Tips Masuk Ekonomi Islam Unpad

Unpad


FaktaKampus.Com- "Selamat, Anda dinyatakan lulus SNMPTN 2016" begitu tulisan yang terpampang nyata di layar hpku, dengan latar biru cerah, secerah perasaanku saat itu. Terkejut, senang, terharu, semua jadi satu. Aku tak menyangka aku bisa menjadi bagian dari Universitas impianku ini, di jurusan impianku pula, Ekis (Ekonomi Islam).

Ekonomi Islam Unpad


Sudah sejak dulu aku mengidamkan jurusan dan universitas impianku ini. Tak terasa, kini sudah setahun aku berkuliah di sini. Dan pertanyaan yang muncul dari teman-teman masih sama, "Kak, gimana sih caranya masuk Ekis Unpad?"

Tahapan Lolos di Ekonomi Islam Unpad


Banyak jalan menuju Roma. Namun, untuk menuju Ekonomi Islam Unpad, ada dua jenis tahapan yang salah satunya harus kamu lalui, SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri/Undangan) dan SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri/Tes). SNMPTN melalui rapot, SBMPTN melalui tes serentak yang dilaksanakan setelah pengumuman SNMPTN. Sebelum menghadapinya, tentu kamu harus melakukan berbagai persiapan. Nah, persiapan apa saja itu?

Sebelum kamu memilih jurusan untuk SNMPTN dan SBMPTN, pastikan kamu mengetahui jurusan impianmu sebelum kamu mengeluh "Salah jurusan" di kemudian hari. Fenomena "salah jurusan" umum terjadi di kalangan mahasiswa pada awal-awal perkuliahan.

Sebelum kamu memasuki jenjang tersebut pastikan kamu mengetahui gambaran umum tentang jurusan impianmu sebelum kamu menyesal di kemudian hari. Kamu bisa memanfaatkan internet untuk mencari tahu tentang jurusanmu dan segala isinya.

Kamu juga bisa menanyakan orsng tua, senior, atau guru BK di sekolahmu. Gali info sebanyak-banyaknya sebelum kamu memutuskan untuk memilih jurusan impianmu. Ekonomi Islam sendiri adalah jurusan yang mempelajari ilmu ekonomi secara syariah (sesuai hukum Islam) dengan ciri umum tidak adanya unsur riba (tambahan nilai secara tak wajar dan merugikan), gharar (ketidakpastian yang berlebihan) dan maysir (perjudian/untung-untungan). Di Unpad, jurusan ini didirikan tiga tahun lalu, tepatnya tahun 2015.

Selain jurusan, kamu juga harus menentukan Universitas tujuanmu. Kamu bisa mencari tahu tentang lingkungan kampus tersebut lewat internet atau lewat seniormu yang berkuliah di sana. Dengan mengetahui hal ini, kamu bisa mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang Universitas impianmu, agar kamu tidak menyesal di kemudian hari.

Lebih bagus lagi jika kamu sudah mengetahui lokasi kampusmu kelak, seperti Ekonomi Islam Unpad dan jurusan-jurusan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unpad lainnya yang mulai 2016 lalu menyelenggarakan perkuliahannya di Kampus Unpad Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Menentukan jurusan, sudah. Menentukan kampus, sudah. Sekarang, waktunya mempersiapkan dirimu! Jalur SNMPTN memang jalur yang menggiurkan karena hanya bermodalkan nilai rapor tanpa ada tes tambahan untuk masuk Universitas.

Namun, ada baiknya kamu mempersiapkan diri untuk SBMPTN terlebih dahulu. Kerjakan latihan-latihan soal dan try out untuk membantumu terlatih dan terbiasa mengerjakan soal-soal SBMPTN kelak. Jangan lupa untuk mempersiapkan nilai rapormu agar dapat lolos di jalur SNMPTN. Nilai SNMPTN dan SBMPTN memang dirahasiakan, tapi apa salahnya mempersiapkan yang terbaik demi hasil yang terbaik?

Terakhir, jangan lupa berdoa karena Allah lah Yang Maha Menentukan rencana- rencana indah kita. Kita tidak bisa mencapai tujuan kita dengan baik tanpa kuasa dan ridho-Nya. Jangan pernah berhenti berdoa, mengharapkan ridho-Nya. Terus semangat, terus berusaha, dan terus berdoa. See you in Ekis Unpad. Penulis dalam artikel ini adalah Safira Aryantiputri yang saat ini menjadi Mahasisi Ekonomi Islam Unpad.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Masuk Ekonomi Islam Unpad"

Posting Komentar