untuk gemar membawa, menulis, dan mengarang. Tenang saja … seru kok kegiatan ngejurnal, paper, dan sejenisnya.

KMHI (keluarga Mahasiswa HI)

Sebelum melakukan ospek jurusan, yang artinya diospekin kakak tingkay yang kece-kece, mahasiswa baru belum termasuk dalam keluarga mahasiswa HI. Karena dalam ospek jurusan, mahasiswa diberikan pengalaman bagaimana cara menjadi mahasiswa HI, prospek kerja, kegiatan-kegiatan dalam HI dan lainnya.

Tenang aja, nggak bakal ada senioritas kekejaman, karena di HI UPNVJT yang dimaksud dengan senioritas adalah para senior serta alumni mengajarkan ilmu-ilmu yang di daapatnya selama di HI dengan tambahan wawasan bela negara

Joglo fisip 1/garuda/wadef/warkop bamboo

Tempat berkumpulnya para mahasiswa HI, udah favoritnya anak HI. Mereka punya peran masing-masing. Joglo fisip 1 adalah tempat duduk memanjang depan fisip 1 yang teduh karena bentuknya seperti joglo, biasanya digunakan untuk berkumpul, berdiskusi, mengobrol, bahkan rumpi pun di sini. Garuda, tempat rapat para mahasiswa fisip terutama mahasiswa HI, terdiri dari gazebo dan colokan yang dibutuhin anak jaman sekarang, karena ada monument di tengah-tengah yang ada bentuk garudanya makanya disebut garuda.

Wadef, kepanjangannya adalah warung depan fisip tempat berkumpul serta mengisi perut yang lapar ini, karena selain murah kualitasnyapun tetap enak, dan makanan ringan penunda lapar legendaries adalah moleh depan fisip, udah murah, enak, banyak rasanya. Warkop bamboo, tempat diskusi bisa dibilang lebih ke formal, karena di sini banyak kakak tingkat dan beberapa dosen untuk berdiskusi serta belajar bersama, biasanya juga digunakan sharing tentang kelas strategis (anak HI banget).

Kakak tingkat yang siap membimbing

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kakak tingkat di HI UPNVJT tidak ada yang namanya perpeloncoan, bahkan para asisten dosen sangat baik dan terbuka jika adik-adiknya banyak bertanya. Bersedia menjelaskan materi serta pengalaman secara jelas, juga beberapa memberikan contoh yang baik kepada adik tingkatnya. Seperti selalu member semangat selalu aktif, dengan guyonan khas Surabaya.

Dosen yang berpengalaman (muda, asyik, jelas waktu nerangin)

Dosen HI yang penuh pengalaman dan asyik untuk sharing dan diskusi, dijamin kalau udah masuk HI UPNVJT pasti seru karena dosennya mengerti kondisi anak muda, penjelasannya pun unik, santai tapi mikir keras.

HI yang nasionalis tapi tidak egois

Salah satu hal yang sering orang katakan karena presepsi yang berbeda adalah belajar bahasa asing akan mengurangi nilai nasionalis dalam diri padahal jika kita membuka pikiran, bahasa asing akan menambah jiwa nasionalis karena dengan bahasa asing kita dapat lebih mengutamakan bahasa Indonesia dan memperkenalkan kebudayaan Indonesia.

HI ikut serta TOT BELNEG ataupun KKN Belneg

Sebenarnya tot belneg ataupun kkn belneg adalah kegiatan kampus yang diwajibkan. Karena sebagai kampus yang menyandang kampus bela negara, maka diwajibkan untuk kegiatan yang bercirikan cinta tanah air. Karena setelah melakukan kegiatan tersebut, mahasiswa terutama mahasiswa HI lebih tegas, mencintai tanah air, bermoral dan berakhlak.

Kegiatan MUN/SDC/Conference, dan lainnya

HI UPNV Jatim juga aktif dalam mengikuti Model United Nation di universitas-universitas ternama di Indonesia, bahkan sering juga dari angkatan 2015 menjadi delegasi chair di setiap acara MUN. adapun komunitas di HI UPNV Jatim seperti FPCI, klub debat, klub kepenulisan, klub kesenian dan olahraga dan masih banyak lagi. Untuk informasi selanjutnya bisa kepoin akunnya.

Demikianlah tulisan mengenai Fakta Mahasiswa Jurusan HI (Hubungan Internasional) UPN Veteran Jatim. Yang ditulis oleh Hmn. Semoga dengan adanya tulisan ini dapat memberikan wawasan dan pengetahuan para pembaca.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7+ Fakta Mahasiswa Jurusan HI (Hubungan Internasional) UPN Veteran Jatim"

Posting Komentar