6+ Daftar Nama Kampus di Kabupaten Brebes yang Bagus


Brebes adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jateng dengan jumlah penduduk terbanyak se-provinsi Jawa Tengah. Di Jawa Tengah terdapat banyak universitas dari negeri hingga swasta yang bisa menjadi pilihan calon mahasiswa termasuk di Kabupaten Brebes.

Apa saja daftar nama kampus di Provinsi Jawa Tengah, khususnya yang ada di wilayah Kabupaten Brebes, yuk simak informasi di bawah ini.

Kampus di Brebes


Telur asin Brebes telah terkenal kelezatannya hingga pelosok Indonesia. Namun, kali ini bukan sedang membahas mengenai wisata kuliner Kabupaten Brebes, melainkan perguruan tinggi yang ada di kabupaten ini.

Untuk warga Brebes dan sekitarnya, informasi mengenai daftar kampus yang ada di Brebes semoga bisa jadi referensi untuk yang sedang bingung menentukan akan kuliah di mana. Tidak hanya universitas, ada sekolah tinggi dan juga akademi yang menyediakan program belajar selain Strata 1 di kabupaten ini.

Daftar Perguruan Tinggi di Kabupaten Brebes


Kampus di Kabupaten Brebes semua dikelola oleh swasta. Namun, tidak semua sekolah swasta itu mahal atau memiliki kualitas kurang baik dibanding negeri. Jika Anda memiliki semangat belajar tinggi, baik negeri atau swasta bisa jadi jembatan untuk meraih apa yang Anda impikan. Pasalnya, jika Anda memiliki nilai IPK yang baik, kesempatan untuk meraih beasiswa pun terbuka lebar.

Universitas Muhadi Setiabudi (UMUS) 

Ini merupakan perguruan tinggi pertama yang ada di Kabupaten Brebes. UMUS secara resmi beroperasi pada tanggal 20 Februari 2013 yang didirikan oleh Dr. (HC) H. Muhadi Setiabudi. Universitas swasta ini berada di Jalan Pangeran Diponegoro KM.2, Pesantunan, Kecamatan Wanasari, Kab. Brebes 52221, Prov. Jateng.

Terdapat 5 fakultas di UMUS, seperti Fakultas Ilmu Kesehatan, Fakultas Pertanian, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Teknik, serta FKIP.

Universitas Peradaban Bumiayu

Perguruan tinggi yang ada di Kabupaten Brebes berikutnya adalah Universitas Peradaban yang didirikan pada tahun 2014, tepatnya pada tanggal 18 Oktober. Kampus ini di bawah naungan Yayasan Wakaf Ta’allumul Huda Bumiayu yang merupakan pengembangan dari dua sekolah tinggi (STIE dan STKIP) menjadi sebuah universitas.

Letak Universitas Peradaban Bumiayu berada di Jalan Raya Pagojengan KM.3, Paguyangan, Kabupaten Brebes 52276. Berikut ini daftar fakultas dan program studi yang ada di Universitas Peradaban, antara lain:

  1. FKIP terdiri dari Strata 1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Strata 1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Strata 1 Pendidikan Matematika, serta Strata 1 Pendidikan Bahasa Inggris.
  2. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik terdiri dari Strata 1 Ilmu Komunikasi, Strata 1 Ilmu Hubungan Internasional, serta Strata 1 Sastra Jepang.
  3. Fakultas Ekonomika dan Bisnis terdiri dari Strata 1 Akuntansi dan Strata 1 Manajemen.
  4. Fakultas Sains dan Teknologi terdiri dari Strata 1 Farmasi, Teknik Informatika, Sistem Informasi, Teknik Elektro, Agribisnis, serta D3 Teknik Komputer.


STAI Brebes

Daftar nama kampus di Kabupaten Brebes selanjutnya adalah Sekolah Tinggi Agama Islam yang telah berdiri sejak tanggal 1 Januari 2000. Lokasinya berada di Jalan Yos Sudarso No.26, Batang, Kabupaten Brebes 5221, Prov. Jateng. Perguruan tinggi ini bisa jadi alternatif untuk Anda yang mencari program studi Strata 1 untuk Ilmu ALqur’an dan Tafsir serta Ilmu Hadits.

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Manggalia

Kampus berikutnya adalah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Manggalia. Berada di Jl. Taman Siswa, Klp. Sawit, Padasugih, Brebes, kampus ini telah berdiri sejak 20 November 1996. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Manggalia berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Widya Manggalia.

Akbid YPBHK

Sedangkan informasi perguruan tinggi yang berada di Kabupaten Brebes selanjutnya adalah Akbid YPBHK. Akademi Kebidanan YPBHK Brebes mendapatkan Surat Keputusan Mendiknas Republik Indonesia No 127/D/0/2008 untuk menyediakan pendidikan pada tahun 2008. Lembaga yang mencetak bidan-bidan profesional ini terletak di Jl. Raya Jatibarang, Kec. Jatibarang, Kabupaten Brebes 52261, Jateng.

Akper Al Hikmah 2

Untuk perguruan tinggi terakhir yang ada di Kabupaten Brebes ini adalah Akper Al Hikmah 2. Lokasi Akademi Keperawatan ini berada di Jalan Raya Desa Benda, Kec. Sirampog, Kab. Brebes, 52272, Prov. Jawa Tengah.

Apakah dari keenam daftar nama kampus di Kabupaten Brebes ada yang menjadi favorit Anda? Demikian informasi mengenai deretan perguruan tinggi di Kabupaten Brebes yang berhasil dirangkum. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6+ Daftar Nama Kampus di Kabupaten Brebes yang Bagus"

Posting Komentar