10+ Daftar Nama Kampus di Kota Surakarta (Solo) Negeri dan Swasta


Kota Surakarta memiliki banyak perguruan tinggi yang dikenal berkualitas di Indonesia. Di wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, Surakarta merupakan kota favorit tujuan pelajar. Berikut ini daftar nama kampus di Kota Surakarta.

Kampus di Kota Surakarta


Kampus di Surakarta terdiri dari universitas, politeknik, akademi, dan sekolah tinggi yang menawarkan beragam program studi. Biaya kuliah di perguruan tinggi negeri kota ini juga dapat dikatakan terjangkau.

Daftar Perguruan Tinggi di Kota Surakarta


Daftar nama kampus di Kota Surakarta berikut memuat sejumlah perguruan tinggi swasta dan negeri. Anda dapat menggunakan informasi berikut sebagai salah satu rujukan.

Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS)

UNS didirikan pada tanggal 11 Maret 1976. Kampus ini mempunyai 9 fakultas termasuk Fakultas Kedokteran, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Sastra dan Seni Rupa, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Hukum, Fakultas Teknik, dan Fakultas Pertanian. UNS beralamat di Jalan Ir. Sutami 36A Surakarta.

Universitas Muhammadiyah Surakarta

UMS mempunyai 12 fakultas dan menawarkan program diploma hingga doktoral, double degree, double degree internasional, twinning program, kelas internasional, dan program profesi. Fakultas yang ada di sini antara lain Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Hukum, Fakultas Psikologi, dan Fakultas Agama Islam. Selain itu, tersedia juga Fakultas Farmasi, Fakultas Teknik, serta Fakultas Komunikasi dan Informatika. Alamat kampus ini ialah di Jalan Ahmad Yani No. 1 Pabelan, Kartasura, Surakarta.

Universitas Surakarta (UNSA)

UNSA merupakan perguruan tinggi swasta di bawah Yayasan Perguruan Tinggi Surakarta (YPTS). Universitas ini merupakan perubahan dari Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi yang berdiri sejakt tanggal 27 November 1995. Pada tanggal 22 Oktober 1998, namanya resmi menjadi Universitas Surakarta. Kampus ini berlokasi di Jalan Lawu, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Universitas Kristen Surakarta (UKS)

UKS adalah transformasi dari Institut Agama Kristen Surakarta di bawah Yayasan Pendidikan Tinggi Kristen Wolter Monginsidi. Kampus ini beroperasi resmi mulai tanggal 18 juni 1996. Selain fakultas teologia, kampus ini juga membuka fakultas ekonomi dan teknik. Alamat kampus UKS ialah Jalan R.W. Monginsidi No. 36-38, Margoyudan, Surakarta.

Universitas Sahid Surakarta (UNSAHID)

Universitas Sahid adalah perguruan tinggi yang dinaungi oleh Yayasan Kesejahteraan, Pendidikan, Dan Sosial Sahid Jaya. Berdiri pada tanggal 17 desember 1997, kampus ini membuka prodi keperawatan, desain komunikasi visual, psikologi, desain interior, ilmu administrasi, dan ilmu komunikasi. Gedung kampus ini berdiri di Jalan Adi Sucipto No. 154 Jajar, Surakarta.

Universitas Setia Budi

Universitas Setia Budi ini didirikan pada 11 november 1997. Lokasi kampus ialah di Jalan Letjen Sutoyo, Mojosongo, Surakarta. Fakultas yang ditawarkan yaitu teknik, farmasi, ilmu kesehatan, psikologi, dan ekonomi.

Universitas Slamet Riyadi (UNISRI)

Unisri merupakan universitas swasta yang memulai kegiatannya sejak tanggal 21 juni 1980. Kampus ini memiliki 6 fakultas yaitu Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Fakultas Teknologi dan Industri Pangan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Ekonomi, Fakultas Pertanian, dan Fakultas Hukum. Kampus UNISRI beralamat di Jalan Sumpah Pemuda No. 18, Kadipiro, Surakarta.

Institut Seni Indonesia Surakarta

ISI Surakarta merupakan perguruan tinggi negeri yang membuka jurusan Fakultas Seni Rupa dan Desain serta Fakultas Seni Pertunjukan. Selain di Surakarta, di Indonesia terdapat 6 kampus sejenis. Alamat ISI Surakarta yaitu di Jalan Ki Hajar Dewantara No 19, Jebres, Surakarta.
Institut Agama Islam Negeri Surakarta

IAIN Surakarta merupakan perguruan tinggi yang sebelumnya bernama Sekolah Tinggi Agama Silam Negeri Surakarta. Perguruan tinggi di bawah Kementerian Agama Republik Indonesia ini beralamat di Jalan Pandawa Dusun IV, Kartasura, Sukoharjo.

Politekkes Kemenkes Surakarta

Alamat Politekkes Surakarta yaitu di Jalan Letjen Sutoyo, Mojosongo, Jebres, Surakarta. Jurusan yang dibuka di Politekkes Surakarta antara lain keperawatan, kebidanan, fisioterapi, dan okupasi terapi.

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta

STIE Surakarta memiliki misi menjadi perguruan tinggi yang unggul dalam memanfaatkan teknologi informasi bidang ilmu ekonomi dan ekonomi kreatif. Jurusan yang ditawarkan di perguruan tinggi ini yaitu S1Manajemen, S1 Akuntansi, dan S1 Manajemen Bisnis Digital. Alamat kampus STIE Surakarta yaitu Jalan Slamet Riyadi No 435-437, Dusun 1, Makamhaji, Kartasura, Surakarta.

Daftar nama kampus di Kota Surakarta di atas hanya sebagian dari puluhan perguruan tinggi di Surakarta dan sekitarnya. Dengan informasi di atas, kiranya dapat membantu Anda mencari referensi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10+ Daftar Nama Kampus di Kota Surakarta (Solo) Negeri dan Swasta"

Posting Komentar