6+ Daftar Nama Kampus di Kabupaten Tegal yang Terkenal


Tegal populer sekali dengan warung makannya yang kerap ditemui di sepanjang jalan. Bahkan, di seluruh Indonesia tampaknya warung tegal bukan hal yang asing lagi. Kabupaten Tegal awalnya memiliki ibukota Kota Tegal, namun sejak 1984 dipindah ke Kecamatan Slawi.

Ada banyak lembaga pendidikan baik formal atau non-formal yang ada di Kabupaten Tegal termasuk perguruan tinggi. Lantas, apa saja daftar nama perguruan tinggi di Jawa Tengah, khususnya Kabupaten Tegal, berikut ini informasi selengkapnya.

Kampus di Tegal


Di Kabupaten Tegal terdapat sejumlah lembaga pendidikan perguruan tinggi yang dapat menjadi pilihan untuk masyarakat Tegal dan sekitarnya. Berbagai fakultas dengan program studi pilihan telah tersedia lumayan lengkap.

Meskipun semua perguruan tinggi di Kabupaten Tegal adalah swasta, tapi sarana dan prasarana untuk menunjang kegiatan perkuliahan pun lengkap.

Daftar Perguruan Tinggi di Kabupaten Tegal


Kabupaten Tegal mempunyai 18 kecamatan dimana terdapat 6 kelurahan dengan total 281 desa. Namun, kabupaten dengan jumlah penduduk sekitar 1,5 juta jiwa ini memiliki perguruan tinggi yang sebagian besar berada di Kecamatan Slawi, dan satu di Kecamatan Talang.

Terdapat sekolah tinggi, akademi, dan politeknik yang dapat menjadi tempat Anda untuk belajar. Untuk lebih jelas, Anda dapat Anda simak informasinya di bawah ini.

Institut Agama Islam Bakti Negara

IBN (Institut Agama Islam Bakti Negara) Tegal semula bernama Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Bakti Negara Tegal. Ini adalah salah satu institut pendidikan agama islam yang berada di bawah pengelolaan Kementerian Agama dan merupakan bagian kopertis wilayah Ditjen Pendidikan Agama Islam.

Kampus IBN terletak di Jl. Jeruk No. 09 RT. 04 RW. 02, Kedungcokol, Kel. Procot, Kec. Slawi, Kabupaten Tegal. Institut Agama Islam Bakti Negara mempunyai 3 fakultas, yaitu Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Syariah dan Ushuludin, serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

STIKES Bhakti Mandala Husada Slawi (BHAMADA)

Universitas yang terletak di Kabupaten tegal selanjutnya adalah STIKES Bhakti Mandala Husada Slawi (BHAMADA). Sekolah tinggi ini terletak di Jl. Cut Nyak Dhien No.16, Kel. Kalisapu, Kec. Slawi, Kabupaten Tegal 52416, Prov. Jawa Tengah.

STIKES BHAMADA menyediakan program pendidikan diploma dan strata 1. Untuk Strata 1 terdiri dari S1 Ilmu Keperawatan dan Profesi Ners serta S1 Ners. Sedangkan untuk jenjang diploma, yaitu D4 K3, D3 Keperawatan, D3 Kebidanan, dan K3.

Politeknik Purbaya

Politeknik Purbaya adalah salah satu yang masuk dalam daftar nama kampus di Kabupaten Tegal. Terdapat dua prodi di sini, yaitu D3 Teknik Informatika serta D3 Teknik Mesin. Kampus yang terletak di Jalan Pancakarya No.1, Kalimati, Kajen, Kecamatan Talang, Tegal ini berdiri sejak tahun 2002 silam.

Ini merupakan sebuah institusi pendidikan tinggi pertama dalam bidang teknik yang ada di Kabupaten Tegal. Politeknik Purbaya berada di bawah naungan Yayasan Pertiwi Tegal. Pendiri institusi ini adalah Bapak H. Soediarto beserta dan istrinya Ny. Hj. Sri Adiyati Soediarto.

Soediarto merupakan Bupati yang memimpin Tegal pada waktu itu. Untuk keterangan lebih lanjut, silakan akses website resminya www.purbaya.ac.id.

AMIK YMI Tegal

Akademi Manajemen Informatika dan Komputer YMI Tegal ini memiliki dua program studi, yaitu D3 Manajemen Informatika dan D1 Manajemen Informatika. Letak AMIK YMI berada di Jalan Raya Dampyak No.KM 4, Kedondong, Padaharja, Kecamatan Kramat, Tegal 52181.

Akademi Bahasa Asing IEC Putra Bangsa 

Untuk kampus berikutnya bernama Akademi Bahasa Asing IEC Putra Bangsa. Lembaga ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan dengan kemampuan bahasa inggris terbaik. Program studi yang disediakan oleh ABA IEC, yaitu;

  • D3 Bahasa Inggris

Untuk Kampus ABA IEC berada di Jl. Imam Bonjol No. 1, Slawi, Kabupaten Tegal 52413, Jawa Tengah.

Akademi Perikanan Baruna

Akademi Perikanan Baruna adalah perguruan tinggi yang ada di Kabupaten Tegal, berbasis swasta, dan bergerak pada bidang ilmu perikanan. Akademi Perikanan Baruna Tegal terletak di Jalan Slawi-Jatibarang Km 04, Kec. Slawi, Kabupaten Tegal 52400, Jawa Tengah, Indonesia.

Tersedia 3 program studi yaitu;

  1. D3 Budidaya Perikanan
  2. D3 Mesin Dan Peralatan Perikanan
  3. D3 Teknik Penangkapan Ikan.

Apakah Anda telah menentukan pilihan dari daftar nama kampus di Kabupaten Tegal di atas? Pastikan Anda lakukan riset mendalam mengenai biaya kuliah serta fasilitas pendukung agar semakin yakin dan merasa nyaman kuliah di sana.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6+ Daftar Nama Kampus di Kabupaten Tegal yang Terkenal"

Posting Komentar