7+ Daftar Nama Kampus di Kabupaten Pekalongan Negeri dan Swasta


Pekalongan merupakan sebuah kabupaten yang lokasinya berada di pesisir pantai utara Prov. Jawa Tengah. Pekalongan terletak di jalur pantura, yaitu sebagai penghubung antara Jakarta, Semarang, dan Surabaya.

Membicarakan pendidikan di Pekalongan, kabupaten satu ini juga mempunyai daftar lembaga pendidikan dari SD, perguruan tinggi hingga pondok pesantren. Untuk lebih jelasnya, berikut ini daftar nama kampus di Kabupaten Pekalongan.

Kampus di Pekalongan


Kabupaten Pekalongan memiliki 19 kecamatan dimana tersebar beberapa perguruan tinggi mulai dari universitas, institut, sekolah tinggi, serta akademi. Jadi, para warga Pekalongan dan sekitarnya tidak perlu kuliah jauh-jauh karena telah tersedia banyak kampus yang ada di Jawa Tengah, khususnya di Pekalongan.

Daftar Perguruan Tinggi di Kabupaten Pekalongan


Berikut ini daftar lengkap semua perguruan tinggi yang terdaftar secara resmi di Kabupaten Pekalongan, antara lain:

IAIN Pekalongan

Institut Agama Islam Negeri Pekalongan merupakan kampus islam negeri yang berada di Pekalongan. Perguruan tinggi ini berdiri sejak 21 Maret 1997 atau12 Dzulqaidah 1417 H. Institut Agama Islam Negeri Pekalongan memiliki sejumlah fakultas diantaranya Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Ekonomi dan Bisnis Islam, Syari’ah, Program Pasca Sarjana, dan lain sebagainya.

IAIN Pekalongan berada di Jl. Kusuma Bangsa No.9, Panjang Baru, Kec. Pekalongan Utara, Prov. Jawa Tengah. Untuk keterangan lebih jelasnya, Anda dapat kunjungi sirtus resmi IAIN Pekalongan https://www.iainpekalongan.ac.id/.

ITS NU

Perguruan tinggi berikutnya adalah ITS NU Pekalongan. Ini adalah salah satu perguruan tinggi yang ada di Kabupaten Pekalongan yang berada di bawah kepengurusan yayasan NU. ITS NU memiliki visi untuk menghasilkan generasi yang tidak hanya cakap dalam ilmu pengetahuan melainkan memiliki akidah islam yang sesuai dengan Ahlusunnah Wal Jama’ah an-Nahdliyah.

Untuk Anda yang tertarik kuliah di sini, ITS memiliki banyak keunggulan seperti kurikulum yang terintegrasi, serta menghasilkan tenaga hightech yang siap kerja dan berakhlak islami yang baik.

ITS mempunyai sejumlah program studi, yaitu Strata 1 Teknologi Informasi, Strata 1 Teknologi Industri, Strata 1 Teknologi Komputer, dan Strata 1 Fisika. Kampus ini beralamat di Jalan Karangdowo No.9, Kedungwuni Barat, Pekalongan.

Universitas Pekalongan (UNIKAL)

Daftar nama kampus di Kabupaten Pekalongan yang ketiga adalah Universitas Pekalongan (UNIKAL). Alamat kampus UNIKAL ada di Jl. Sriwijaya No.3, Bendan, Pekalongan Barat, Pekalongan dengan nomor telepon (0285) 421096.

Fakultas yang tersedia di sini adalah Fakultas Hukum, Ekonomi, FKIP, Ilmu Kesehatan, Pertanian, Teknik, Perikanan, Farmasi, Lembaga Penjaminan Mutu, dan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat.

Akademi Komunitas Negeri

Perguruan tinggi berikutnya adalah Akademi Komunitas Negeri Pekalongan yang merupakan inkubator bisnis sebagai sarana bagi mahasiswa dalam melatih diri untuk berkreasi dalam dunia bisnis.

Berdasarkan informasi di Ristekdikti, akademi ini berstatus negeri yang berdiri pada 29 Agustus 2014. Alamat AKN Pekalongan berada di Jl.Perintis Kemerdekaan No.30, Pekalongan, Jawa Tengah dengan nomor telepon (0285) 427943.

Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan 

Universitas berikutnya adalah UMPP atau Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan. UMPP berada di Jl. Raya Ambokembang No.8, Kecamatan Kedungwuni, Pekalongan.

UMPP memiliki berbagai prodi seperti Sarjana Akuntansi, Sarjana Ekonomi Syariah, Sarjana Manajemen,  Sarjana Keperawatan,  Sarjana Farmasi, Sarjana Fisioterapi, dan Sarjana Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Selain itu, terdapat prodi untuk Diploma Tiga Akuntansi, Diploma Tiga Keperawatan, Diploma Tiga Kebidanan, Diploma Tiga Manajemen Informatika, Diploma Tiga Teknik Elektronika, dan lain sebagainya.

Akademi Analisis Kesehatan (AAK)

Perguruan tinggi selanjutnya adalah Akademi Analisis Kesehatan atau yang disingkat AAK Pekalongan. Akademi Analisis Kesehatan adalah perguruan tinggi berbentuk akademi dengan sistem profesional.

Akademi kesehatan ini berada di Jl. Ade Irma Suryani No.06, Dadirejo, Kecamatan Tirto, Pekalongan dengan nomor telepon (0285) 4416833.

AAK memiliki sarana dan prasarana yang memadai seperti lapangan parkir, lapangan olahraga, laboratorium komputer, perpustakaan, ruang UKS, laboratorium kimia, laboratorium mikrobiologi, dan laboratorium hematologi.

STAI Ki Ageng Pekalongan YMI

Perguruan tinggi selanjutnya bernama STAI Ki Ageng Pekalongan YMI Pekalongan. Ini adalah sebuah perguruan tinggi swasta yang berada di Jl. Simpang Tiga, Wonopringgo, Pekalongan.

Adakah salah satu dari daftar nama kampus di Kabupaten Pekalongan ini yang membuat Anda tertarik?. Semoga informasi dan artikel yang sudah kami tuliskan ini bisa memberikan referensi ya untuk pembaca sekalian. Trimakasih,

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7+ Daftar Nama Kampus di Kabupaten Pekalongan Negeri dan Swasta"

Posting Komentar