7 Fakta UPI Adalah Satu-Satunya Kampus Yang Wajib Menjadi Pilihan Kamu!

Gedung Isola UPI Bumi Siliwangi

Fakta UPI


FaktaKampus.Com- UPI adalah salah satu PTN (Perguruan Tingi Negri) terbaik di Indonesia, UPI ini terletak di Jawa Barat. Banyak hal yang perlu kita ketahu tentang apasaja yang ada di Kampus UPI, dan berikut inilah Fakta-Fakta UPI.

Fakta-Fakta UPI (Universitas Pendidikan Indonesia)


Setidaknya ada 7 fakta mengenai UPI, diantarany adalah sebagai berikut;

Satu-satunya Universitas ‘Pendidikan’

UPI menjadi yang pertama kali dan satu-satunya universitas yang anti-mainstream dengan tidak mencantumkan kata ‘negeri’ meskipun universitas negeri. Konon, pada masa perubahan IKIP menjadi universitas, para founding father kala itu keukeuh tidak akan merubah IKP selain dua pilihan, mengganti IKIP dengan UPI (Universitas Pendidikan Indonesia) atau tetap menjadi IKIP. 

Keputusan tersebut menegaskan bahwa concern perguruan tinggi ini hanyalah pada pendidikan meskipun program non-kependidikan sedang banyak diminati. Tak ayal, banyak yang memelesetkan akronim UPI menjadi ‘universitas Padahal IKIP’ atau ‘Universitas Patilasan IKIP’.

Satu-satunya Universitas Pesantren Indonesia

Kata ‘pesantren’ sebenarnyamerupakan pelesetan dari akronim UPI. Mereka yang pernah ke UPI pasti pernah merasakan suasana asri UPI dan sejuknya akhwat-akhwat kampus yang berkerudung panjang. Entah karena memang UPI berdekatan dengan pesantren DT (Daarut Tauhiid) milik Aa Gym, atau karena program-program keagamaan yang diwajibkan kampus.

Mahasiswa UPI wajib mengontrak mata kuliah PAI dan harus mengikuti kegiatan tutorial hingga bersedia mengorbankan weekend nya. kampus UPI selain sejuk di mata juga (Insyaa Allah) sejuk di hati. Sealin itu, UPI juga memfasilitasi mahasiswa non muslim dengan adanya

UKM (unit kegiatan mahasiswa) yang bergerak di bidang keagamaan sesuai agamanya masing-masing.

Satu-satunya Kampus yang menyatukan program pendidik (dik) dan non-kependidikan (non-dik) dalam satu Fakultas. Meskipun fokusnya mencetak guru berkualitas, UPI juga menyediakan program nondik khusus bagi kamu-kamu yang ingin fokus dengan cita-cita bukan guru.

Program nondik ini berada dalam satu rumpun Program Studi sehingga perkuliahan pun berada dalam satu fakultas hanya cakupan mata kuliah yang harus dikontraknya berbeda. Jadi, buat kamu-kamu yang mau jadi guru, UPI mengharuskan kalian mengontrak mata kuliah kependidikan yang tidak dikontrak oleh mahasiswa non-dik.

Satu-satunya Universitas Pendidikan multi-kampus

Buat kamu-kamu yang galau tidak ingin jauh-jauh dari kampung halaman karena sidia (eh), Jangan khawatir! UPI memiliki kampus yang terletak di beberapa daerah, yaitu di Tasikmalaya, Cibiru, Sumedang, Purwakarta, dan Serang. sedangkan UPI Bandung sebagai kampus pusat dinamai Kampus Bumi Siliwangi.

Memiliki satu-satunya masjid kampus terbesar se-Asia Tenggara

Masjid al-Furqon yang menyambut para civitas akademika atau pengunjung yang memasuki bumi siliwangi ternyata merupakan masjid kampus terbesar loh. Selain dipakai untuk shalat berjamaah, mahasiswa UPI biasa memakai masjid ini untuk kegiatan keislaman seperti kajian Islam, kegiatan tutorial, kuliah dhuha, dan SPAI setiap minggunya.

Masjid ini dilengkapi perpustakaan khusus yang membantu temen-temen mnyelesaikan tugas PAI dan pencerahan bacaan. Kamu yang menginjakkan kaki di masjid ini akan jatuh cinta dengan suasananya yang sejuk, teras dan lorong-lorong nya yang membantu buat yang mau bersantai dan nunggu kuliah.

Satu diantara kampus yang memiliki situs bersejarah

Lambang iconic UPI adalah gedung ISOLA dengan arsitektur art deco –nya yang khas. Gedung bersejarah ini awalnya adalah villa pribadi milik seorang hartawan Belanda yang kemudian dijadikan villa tempat pendudukan Jepang hingga diberikan kepada pemerintahan Indonesia lalu dipakai oleh Universitas Pendidikan Indonesia dan kini dijadikan sebagai kantor rektorat.

Museum Pendidikan Nasional

Kamu yang pernah ke UPI pasti menyempatkan berfoto di gedung putih ini. Selain itu, taman depan dan wilayah sekitar gedung ini memang pas banget buat kamu yang suka foto-foto. Bahkan, gedung ini pernah dijadikan tempat pre-wedding atau syuting rekaman.

Satu-satunya kampus yang memiliki situs wisata sendiri

Selain Villa Isola yang terkenal, UPI mempunyai Museum Pendidikan Nasional yang baru diresmikan tahun 2016. tempat ini recommendeed banget buat kamu yang suka barang- barang bersejarah.

Selain itu, kamu juga dapat mengetahui sejarah pendidikan di Indonesia sejak zaman prasejarah serta berbagai koleksi bersejarah Universitas Pendidikan Indonesia dan rektornya dari masa ke masa. Di luar Museum, terdapat spot khusus seperti teater terbuka yang bentuknya mirip kerang. Mahasiswa aktivis pasti sering ngadain rapat disitu, kadang-kadang ada pagelaran dan event yang diadain UKM dan Himpunan Mahasiswa dari berbagai jurusan.

Sekian beberapa fakta dari UPI Bagi kamu yang bercita-cita menjadi guru, UPI wajib menjadi satu-satunya pilihan karena hanya kampus ini yang concern dengan dunia pendidikan. Bagi kamu yang gagal berkampus di UPI semoga tahun depan kamu diterima di kampus Bumi Siliwangi bahkan di Kampus Daerah.

Bagi kamu yang tidak bercita-cita menjadi guru, tetaplah menuntut ilmu sebab meskipun tidak menjadi guru, kamu akan menjadi pendidik pertama bagi keluarga kamu kelak. Penulis dalam artikel Fakta UPI (Universitas Pendidikan Indonesia) ini adalah Ami Khodijah Utami Manshury.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Fakta UPI Adalah Satu-Satunya Kampus Yang Wajib Menjadi Pilihan Kamu!"

Posting Komentar