8+ Fakta Menarik Universitas Islam Indonesia (UII) yang Harus Kamu Tau!

Universitas Islam Indonesia


FaktaKampus.ComUniversitas Islam Indonesia (UII) adalah salah satu PTS terbaik yang ada di Indonesia, Kampus ini berada di Yogjakarta yang memiliki sejumlah hal menarik yang setiaknya harus pembaca semua ketahui.

Fakta Kampus UII (Universitas Islam Indonesia)


Berikut inilah sejumlah fakta mengenai UII (Universitas Islam Indonesia);

Termasuk Jajaran Kampus Tertua 

Universitas Islam Indonesia awalnya didirikan pada 8 Juli 1945 dengan nama Sekolah Tinggi Islam (STI) di Jakarta. Setahun kemudian, tepatnya pada 10 April 1946 Sekolah Tinggi Islam resmi dibuka di Yogyakarta. Setelah itu, pada 14 Desember 1947 Panitia Perbaikan STI menetapkan STI menjadi Universitas Islam Indonesia yang berkedudukan di Yogyakarta dan pada 5 Juni 1948 dilakukan pembukaan resmi Universitas Islam Indonesia (UII).

Fakultas yang terdapat di UII

Universitas Islam Indonesia terdiri dari 8 fakultas yang bisa membantu kita untuk mengembangkan hardskill kita nih, yaitu Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Agama Islam, Fakultas Kedokteran, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, dan Fakultas Teknologi Industri. Nah, fakultas-fakultas itu menyediakan program studi setara strata satu / sarjana ya. Tapi, ada juga kok kalau yang mau melanjutkan studi pascasarjana. Gimana nih udah tau mau masuk fakultas apa?

Organisasi dan UKM di UII

Kalau tadi sudah dibahas fakultas untuk mengembangkan hardskill, nah yang ini untuk mengembangkan softskill kita. Organisasi dan UKM yang ada di UII ada yang cakupannya kampus, tapi ada juga yang fakultas. Untuk yang cakupannya kampus ada LEM (Lembaga Eksekutif Mahasiswa) UII dan kalau untuk cakupan fakultas ada LEM Fakultas.

Selain itu, di masing-masing fakultas juga punya organisasi dan UKM yang relevan dengan jurusan yang ada di fakultas itu. Misalnya, di Fakultas Ekonomi ada Entrepreneur Community dan Kelompok Studi Pasar Modal. Nah, pastinya di fakultas yang lain juga ada lebih banyak lagi organisasi dan UKM yang bisa kita ikuti untuk mengembangkan softskill kita nih.

Memiliki 5 kampus yang tersebar di Yogyakarta

UII memiliki 5 kampus loh yang tersebar di Yogyakarta, keren kan? Kampus terpadu UII berada di Jl. Kaliurang km 14.5, Sleman. Kampus Condongcatur untuk FE berada di  Ringroad Utara, Condongcatur, Depok, Sleman. Kampus Taman Siswa untuk FH berada di Jl. Taman Siswa No. 158. Kampus Cik Di Tiro untuk Pascasarjana FH berada di Jl. Cik di Tiro No.1. Kampus Demangan untuk Pascasarjana Fakultas Ilmu Agama Islam berada di Jl. Demangan Baru No. 24.

Kampus yang Agamis

Pada penasaran kan kenapa bisa dibilang kampus yang agamis? Jadi, UII memiliki sasaran mutu bahwa Sarjana Muslim mampu membaca Al-Qur’an dan melakukan ibadah praktis, serta memiliki akhlakul karimah. Nah, maka dari itu, UII menyelenggarakan beberapa tahapan untuk mencapai sasaran mutu itu. Tahapan itu terdiri dari ONDI (Orientasi Nilai-Nilai Dasar Islam), Pesantrenisasi Tahap I dan LKID (Latihan Kepemimpinan Islam Dasar), Pesantrenisasi Tahap II yang dilakukan sebelum KKN, dan Ta’lim sebagai program pembinaan untuk mahasiswa baru. Eits, jangan takut dulu ya, kalau yang belum bisa justru di sinilah kita mulai belajar bareng-bareng kok dan bakal diajarin juga sama pembimbingnya. Lumayan kan di UII dapat two in one, dunia dan akhirat hehe.

Fasilitas di UII, ada apa aja?

Universitas Islam Indonesia punya perpustakaan yang terdapat di kampus pusat dengan koleksi lebih dari 500.000 judul buku loh, jadi gak perlu bingung kalau mau meminjam buku. Selain itu, juga terdapat Masjid Ulil Albab yang menyambut kita saat memasuki wilayah kampus. Gak ketinggalan, di UII juga terdapat Auditorium Prof. KH. Abdulkahar Mudzakkir yang bisa digunakan oleh mahasiswa juga masyarakat.


Oh iya, di UII juga ada candi loh yang bernama Candi Kimpulan. Selain fasilitas yang sudah disebutkan, sebenarnya masih banyak lagi fasilitas yang terdapat di UII. Mau tau? Ayo, bergabung jadi keluarga besar UII.


Beasiswa yang Disediakan UII

Buat kalian yang mau melanjutkan studi di UII, ada 4 jenis beasiswa yang disediakan nih. Beasiswa Hafiz Al-Qur’an yang ditujukan untuk mahasiswa baru yang memiliki kemampuan menghafal Al-Qur’an minimal 20 juz. Selain itu, ada juga Beasiswa Unggulan untuk mahasiswa baru yang memiliki prestasi bidang akademik maupun non-akademik dan berasal dari latar belakang keluarga yang kurang mampu.

Bantuan Biaya Pendidikan Bidikmisi juga ada nih di UII untuk lulusan satuan pendidikan SMA/SMK/MA/MAK atau bentuk lain yang sederajat yang tidak mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademik baik. Nah, yang terakhir ada Beasiswa Mahasiswa Unggulan Pondok Pesantren UII untuk mahasiswa program studi strata satu (S1) semua fakultas di UII. Oh iya, selain bisa mendapatkan beasiswa dari UII, kita juga bisa loh mengajukan beasiswa ke pihak luar. Jadi guys, bakal ada banyak beasiswa yang tersedia kok selagi kita mau berusaha buat mendapatkannya.

Serangkaian Prestasi dan Penghargaan UII

UII mendapatkan Akreditasi Institusi “A”  sebagai PTS dengan skor tertinggi di Indonesia (BAN-PT RI, 2013). Peringkat Sepuluh Besar Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia berdasarkan Kualitas Manajemen (Kemenristekdikti, 2015). QS Stars University Ratings pada 2016 menempatkan UII sebagai salah satu perguruan tinggi dengan overall rating QS Stars terbaik di Indonesia.

Perguruan Tinggi Swasta dengan Kinerja Pengabdian Masyarakat Terbaik di Indonesia (Kemenristekdikti, 2017) dan Kinerja Penelitian Terbaik di Indonesia (Kemenristekdikti, 2016). UII menerima penghargaan Indonesia Green Awards Kategori Green Campus (La Tofi School of CSR, 2012, 2014 & 2016). Banyak kan prestasi yang sudah diraih UII.

Demikianlah tulisan mengenai Fakta-Fakta Menarik Universitas Islam Indonesia (UII) semoga dengan adanya tulisan ini dapat bermanfaat dan memberikan infomasi mengenai UII. Penulis dalam artikel ini adalah Fierda Ayu Apralia Diptasary. Trimakasih

Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "8+ Fakta Menarik Universitas Islam Indonesia (UII) yang Harus Kamu Tau!"

  1. Waa makasih banyak infonya kaa...

    BalasHapus
  2. Iya, aku pernah kesana buat sosialisasi univ. Mahasiswanya ramah bgt mau jelasin sejarah uii dan diajak keliling buat liat candi. Hbs sosialisasi dikasih snack juga dan dosen yg jelasin super muda, pintar bgt. Lingkungan kampusnya juga nyaman

    BalasHapus
  3. UII emang terbaik lah ya mantap

    BalasHapus
  4. Wahhh makasih banyak infonyaa^^

    BalasHapus
  5. Wih bagus banget. Kampusnya suasananya juga enak untuk belajar

    BalasHapus
  6. Mantaaabs abis Uii.

    BalasHapus