8+ Daftar Nama Kampus di Kabupaten Kudus Negeri dan Swasta


Kudus merupakan salah satu kabupaten di eks Karesidenan Pati yang memiliki ragam perguruan tinggi ternama dan cukup populer. Tidak hanya yang berstatus sebagai perguruan tinggi negeri saja yang ada di Kabupaten Kudus, beberapa masih berstatus sebagai perguruan tinggi swasta yang banyak diminati oleh masyarakat.

Untuk lebih jelasnya, berikut daftar nama kampus Jawa Tengah, khususnya yang ada di wilayah Kabupaten Kudus.

Kampus di Kudus


Kampus di Kudus memiliki ragam status, mulai dari universitas, institut, sekolah tinggi, dan akademi. Memang tidak semua kampus di Kudus berstatus sebagai perguruan tinggi negeri, beberapa masih berstatus perguruan tinggi swasta yang kualitasnya tidak kalah dengan kualitas perguruan tinggi negeri.

Daftar Perguruan Tinggi di Kudus


Untuk mengetahui lebih jelas mengenai daftar nama kampus di Kabupaten Kudus, di bawah ini adalah ulasan mengenai ragam kampus di Kudus. Dengan mengetahui beragam program studi yang ditawarkan masing-masing kampus akan menjadi referensi Anda untuk dapat melanjutkan studi di Kudus.

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus

IAIN Kudus merupakan perguruan tinggi negeri di bawah Kementerian Agama yang berlokasi di Ngembal Rejo, Kudus. Mulanya, kampus ini merupakan bagian dari IAIN Walisongo Semarang yang kemudian tahun 1997 beralih menjadi STAIN Kudus.

Seiring bertambahnya tahun, di tahun 2016, STAIN Kudus mulai berubah menjadi IAIN Kudus dengan 4 jurusan dan 3 program pascasarjana.

Empat jurusan yang ada di IAIN, yaitu jurusan Tarbiyah dengan 10 program studi, jurusan syariah dengan 7 program studi, jurusan Ushuluddin dengan 4 program studi, dan jurusan Dakwah dan Komunikasi dengan 5 program studi.

Sedangkan untuk program pascasarjana terdapat program studi Magister Manajemen Pendidikan Islam, Magister Ekonomi Syariah, dan Magister Ilmu Syariah.

Universitas Muria Kudus (UMK)

UMK merupakan perguruan tinggi swasta di Kudus yang cukup banyak diminati masyarakat. Terletak di Gondangmanis, Bae, Kudus, UMK telah memperoleh akreditasi B untuk standart AIPT.
Terdapat 6 fakultas dengan program studi dari tingkat sarjana hingga pascasarjana.

Fakultas yang ada di UMK yaitu;

  1. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  2. Fakultas Ekonomi
  3. Fakultas Teknik
  4. Fakultas Hukum
  5. Fakultas Pertanian
  6. Fakultas Psikologi

Universitas Muhammadiyah Kudus (UMKU)

UMKU merupakan perguruan tinggi swasta di Kudus yang baru beralih status menjadi universitas di tahun 2018. Jika dulu bernama Stikes Muhammadiyah Kudus, setelah beralih menjadi universitas, kini berubah menjadi 3 fakultas dan 18 program studi dengan jumlah mahasiswa lebih dari 2000 mahasiswa di tahun akademik 2019/2020.

Program studi yang ada di UMKU terdiri dari 2 program diploma, 14 program sarjana, dan 2 program profesi.

Akademi Kebidanan (Akbid) Pemda Kudus

Akbid Pemda Kudus merupakan perguruan tinggi di bawah naungan Pemerintah Daerah Kudus yang fokus di bidang ilmu kebidanan. Hanya saja kini Akbid Pemda Kudus telah beralih bina ke Yayasan Bina Insan Mulia yang akan mengubah status Akbid menjadi politeknik dengan jurusan yang lebih beragam.

Akademi Kebidanan (Akbid) Mardi Rahayu Kudus

Berada di Kelurahan Panjunan, tepatnya di Jalan Kyai H. Wahid Hasil, Akbid Mardi Rahayu telah berdiri sejak tahun 2004. Akbid Mardi Rahayu memiliki 1 program studi, yaitu D3 Kebidanan dengan tenaga pengajar yang profesional di bidangnya.

Akademi Kebidanan (Akbid) Muslimat NU Kudus

Akbid Muslimat NU Kudus merupakan salah satu perguruan tinggi swasta di Kudus yang terletak di Kecamatan Gebog. Selain memiliki 1 program studi, yaitu D3 Keperawatan, para mahasiswi juga bisa mengeyam pendidikan di Pondok Pesantren Putri Az Zahra.

Akademi Keperawatan (Akper) Krida Husada

Akper Krida Husada memiliki 1 program studi D3 Keperawatan yang memiliki akreditasi B dari LAM-PTKes. Berlokasi di Jalan Lingkar Raya Kudus-Pati, Mejobo, Akper Krida Husada berdiri sejak tahun 1995 dengan tenaga pengajar yang kompeten di bidangnya.

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Cendekia Utama Kudus

Berlokasi di Jalan Lingkar Timur, Mejobo, Stikes Cendekia Utama memiliki ragam program studi dengan biaya yang terjangkau. Program studi di Stikes Cendekia Utama Kudus yaitu S1 Kesehatan Masyarakat, S1 Ilmu Keperawatan dan Profesi Ners, S1 Farmasi, dan D3 Farmasi.

Meskipun banyak daftar nama kampus di Kabupaten Kudus yang ada, Anda bisa memilih sesuai dengan keinginan Anda untuk  melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Semoga informasi di atas bisa menjadi referensi Anda.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "8+ Daftar Nama Kampus di Kabupaten Kudus Negeri dan Swasta"

Posting Komentar