Pengertian Universitas, Fakultas, dan Jurusan


FaktaKampus.Com- Dunia perkuliahan memanglah menjadi alah satu dunia yang asing bagi sebagain MABA (Mahasiswa Baru) alasan asing karena sejak SMA/MA/SMK/Sederajat tidak pernah mendengar istilah ini. Sebagai penjelasan lebih lengkapnya berikut inilah pengertian mengenai Universitas, Fakultas, dan Jurusan.

Pengertian Universitas

Universitas adalah tempat dimana kita mencari pendidikan setelah kita lulus SMA . Di universitas inilah kehidupan kita untuk menjadi seorang yang dewasa akan dimulai. Ditempat inilah sebutan anda yang awalnya adalah seorang siswa akan berubah menjadi mahasiswa yang artinya lingkupnya lebih besar.

Disinilah wadah untuk kita menyalurkan aspirasi kita mengeluarkan semua kemampuan yang kita punya , mempraktikkan skill yang kita punya dan lain sebagainya . Seperti Unit Kegiatan Mahasiswa disitulah tempat menampung kemampuan kita , seperti musik , teater , paduan suara , kewirausaahaan, dan lain sebagainya.

Bahkan ketika anda tidak memiliki skill di bidang itu tapi anda benar benar memiliki niat untuk mengikuti UKM itu pasti ada jalan untuk bisa , karena disinilah tempat kita belajar dan bertemu dengan orang yang lebih pintar dari pada kita . Dan yang paling penting di Universitas ini tempat kita untuk mulai belajar berorganisasi.

Mahasiswa tanpa organisasi bagai kopi tanpa gula . Akan terasa hampar karena keduanya memiliki keterkaitan yang sangat kuat . Itulah sebabnya di negeri ini banyak sekali aktivis-aktivis yang lahir dari mahasiswa dan mahasiswa yang menjadi aktivis itu lahir pula dari sebuah organisasi .

Pengertian Fakultas

Fakultas adalah bawahan dari Universitas . Ibarat sebuah negara Universitas sebagai negaranya dan fakultas sebagai provinsinya . Jadi disetiap Universitas terdiri atas beberapa Fakultas , misalnya Fakultas Ilmu Pendidikan , Fakultas Kesehatan , Fakultas Ekonomi , Fakultas Kedokteran , Fakultas Hukum , Fakultas Teknik , Fakultas Agama Islam dan lain sebagainya . Tujuan dibentuknya fakultas ini agar mahasiswa memiliki kekhususan kemana mereka akan belajar dan menekuni skill yang mereka punya.

Seperti halya Universitas , fakultas juga memiliki organisasi organisasi yang berada dalam lingkup fakultas misalnya seperti HIMA , HMJ dan lain sebagainya .

Pengertian Jurusan

Jurusan adalah bawahan dari Fakultas . Ibarat sebuah negara Jurusan adalah sebuah kabupaten yang terletak setelah provinsi . Jurusan ini lebih terfokus kemana anda akan mengambil perkuliahan . Jadi disetiap jurusan yang anda ambil memiliki mata kuliah yang berbeda beda meskipun anda berada pada satu Fakultas namun mata kuliah yang akan dijalani akan sangat berbeda . Maka dari itu untuk teman teman yang akan memasuki dunia perkuliahan disarankan untuuk benar benar memilih jurusan apa yang akan anda ambil yang sesuai dengan kemampuan anda.

Jangan sampai anda masuk ke dalam jurusan yang tidak anda sukai dan itu akan memuang buang waktu kuliah anda karena tidak menyukai dengan jurusan yang diambil.

Pengertian Universitas, Fakultas, dan Jurusan

Kemanapun anda akan melanjutkan dunia perkuliahan , pilihlah yang sesuai denga skill dan kemampuan anda . Jangan sampai ketika anda sudah terjun dalam dunia itu anda malah menyesalinya.

Apapun yang ada didepan anda jalani saja kalau anda mampu tabraklah karena yang seperti itu akan melawan kebencian yang ada pada diri anda terhadap suatu hal dan itu adalah peluang untuk kesuksesan anda .Karena musuh anda adalah diri anda sendiri . Penulis dalam artikel ini adalah Lia Astari.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Universitas, Fakultas, dan Jurusan"

Posting Komentar