Info Kuliah Keperawatan di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Jurusan Keperawatan di UMY
Sumber: niit.com

Keperawatan di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta


FaktaKampus.Com- Hai, udah tahu belum nih mau kuliah dimana? Ambil jurusan apa? Kali ini saya akan berbagi informasi tentang kuliah di bidang keperawatan. Sebelumnya aku mau kasih info kalau kuliah keperawatan itu dibagi menjadi dua, yaitu diploma 3 keperawatan dan sarjana (S1) keperawatan.
Baca Juga: 6 Fakta UMY yang Harus Kamu Baca!

Perbedaan D3 dan S1 Jurusan Keperawatan


Bedanya apa sih? Kalau d3 keperawatan adalah mahasiswa yang dididik untuk menjadi perawat vokasional atau istilah lainnya yaitu perawat pelaksana. Mahasiswa d3 keperawatan menempuh pendidikan keperawatan selama tiga tahun atau enam semester. 5 semester belajar teori dan praktek  baik di rumah sakit maupun di puskesmas.

Kemudian  satu semester berikutnya mengerjakan tugas akhir atau yang sering disebut dengan Karya Tulis Ilmiah (KTI). Sedangkan mahasiswa S1 keperawatan adalah mahasiswa yang dididik untuk menjadi perawat profesional atau istilah lainnya manager keperawatan.

Mahasiswa S1 keperawatan menempuh pendidikan selama kurang lebih delapan semester dengan jumlah SKS kurang lebih 140 SKS. Kemudian melanjutkan pendidikan profesi selama satu tahun enam bulan. Akan tetapi masing-masing institusi mempunyai peraturan yang berbeda dalam lamanya pendidikan profesi keperawatan.

Jurusan Keperawatan di UMY


Nah kali ini saya mau berbagi informasi tentang kuliah keperawatan di salah satu universitas di Yogyakarta yaitu Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Kampus ini beralamatkan di ringroad selatan, Tamantirto, Bantul Yogyakarta. Di UMY Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) didirikan pada tahun 2000. Jenjang pendidikan yang ditempuh adalah S1 ilmu keperawatan. Saat ini Prodi PSIK sudah terakreditasi A dari LAM PTKES.

Dikampus ini juga dilengkapi dengan fasilitas E-Library dan E-learning system yang bisa diakses selama 24 jam. Sehingga memudahkan mahasiswa dalam mengakses jurnal, materi kuliah ataupun mengirimkan tugas. Selain itu juga terdapat mini hospital yang merupakan ruang praktikum untuk mahasiswa keperawatan yang didedesain semirip mungkin dengan kondisi rumah sakit sebenarnya. Sehingga mengasah kemampuan dan keterampilan mahasiswa dalam mengkaji, memahami kasus sampai merawat pasien.


Sumber Gambar: Amutmin.com

Pembelajaran keperawatan di kampus ini menggunakan metode PBL (Problem Based Learning) yaitu pembelajaran didasarkan pada kasus-kasus dalam kondisi nyata. Kemudian mahasiswa berdiskusi dan mencari penyelesaian masalahnya secara bersama-sama.

Prodi PSIK di UMY juga menjalin kerjasama dengan kampus lain baik di dalam maupun luar negeri seperti Khoen Khaen University (Thailand), Guangxi Medical University (China) dan lainnya. Sehingga mahasiswa bisa terlibat langsung dalam kegiatan student exchange.

Informasi lebih lanjut, kalian bisa mengakses di http://nursing.fkik.umy.ac.id. atau melalui telephone: +62-274-387656, bisa juga melalui email: nursing@umy.ac.id

Demikianlah tulisan mengenai Info Kuliah Keperawatan di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Semoga dengan adanya tulisan ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi segenap pembaca. Penulis dalam artikel ini adalah Siti Na’imah

Subscribe to receive free email updates:

5 Responses to "Info Kuliah Keperawatan di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta"

  1. makasih kak atas infonya...sangat berguna

    BalasHapus
  2. Kampusku dulu nih.. Makin keren aja "Ijin share y"

    BalasHapus
  3. Mantap, tks sdh berbagi informasi. Sukses buat UMY.

    BalasHapus