4+ CARA Menghitung Passing Grade (PG) 2018, Dalam 1 Menit!

Cara Mudah Menghitung Passing Grade (PG)


Passing Grade menjadi salah satu hal terpenting bagi pelajar yang akan melajutkan studi di perguruan tinggi. Baik PTN ataupun PTS, terumana PTN (Perguruan Tinggi Negri) yang memang salah satu indikator diterimanya mahasiswa selalu berdasarkan Passing Grade, dan di artikel inilah akan membagikan tentang tata cara menghitung passing grade
Baca Juga: Bagimana Memilih Jurusan?, Inilah Tips-Tips yang Perlu Kalian Fikirkan.

Apa itu Passing Grade (PG)

Passing Grade secara sederahannya diberi pengertian sebagai batas minimal univeritas, institut, ataupun sekolah tinggi dalam menerima calon mahasiswa. Passing Grade lebih digunakan dakan dibutuhkan di dalam SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negri).

Oleh karennnya agar diterima dalam SBMPTN setiap pelajar harus memahami dan mengetahui Passing Grade terbaru, misalnya saja untuk diterima menjadi mahasiswa UGM, ITB, UB, IPB, atau Unila sekalipun harus cerdas dan bisa menghitung Passing Grade yang ada.

Cara Mudah Menghitung Passing Grade


Agar memahmi dan mengerti cara menghitung Passing Grade, diperlukan rumus dan juga analis dari tes-tes sebelumnya. Kuota mahasiswa yang diterima dan juga jumlah pendaftar yang diterima dan ditolak oleh kampus.

#Langkah 1

Rumus Menghitung Passing Grade

PG      = (BE*4-SA*1)*100%/JSL*4
Keterangan dalam Rumus Menghitung Passing Grade

BE = Jumlah Jawaban Dari Soal Yang Benar
SA = Jumlah jawaban Salah dalam pengerjaan soal
JS L= Jumlah Soal yang harus dikerjakan.

#Langkah 2

Contoh Menghitung Soal Passing Grade Berdasarkan Rumus

Dalam meperjelas tulisan diatas, beginilah cara menghitung Passing Grade berdasarkan rumus dengan mudah dikerjakan;

Jumlah soal-soal yang biasanya dikerjakan dalam SBMPTN misalnya saja ada sekitar 120 soal. Pada soal TKD (Tes Kemampuan Dasar), si Andi yang ingin kuliah di UGM dapat menjawab BENAR 25 soal-soal yang diberikian, tidak diisi soalnya sebanyak 15 soal dan salah dalam pengerjaan soal SBMPTN sebanyak  17 soal. Sedangkan pada soal-soal IPA (Ilmu Pengathuan Alam) yang meliputi bidang studi Kimia, Fisika, dan Biologi, Andi dapat menjawab benar sebanyak 36 soal, dan Andi tidak mengisi soal sebanyak 9 soal dan si Andi Salah dalam mengerjakan soal tersebut sebanyak 13 soal. Berapa passing grade Andi yang ingin kuliah di UGM?

#Langkah 3

Jawaban Passing Grade Andi

BE = 25 + 36 = 61
SA = 17 + 13 = 30

Catatan: Sebagai catatan dalam pengerjaan soal SBMPTN yang tidak diisi maka tidak memiliki bobot nilai, oleh karena itulah dalam ujian SBMPTN jika kamu tidak yakin dengan jawaban yang kamu pilih, maka usahakan jangan mengisinya.

PG       = (61*4 – 30*1) * 100%/120*4
            = (244– 30) *100%/480
            = 21.400%/480
            = 44.58%

Jadi passing grade yang dimiliki oleh Andi adalah 44.58%. Jika dalam Hal ini Andi memilih untuk masuk Kampus UGM dengan Jurusan Kedokteran, yang passing grade tahun 2017, untuk Jurusan Kedokteran UGM adalah 45.19% maka dapat dipastiskan peluang lolos Andi untuk masuk di Jurusan Kedokteran Hewan UGM adalah gagal.  Akan tetapi jika andi memilih untuk masuk di Jurusan Ilmu Keperawan Gigi yang Passing Grade nya adalah 43.08% maka harapan Andi lebih besar untuk diterima menjadi Mahasiswa di Univeritas Gajah Mada.

#Langkah 4

Cara Mudah Menghitung Passing Grade dengan mudah diatas pada dasarnya bisa menjadi pondasi awal bagi para pelajar untuk sukses dalam Ujian SBMPTN, apalagi pada saat ini PS (Passing Grade) ini menjadi penting bagi setiap calon mahasiswa.

Meskipun begitu penting setidaknya diketahui bahwa setiap Universitas yang ada di Indonesia memiliki nilai dan jumlah Passing Grade yang berbeda-beda, dari jurusan yang dimilikinya. Untuk ukuran Passing Grade yang terbesar dan terbaik di Indonesia, misalnya saja adalah Jurusan Kedokteran, Ilmu Komunikasi, Menagement, Akuntasi, dan juga Ilmu Komputer memiliki Passing Grade yang tertinggi di Indonesia.

Oleh karena itulah untuk memilih Jurusan dalam Kuliah sangat diperlukan kewaspadaan dan kehati-hatian teman-teman dalam menutukan Jurusan Kuliah yang diinginkan, agar nantinya bisa diterima dalam PTN yang dinginkan.

Demikinalah tulisan mengenai Langkah-Langkah yang mudah dalam Menghitung Passing Grade untuk keperluan SBMPTN. Semoga dengan adanya tulisan ini dapat memberikan wawasan dan juga pengethuan pembaca untuk lolos di PTN yang diimpi-impikan. Trimakasih,

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4+ CARA Menghitung Passing Grade (PG) 2018, Dalam 1 Menit!"

Posting Komentar