Cara Menghitung IP & IPK dengan Mudah, dalam 1 Menit (TERBUKTI)

Cara Menghitung IP dan IPK


IP dan IPK menjadi salah satu ketentuan yang harus dipenuhi oleh setiap mahasiswa yang ada di Perguruan Tinggi, baik untuk PTN dan PTS selalu ada nilai IP dan IPK. Bahkan IP dan IPK juga seringkali menjadi totalk ukur dalam mencari pekerjaan. Oleh sebab itulah tulisan ini akan membagikan tentang Cara Menghitung IP & IPK, akan tetapi sebulum dituliskan penting dan perlu setidaknya kita ketahui apa itu IP dan IPK?.
Baca Juga: 6+ Cara Mengecek Akreditasi Universitas Secara Online

Apa Itu IP dan IPK?

IP (Indeks Prestasi)


IP adalah singkatan daripada Indeks Prestasi Mahasiswa yang diterima setiap satu smester sekali. IP ini dikeluarkan sebagai petunjuk sejauh mana prestasi yang dipenuhi oleh mahasiswa, dengan kata lain IP adalah nilai yang sama atau raport ketika yang kita menjadi pelajar setingkat SD, SMP, dan SMA.


IPK (Indeks Prestasi Komulatif)


IPK merupakan singkatan daripaa Indeks Prestasi Komulatif yang diterima mahasiswa setiap satu semester juga, bedanya IPK ini adalah nilai akhir atau akumalasi akhir yang menjadi dasar serta tolak ukur nilai dalam kelulusan.

Perbedaan IP dan IPK

Sebagai langkah pengetahuan serta menjadi wawasan pembaca, perbedaan yang perlu diahami antara IP dan IPK, jika IP diterima mahasiswa dalam nilai persemesternya akan tetapi jika IPK diterima mahasiswa dalam akumulasinya. Misalnya saja begini, si Andi adalah Mahasiswa Jurusan Kimia di UGM dalam smester 1 si Andi mendapatkan IP 3,40 dan smester 2 mendaatkan IP sebesar 3,50 maka IPK anda dalam satu semester tersebut adalah 3,45.

Batas Maksimum IP dan IPK

Batas maksimum antara IP dan IPK jika menjadi mahasiswa adalah 4,00 (terbaik) dan itupun semua mata pelajaran dalam satu perkuliahan (satu semeter) nilainya mendapatkan predikat A. Sedangkan batas minimum IPK adalah 0,00 yang artinya semua nilai perkulaiah yang diterima mendpatka nilai E semua.

Cara Menghitung IP dan IPK dengan Cepat dan Mudah


Dalam menghitung IP dan IPK ada setidaknya rumus yang dasar yang harus dipenuhi oleh mahasiswa, diantarnya haruslah paham tentang bobot nilai di setiap SKS, sederhannya nilai SKS diperlukan guna dibagi antara nilai total dan Jumlah total SKS.

Cara dan Rumus Menghitung IP

Rumus yang bisa dipergunakan adalah sebagai berikut;

Pembagian Total Nilai (TN) dengan jumlah Total SKS (TK)

Contohnya, Andi adalah Mahasiswa di salah satu Kampus di Indonesia, ia memiliki mata kuliah Sosiologi Politik dengan mutu nilai mata kuliahnya adalah A (kuantitatif nilainya adalah 4) dan jumlah SKSnya adalah SKS 3. Jadi secara totalnya nilai andi dalam Mata Kuliah Kimia Dasar adalah 12.

Contohnya Menghitung IP Mata Kuliah
  1. Mata kuliah Sosiologi Ekonomi: SKS 3 dengan Skor A (4). Nilainya adalah 12 (3 x 4)
  2. Mata kuliah Sosiologi Pendidikan: SKS 3 dengan Skor B (3). Nilainya adalah 9
  3. Mata kuliah Sosiologi Politik: SKS 3 dengan Skor C (2). Nilainya adalah 6
  4. Mata kuliah Sosiologi Hukum: SKS 3 dengan Skor A (4). Nilainya adalah 12
  5. Mata kuliah Teori Sosiologi Klasik: SKS 3 dengan Skor B (3). Nilainya adalah 9
  6. Mata kuliah Sosiolog Agama: SKS 3 dengan Skor C (2). Nilainya adalah 6

TN = 12 + 9 + 6 + 12 + 9 + 6 = 54
TK = 3 + 3 + 3 + 3 + 3 + 3 = 18

Jadi IP Andi dalam Mata Kuliah Sosiologi adalah TN (54) ÷ TK (18) = 3.00

Cara Menghitung Nilai IPK dengan Cepat


Setelah mengetahui cara menghitung IP dan juga contohnya diatas, pada tahap selanjutnya inilah, tulisan akan membagikan cara yang mudah bagaimana menghitung IPK. Cara menghitung IPK (indeks Prestasi Komulatif) lebih mudah dari IP, yaitu Total Nilai IP (TI) dibagi dengan Total Semester (TS) yang telah kita tempuh.

Contoh menghitung IPK:

Nilai IP (Indeks Prestasi) semester 1 = 3.00
Nilai IP (Indeks Prestasi) semester 2 = 3.50
Nilai IP (Indeks Prestasi) semester 3 = 3.20
Nilai IP (Indeks Prestasi) semester 4 = 3.00
Nilai IP (Indeks Prestasi) semester 5 = 3.50
Nilai IP (Indeks Prestasi) semester 6 = 2.50
Nilai IP (Indeks Prestasi) semester 7 = 2.75
Nilai IP (Indeks Prestasi) semester 8 = 3.50

TI = 3.00 + 3.50 + 3.20+ 3.00 + 3.50 + 2.50 + 2.75 + 3.50 = 24.95

TS = 8

Jadi IPK (Indeks Prestasi Komulatif) mahasiswa itu adalah TI (24.95) ÷ TS (8) = 3.11

Setelah mengatahaui bagimana Cara Menghitung IP & IPK yang bisa dilakukan dengan Mudah diatas, perlu setidaknya para pembaca pahami bahwa dalam mendapatkan nilai yang baik seorang mahasiswa harus lulus dengan minimal IPK (2,75) hal ini untuk semua jurusan, baik Jurusan Agama, Pendidikan, Sosial, Teknik, Atapun Saintek. Alasan nilai standar IPK (2,75) dituliskan disini karena dalam beberapa syarat melamar dalam pekerjaan ada yang mensyaratkan tentang IPK yang harus sampai pada Nilai 2,75.

Nah, teman-teman. Demikinalah tulisan mengenai Cara Menghitung IP & IPK dengan Mudah, semoga dengan adanya tulisan ini nantinya dapat membantu dan memberikan pengertian wawasan pembaca, yang saat ini sedang bingung tentang “Cara Menghitung IP atau IPK”. Trimakasih,

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Cara Menghitung IP & IPK dengan Mudah, dalam 1 Menit (TERBUKTI)"