3+ Daftar Nama Kampus di Kabupaten Temanggung Terlengkap


Kabupaten Temanggung merupakan sebuah daerah yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Secara geografis, wilayah kabupaten ini berupa dataran tinggi serta pegunungan dan termasuk dalam area Dataran Tinggi Dieng.

Dalam bidang pendidikan, Kabupaten Temanggung memiliki lembaga pendidikan formal dan non-formal dari sekolah dasar hingga jenjang perguruan tinggi. Untuk informasi mengenai perguruan tinggi yang ada di sini, berikut daftar nama kampus di Jawa Tengah, khususnya di Kabupaten Temanggung.

Kampus di Temanggung


Perguruan tinggi adalah tingkat pendidikan tertinggi yang digunakan untuk menghasilkan SDM yang memiliki kemampuan akademis serta profesional. Di Kabupaten Temanggung juga tersedia perguruan tinggi untuk menyediakan pendidikan terbaik pada masyarakatnya.

Meskipun status perguruan tinggi di kabupaten ini bukan universitas melainkan sekolah tinggi dan akademi, namun kualitas pendidikan dan tenaga pendidiknya tidak perlu diragukan.

Hingga saat ini, jumlah kampus yang ada di Kabupaten Temanggung adalah tiga di mana dua merupakan akademi dan satu adalah sekolah tinggi.

Daftar Perguruan Tinggi di Kabupaten Temanggung


Berikut ini daftar perguruan tinggi Kabupaten Temanggung yang resmi terdaftar di Ristekdikti, antara lain:

STAINU

Perguruan tinggi yang pertama bernama STAINU Temanggung yang merupakan kepanjangan dari Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama. Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama Temanggungg didirikan pada tahun 1969 atas ide dari K.H Abdul Hadi Shofwan.

Pada saat itu, beliau merupakan Ketua Tahfidziyah PCNU Temanggung. Selain itu, K.H Abdul Hadi Shofwan juga merupakan pendiri serta pengasuh Ponpes Al-Hidayah dan Al-Huda Temanggung.

Sekolah tinggi agama islam ini memiliki dua fakultas, yaitu Fak. Tarbiyah dan Fak. Syariah. Untuk Fakultas Tarbiyah terdiri dari Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), serta Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD).

Sedangkan Fakultas Syariah terdiri dari Ekonomi Syariah (ES), dan Hukum Keluarga Islam atau al-Ahwal al-Shakhsiyyah (AS). Sekolah tinggi ini terletak di Temanggung Lor, Kec. Temanggung, Kabupaten Temanggung.

Akper Ngesti Waluyo

Daftar nama kampus di Kabupaten Temanggung yang kedua adalah Akademi Perawat Ngesti Waluyo. Akademi Perawat yang berada di Jl. Pahlawan, Jubug, Parakan, Kab. Temanggung 56254, Provinsi Jawa Tengah ini hanya menyediakan program studi D3 Keperawatan.

ANW memiliki tujuan untuk membuat pendidikan yang dinamis dan unggul dalam bidang kesehatan berbasis keluarga serta mencetak tenaga kesehatan yang unggul, profesional, dan berwawasan global.

Akper Ngesti Waluyo juga menyediakan fasilitas asrama khusus mahasiswi yang dapat menampung sekitar 144 orang. Jadi, untuk para mahasiswi yang berasal dari luar Temanggung atau lokasi tempat tinggalnya jauh dari kampus bisa tinggal di asrama.

Selain itu, perguruan tinggi ini juga menyediakan fasilitas seperti gedung perkuliahan, perpustakaan, serta laboratorium keperawatan.

ANW juga menjalin kerjasama dengan sejumlah rumah sakit agar kemampuan mahasiswa semakin meningkat. Rumah sakit ini nantinya akan menjadi tempat praktik para mahasiswa. Sejumlah rumah sakit yang bekerja sama dengan ANW, antara lain:

  1. RS Kristen Ngesti Waluyo Parakan
  2. RS Budi Rahayu Pekalongan
  3. RS Santa Maria Pekalongan
  4. RS Bethesda Yogyakarta
  5. RS Emanuel Klampok Banjarnegara
  6. RS Mardi Rahayu Kudus
  7. RS Palang Biru Gombong
  8. RS Panti Rahayu Purwodadi

AKPER Alkautsar

Perguruan tinggi terakhir yang ada di Kabupaten Temanggung adalah Akademi Perawat Alkautsar. Akademi Keperawatan yang telah terakreditasi B ini memiliki program studi Diploma 3 Keperawatan. Akademi keperawatan yang didirikan pada 27 Februari 1996 ini memiliki beragam fasilitas pendukung yang cukup lengkap.

Di sini, tersedia ruang kuliah yang nyaman serta dilengkapi LCD proyektor, hotspot area, laboratorium keperawatan, serta perpustakaan.

Perpustakaan di Akper Al Kautsar memiliki koleksi buku yang lumayan lengkap tentang keperawatan, kedokteran, serta jurnal kesehatan. Selain itu, Akademi Alkautsar juga menyediakan beasiswa untuk para mahasiswa yang berprestasi.

Akademi Alkautsar Kab. Temanggung menyediakan beragam agenda, seperti pelatihan wound care, pelatihan ICU, pelatihan penanganan penderita gawat darurat, penyelenggaraan ujian kompetensi, pelatihan hemodialisa serta NICU.

Kampus yang memiliki tagline tidak hanya menghasilkan tenaga perawat profesional melainkan juga penghafal Alquran ini terletak di Jl. Kadar, Maron, Kabupaten Temanggung.

Pilihlah salah satu dari daftar nama kampus di Kabupaten Temanggung yang sesuai dengan passion dan bidang yang Anda minati. Berminat kuliah di Kabupaten Temanggung?. Semoga informasi ini bermanfaat ya. Trimakasih,

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3+ Daftar Nama Kampus di Kabupaten Temanggung Terlengkap"

Posting Komentar