6+ Daftar Nama Kampus di Kabupaten Ciamis Terlengkap


Kabupaten Ciamis di Jawa Barat banyak melahirkan tokoh penting di berbagai bidang. Meski mayoritas dari mereka enggan untuk menonjolkan diri di hadapan publik, namun keberhasilan mereka tidak terlepas dari pentingnya pendidikan tinggi di daerah tersebut. Sebab itu, semua yang tercatat dalam daftar nama kampus di Kabupaten Ciamis sangat direkomendasikan.

Kampus di Kabupaten Ciamis


Di Ciamis, meski jumlah perguruan tinggi tidak sebanyak di kota-kota metropolitan, namun soal kredibilitasnya tidak perlu diragukan.

Masing-masing kampus yang ada selalu berhasil membentuk alumnus yang tidak hanya berdedikasi pada profesi namun juga memiliki kepribadian yang unggul. Kampus-kampus di sini sendiri semuanya berstatus milik swasta.

Daftar Nama dan Alamat Kampus di Kabupaten Ciamis


Bila ingin melanjutkan pendidikan tinggi di Kabupaten Ciamis, dapat menyimak ulasan yang mencakup daftar nama berikut alamat lengkap dari kampus-kampus yang ada :

Universitas Galuh (UNIGAL) Ciamis

Kampus pertama di Ciamis adalah Universitas Galuh yang menggelar kegiatan pendidikan tinggi sejak tahun 1995. Bangunan perkuliahan berada di Jalan R.E. Martadinata No. 150, Ciamis. Terdapat opsi jenjang pendidikan S-1 dan S-2. Adapun rincian program studi di sini :

  1. Fakultas Teknik : S-1 Teknik Sipil.
  2. Fakultas Bisnis Manajemen : S-1 Ilmu Manajemen dan S-2 Ilmu Manajemen.
  3. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) : S-1 Pendidikan Matematika.

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Muhammadiyah Ciamis

Berada di Jalan K. H. Ahmad Dahlan No. 20, sekolah tinggi kesehatan yang masuk dalam daftar nama kampus di Kabupaten Ciamis adalah STIKES Muhammadiyah Ciamis. Beroperasi sejak tahun 2006, terdapat beberapa program studi yang dapat dipilih oleh para calon akademika :

  1. D-3 Analis Kesehatan.
  2. S-1 Keperawatan.
  3. D-3 Farmasi.

Ketiga program studi di atas masih memiliki status akreditasi C. Meski demikian, tidak perlu mengkhawatirkan perihal jenjang karir karena rata-rata alumnusnya akan otomatis ditarik untuk bekerja di instansi kesehatan milik Muhammadiyah yang tersebar di berbagai penjuru negeri.

Institut Agama Islam Darussalam Ciamis

Sebenarnya, perguruan tinggi ini telah berdiri sejak tahun 1972, namun sempat terhenti lama operasinya sebelum kemudian dilanjutkan kembali. Kampus yang berlokasi di K. H. Fadhil I Darussalam ini menyelenggarakan beberapa program studi unggulan;

  1. Pendidikan Agama Islam jenjang pendidikan S-1 & S-2.
  2. Pendidikan Guru Raudhatul Athfal jenjang S-1.
  3. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah jenjang S-1.
  4. Ilmu Ekonomi Syariah jenjang S-1.
  5. Ahwal Al-Syakhshiyah jenjang S-1.

Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) NU Al-Farabi

Lokasi kampus ini berada di daerah pesisir pantai, tepatnya di Jalan Cigugur KM. 03, Pasirkiara, Karangbenda, Parigi, Pangandaran. Berada di bawah naungan NU, tersedia dua program studi di kampus swasta ini : S-1 Manajemen Pendidikan Islam dan S-1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini.

Sekolah Tinggi Ilmu Agama Islam (STAI) Al-Ma’arif Ciamis

Perguruan tinggi selanjutnya yang masuk daftar nama kampus di Kabupaten Ciamis adalah STAI Al-Ma’arif Ciamis. Gedung perkuliahannya berlokasi di Jalan Umar Soleh, Imbanagara Raya. Kampus ini mulai aktif kegiatan pendidikannya sejak tahun 2008. Hingga saat ini, telah tersedia banyak opsi program studi jenjang S-1 :

  1. Pendidikan Agama Islam.
  2. Muamalah (Ilmu tentang perilaku sosial dalam sudut pandang agama Islam)
  3. Ekonomi Syariah
  4. Jinayah dan Siyasah (Ilmu perpolitikan luar negeri berdasarkan pandangan Islam).

Akreditasi yang didapatkan untuk kegiatan perkuliahannya adalah B. Sebuah pencapaian yang bagus dan oleh pihak kampus berusaha untuk terus ditingkatkan melalui berbagai kegiatan pendidikan yang berkualitas.

Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Putra Galuh

Kampus ini aktif kalender pendidikannya sejak 17 Desember 2007. Lokasinya di Jalan Raya Banjar No. 141 KM. 03, Cijantung, Cijeungjing.

Hanya satu program studi di kampus ini, yaitu S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah berakreditasi C. Meski begitu, kampus ini cukup ramai peminat berkat biaya kuliah terjangkau tanpa menurunkan standar kualitasnya.

Cukup lengkapnya daftar nama kampus di Kabupaten Ciamis di atas cukup membuktikan pentingnya menempuh pendidikan setinggi mungkin di sini. Kampus-kampus tersebut terus berusaha untuk menyajikan pendidikan terbaik dengan biaya kuliah terjangkau walaupun berstatus sebagai perguruan tinggi swasta yang identik dengan uang kuliah mahal.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6+ Daftar Nama Kampus di Kabupaten Ciamis Terlengkap"

Posting Komentar