2+ Daftar Nama Kampus di Kabupaten Batang Negeri dan Swasta


Batang merupakan sebuah kabupaten yang berada di Prov. Jawa Tengah yang berbatasan dengan Kabupaten Banjarnegara di selatan, dan di sebelah utara berbatasan dengan Laut Jawa. Pada kesempatan kali ini yang akan dibahas secara mendalam adalah pendidikan tingkat tertinggi di Kabupaten Batang.

Tak kalah dengan wilayah lain, Batang juga memiliki perguruan tinggi. Untuk warga batang dan sekitarnya, yuk simak apa saja daftar nama kampus di Jawa Tengah, khususnya di Kabupaten Batang berikut.

Kampus di Batang


Secara geografis, Kabupaten Batang memiliki potensi terhadap perkembangan agroindustri, agrowisata serta agrobisnis karena memiliki wilayah pantai, dataran rendah, dan juga pegunungan. Lembaga pendidikan di kabupaten ini tersebar merata hampir di seluruh wilayah kecamatan dari SD sederajat hingga SMA sederajat. Namun, untuk kampus sendiri belum begitu banyak di Kabupaten Batang.

Daftar Perguruan Tinggi di Kabupaten Batang


Meski demikian, perguruan tinggi yang telah didirikan di kabupaten ini diharapkan dapat mencukupi kebutuhan pendidikan masyarakat Batang. Untuk lebih jelasnya, berikut informasi lengkap daftar perguruan tinggi yang terdaftar resmi di Kabupaten Batang.

UNDIP Kabupaten Batang

Universitas Dipenogoro telah membuka PSDKU atau kepanjangan dari Program Studi Diluar Kampus Utama di sejumlah daerah termasuk Kabupaten Batang. PSDKU-Undip berlokasi di gedung yang sebelumnya digunakan untuk Dinas Pertanian Batang. Gedung ini beralamat di Jl. Dr. Wachidin no. 56, Kecamatan Batang.

Kabupaten Batang adalah salah satu daerah yang memiliki potensi sumber daya alam yang sangat banyak, baik sebagai destinasi wisata maupun lahan bisnis. Pesona inilah yang membuat Universitas Dipenogoro bertujuan membangun perguruan tinggi dengan sistem yang berkelas dunia di Kabupaten Batang.

Untuk saat ini, program studi yang disediakan adalah Diploma 3 Hubungan Masyarakat dan Diploma 3 Administrasi Pajak. Para mahasiswa baru yang tertarik mengambil program studi di PSDKU Undip Batang akan diseleksi dengan cara mengikuti Seleksi Ujian Mandiri PSDKU program vokasi.

Karena antusias masyarakat Batang yang sangat tinggi dengan adanya PSDKU Undip ini meski baru menginjak tahun kedua, Pemkab Batang memberikan hibah tanah sebagai gedung perkuliahan. Pemerintah Kabupaten Batang memberi kepercayaan pada Universitas Diponegoro untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang lebih baik untuk warga sekitar.

Sertifikat atas hibah tanah tersebut baru diberikan beberapa bulan lalu oleh Bupati Batang sendiri kepada Rektor Undip, Prof. Dr. Yos Johan Utama. Lokasi hibah lahan tanah berada di Desa Tumbrep, Kecamatan Bandar, Batang dengan luas 9,4 hektar.

Hibah lahan tanah ini memiliki tujuan utama selain agar kualitas pendidikan meningkat, namun kesejahteraan warga setempat juga diharapkan semakin meningkat dengan adanya pembangunan kampus ini.

Universitas Selamat Sri (UNISS) Batang

Daftar nama kampus di Kabupaten Batang berikutnya bernama UNISS atau Universitas Selamat Sri. Universitas yang berdiri pertama kali di Batang ini memiliki cabang utama di Kabupaten Kendal. UNISS Batang baru diresmikan pada tahun 2016. Meski demikian, universitas satu ini menyediakan banyak program studi pilihan untuk para calon mahasiswa.

Berikut ini daftar fakultas dan program studi yang ada di UNISS Batang, antara lain:
  • Fakultas Teknik & Rekayasa
  1. Tekinik Sipil (S1)
  2. Arsitek (S1)
  3. Industri (S1)
  4. Perencanaan Wilayah & Kota (S1)
  • FIKOM (Fakultas Ilmu Komunikasi)
  1. Teknik Infomatika (S1)
  2. Desain Komunikasi Visual (S1)
  • FISIP
  1. Ilmu Komunikasi (S1)
  2. Ilmu Pemerintahan (S1)
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  1. Akuntansi (S1)
  2. Manajemen (S1)
  • Fakultas Hukum
  1. Ilmu Hukum (S1)
  • Fakultas Psikologi
  1. Psikologi (S1)
Perguruan tinggi ini sebelumnya berstatus sekolah tinggi, kemudian dilakukan pengajuan untuk menjadi sebuah universitas pada 2016 lalu. UNISS merupakan salah satu lembaga pendidikan formal yang ada dibawah pengelolaan Yayasan Wakaf Selamat Rahayu.

Selain perguruan tinggi, yayasan ini juga memiliki pondok pesantren yang sangat terkenal bernama Pondok Pesantren Modern Selamet yang terdiri dari SMP dan SMA. Baik SMP dan SMA, semua telah terakreditasi A yang berada di Kabupaten Kendal dan Kabupaten Batang.

Jika Anda tertarik melanjutkan studi perguruan tinggi di UNISS Batang, datanglah langsung ke Jalan Batang – Semarang KM.14, Clapar, Kecamatan Subah, Kab. Batang.

Itu dia dua daftar nama kampus di yang ada di Kabupaten Batang, Provinsi Jawa Tengah. Semoga melalui ulasan ini bisa memberikan wawasan dan menambah pengetahuan bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih,

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "2+ Daftar Nama Kampus di Kabupaten Batang Negeri dan Swasta"

Posting Komentar