3+ Cara Memperbiki Kesalahan Input Data SBMPTN

Beragam pertanyaan banyak bermunculan di laman media sosial ataupun di jejaring website salah satunya pertanyaan tersebut berada di lapor.go.id yang merupakan portal pemerintah yang menanggapi keluhan masyarakat Indonesia. Ada yang menarik terkait salah satu pertanyaan yang diajukan. Yakni Salah Input Data Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negri serta lupa PIN/KAP SBMPTN.

Kemudian atas ketertarikan tersebut kami selaku admin website faktakmpus mencoba memberikan solusi dalam memperbiki kesalahannya. Lantaran diakui atupun tidak pengalaman penulis pernah mengalami beragam bentuk kesalahan tersebut.

Input Data SBMPTN


Pada serangkaian proses menginput data-data SBMPTN sejatinya haruslah dilakukan dengan benar dan penuh kehati-hatian menginat untuk data yang sudah terproses sangatlah sulit diperbaiki. Bahkan jarang pula bisa lakukan pembenaran.

Adapun prosesi dalam penginput an data-data untuk pendaftaran SBMPTN antara lain adalah sebagai berikut;

  1. Nama Pendaftar
  2. Tempat Tanggal Lahir
  3. NIK (Nomor Induk Keluarga)
  4. Tahun Lulus Sekolah SMA/MA/SMK
  5. Jenis Kelamin
  6. Dan lain sebaginya

Pada proses tahapan memasukan beragam syarat-syarat di atas ada beberapa hal yang setidaknya menjadi kekurangan takala diantara kita salah memasukan data-datanya. Misalnya saja salah nama, salah tanggal lahir, salam jenis kelamin. Tentusaja kesalahan tersebut tidak disenggaja.

Pengalaman Salah Memasukan Data SBMPTN


Beradasarkan cerita pribadi yang pernah salah input memasukan data SBMPTN penulis sendiri pernah mengalami berbagai masalah. Masalah ini tentusaja terkait dengan kecemasan, apalagi ditakutkan akibat itu semua memabuat penulis tidak lulus ujian.

Kekhawatiran tersebutlah pada akhirnya penulis menghubungi panitia lokal di Kampus yang menjadi pilihan. Atas saran dari pihak kampus itu kata mereka “tenang semuanya bisa diperbaiki” asalkan lulus terlebih dahulu. Semua itu hanya soal data-data di kampus.

Nah, intinya nggak usah bingung-bingung. Sebab yang pengalaman sendiri menyatakan kalau pastikan terlebih dahulu lulus. Kesalahan tersebut nanti juga bisa diperbaiki. Oh iya akibat kesalahan inilah pada intinya akan mengalami masalah jika diterima.

Masalah ini muncul dengan syarat lolos SBMPTN dahulu, jadi tidak terjadi sebelu lulus.

Permasalahan yang dimaksudkan antara lain;

  1. Kesalahan Siakad, apabila salah nama/jenis kelamin/tanggal lahir
  2. Kesalahan di KTM biasanya prihal kesalahan ini hanya berlaku untuk kesalahan nama saja
  3. Kesalahan di daftar hadir mahasiswa
  4. Kesalahan dosen dalam memanggil, teruma kesalahan-kesalahan nama (julukan)

Cara Mengatasi Salah Input Data SBMPTN


Nah, prihal tersebut ada beberapa cara yang penulis lakukan untuk mengatasinya, antara lain adalah sebagai berikut;

Datang Ke Panitia Penyelenggara

Datang ke kampus yang menjadi panitia lokal penyelenggaraan SBMPTN, akan tetapi pada tahapan ini gagal merubah kesalahan. Lantaran kata panitia yang bersangkutan tidak menjadi masalah, teteap saja di laman pengumuman SBMPTN yang menjadi prioritas nantinya adalah nilai, bukan data-data pribadi.

Setelah Diterima Membawa Ijasyah

Nah, pada proses registrasi pendaftaran mahasiswa pada saat itu penulis berhasil di terima di kampus pilihan. Akan tetapi tetep dengan nama yang salah. Akibatnya pada saat itu saya mencoba konfrimasi kepada pihak penyelenggara terutama yang mengurusi pendaftaran mahasiswa baru.

Dengan langsung membawa ijasyah penulis bertanya “maaf saya dulu salah nama?”, kata panitinya yaudah tulis saja dengan nama benar kamu. Karena disitu nanti akan di cek kebenarannya dan menjadi data di kampus ini.

Meskipun sudah mencoba memberikan pembenaran pada akhirnya tetap nama penulis disini adalah salah, termasuk di absen dan KTM.

Pengurusan Ijasyah Kuliah

Setelah menghadapi proses sidah skripsi karena pada saat itu akan menjadi sarjana. Akhirnya penulis berhasil merubahnya, dengan langsung data ke gedung rektorat (pusat di kampus) dengan syarat membawa izsyah SMA/KTP/KK/AKte Kelahiran.

Prihal keberhasilan ini ada beberapa hal yang menjadi catatan, antara lain;

  1. Proses pengurusan pembenaran akibat salah input Data SBMPTN dilakukan setelah masuk di semeter akhir menjeleng lulus kuliah
  2. Lulus kuliah dengan nama ijasyah yang sama persis dengan ijasyah SMA, hal ini karena saat menjadi mahasiswa akan wisuda senantiasa di prioritaskan pemebenaran akibat kesalahan
Baca juga;

  1. Tips Lolos Jurusan Hubungan Internasional UPN Veteran Jatim
  2. Tips Mendapatkan Nilai Yang Memuaskan
  3. TIPS Masuk Perguruan Tinggi dengan Jalur SNMPTN

Nah, itu tadi sekilas tentang tulisan yang memberikan penjabaran kepada segenap pembaca terkait dengan cara mengubah salah memasukan Data SBMPTN yang pernah dilakukan. Semoga melalui artikel ini memberikan informasi ya. Trimakasih,

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3+ Cara Memperbiki Kesalahan Input Data SBMPTN"

Posting Komentar